Musuh Bebuyutan Jok Kulit Sintetis Mobil, Apes Bila Sampai Kena

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 22 Agustus 2019 09:36
Musuh Bebuyutan Jok Kulit Sintetis Mobil, Apes Bila Sampai Kena
Jangan sampai barang ini mendekat ke jok kulit mobilmu.

Dream – Jok kulit memang praktis dipasang di mobil. Selain nyaman, kesan mewah juga terlihat saat tunggangan kamu menggunakan jenis jok ini.

Menggunakan bahan alami, jok kulit memang tidak mudah kotor oleh noda, mudah dibersihkan atau dirawat. Tapi jangan salah Sahabat Dream. Ada satu noda yang paling dihindari lho.

Tinda ternyata menjadi musuh bebuyutan bagi jok kulit.

Dikutip dari OTO.com, Kamis 22 Agustus 2019, tinta `haram` hukumnya melakukan kontak langsung dengan bahan kulit sintesis. Digital Creative Division Manager Mbtech, Edi Pamungkas, mengatakan tinta sangat jahat jika menyerang kulit sintetis.

" Kelemahan bahan kulit sintetis, kalau kena ballpoint (tinta) tidak bisa hilang. Semua bahan kulit sintetis belum ada yang bisa sembuh kalau kena coret ballpoint," kata Edi di Medan, Sumatera Utara.

Edi bahkan pesimistis jok kulit akan kembali berkilau jika sudah terken noda tinta. Dia mengimbau pemilik mobil agar tidak percaya dengan bahan yang diklaim bisa membersihkan tinta di jok kulit sintetis.

Ada anggapan bahwa cairan penolak serangga bisa membersihkan tinta di jok kulit. Edi mengatakan cairan ini justru malah membuat jok kulit tiruan akan rusak.

" Seolah bersih, padahal dengan itu menghilangkan pelapisnya. Kalau coating sudah hilang, tiga bulan pasti rusak, karena tak ada pelindungnya," kata dia.

1 dari 7 halaman

Kucing Juga Jadi `Musuh`

Edi mengatakan binatang peliharaan seperti kucing juga bisa menjadi musuh jok kulit sintetis. Sesuatu yang tajam bisa dengan mudah merusak bahan ini.

“ Kalau punya atau ada kucing, mesti rusak itu. Biasanya jok motor, ya,” kata dia.

Ada juga kosmetik yang mengandung material tertentu.

“ Beda-beda, misal minyak rambut yang terlalu keras (kandungan bahan kimia), bisa lama-lama merusak. Ada juga yang dari parfum, kena semprot terus-menerus. Lama-lama ya pasti rusak,” kata Edi.

2 dari 7 halaman

Perawatan Jok Kulit Sintetis Lebih Mudah

Tentang perawatan dan pembersihan, kulit sintetis memang lebih mudah dan murah daripada bahan kain dan kulit asli. Edi mengatakan membersihkan jok ini cukup dengan air hangat.

Kalau agak kotor dan masuk ke pori-pori, pemilik mobil bisa menggunakan air hangat dan sikat. Jika nodanya agak bandel, pengguna bisa membersihkannya dengan sabun dan sampo bayi yang kadar kimianya tidak keras.

" Kalau digunakan tapi tidak dibersihkan dan dirawat, umur pelapis kulit sintetis bakal lebih pendek. Tapi biasanya produk kami, kalau 3 tahun tidak dilakukan apa-apa, masih bisa. Bahkan sampai ada yang 6 tahun, sudah kotor banget, tapi belum rusak," kata dia.

3 dari 7 halaman

Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Fabric atau Kain Berserat

Dream – Mobil yang menggunakan material fabric alias kain untuk jok mobil cukup banyak. Biasanya pemilik kendaraan memilih bahan ini karena dianggap lebih murah. 

Tapi tahukah Sahabat Dream jika perawatan jok mobil bermaterial fabric ternyata jauh lebih rumit dibandingkan bahan sintetis atau kulit.

Dikutip dari Auto2000, Minggu 23 Juni 2019, pemilik mobil yang memiliki jok bermaterial kain, harus memberikan perhatian ekstra. Usahakan jangan makan atau minum yang sulit dibersihkan, karena mudah diserap ketimbang bahan sintetis.

Kepala Bengkel Auto2000, Cilandak, Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan pemilik harus rajin membersihkan jok menggunakan vakum. Jika kamu termasuk yag malas membersihkan mobil, lebih baik melarang kegiatan makan dan minum di dalam kendaraan.

“ Pastikan harus lebih ekstra dalam melakukan perawatan. Sebisa mungkin hindari makanan dan minuman yang punya potensi sulit dibersihkan, karena akan timbul bercak,” kata dia.

4 dari 7 halaman

Cara Bersihkan Jok Mobil Fabric Pakai Sikat Gigi dan Sabun

Suparna mengatakan jok mobil bisa dibersihkan sendiri dengan sikat gigi dan sabun. Tapi, pemilik mobil harus berhati-hati karena jika terlalu kuat bisa merusak permukaan jok. Jok berbahan kain lebih mudah menyerap. Inilah yang membuat jok susah dibersihkan.

“ Harus sering-sering juga dibawa ke tempat khusus seperti salon mobil dan lain sebagainya untuk dibersihkan, karena jika kotor tidak bagus juga untuk kesehatan orang yang ada di dalam mobil,” kata dia.

Suparna juga menyarankan agar penumpang mobil menghindari makanan berkuah dan minuman seperti kopi.

Untuk membersihkannya, pemilik bisa menggunakan cairan pembersih multiwash yang bsia mengangkat kotoran.

Sementara itu, untuk kotoran yang masuk kategori ringan, seperti soft drink atau air, cukup dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih interior biasa. Agar hasilnya lebih maksimal, pakai vacuum cleaner saat mengeringkannya.

5 dari 7 halaman

Cara Bersihkan Jok Mobil Sesuai Bahan

Dream – Selain AC dan aroma kabin, hal lain yang membuat pengemudi nyaman di mobil adalah tempat duduk. Ya, jok yang empuk dan bahannya yang nyaman bisa membuatmu betah di dalam mobil, serasa di rumah nenek!

Tapi, kenyamanan itu akan sirna kalau jok mobilnya kotor dan kumuh. Sampah yang berceceran di jok saja membuat penumpang enggan naik mobil.

Apalagi kalau joknya dekil and the kumel? Bisa dipastikan penumpang ingin lekas-lekas turun dari mobil. Supaya tidak terlihat jorok, sudah sewajarnya kamu membersihkan jok mobil.

Kamu bisa membersihkannya ketika sedang mencuci mobil. Ya, setidaknya 2-3 kali sebulan.

Bicara tentang jok mobil, ada empat jenis bahan jok, yaitu kulit, semi kulit, vynil, dan nilon. Cara membersihkannya pun berbeda bergantung kepada jenis bahan jok.

Berikut ini cara membersihkan jok mobil sesuai bahannya dikutip dari Wuling Motors, Senin 11 Februari 2019:

6 dari 7 halaman

Kulit dan Semi Kulit

Kulit

Jok yang terbuat dari kulit asli akan memberikan kenyamanan ekstra dan kemewahan ketika duduk, baik dalam perjalanan panjang atau perjalanan singkat. Karena bahannya mahal, perawatan jok kulit tidak boleh sembarangan.

Kamu harus ekstra berhati-hati ketika membersihkannya. Jangan terlalu sering membersihkan jok kulit karena sifat materialnya sangat lembut.

Bersihkanlah jok ini secara rutin hanya sebulan sekali atau ketika ada titik kotor yang perlu dibersihkan.

Pastikan untuk menggunakan larutan khusus pada spons atau sikat gigi bekas untuk membersihkan tempat kotor agar tidak merusak kulit.

Jangan gunakan pembersih berbasis pemutih atau amonia. Taruh beberapa tetes larutan ke permukaan spons atau kain kemudian kamu dapat membersihkan permukaan kulit menggunakan spons/kain tersebut.

Semi Kulit

Bahan semi kulit ini tidak menyerap panas. Jadi, tak masalah kalau kamu memarkir mobil di tempat yang panas.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan air atau larutan khusus pada sepotong kain atau spons, lalu bersihkan permukaannya. Bahan ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan kulit. Plus, bisa tahan lama.

7 dari 7 halaman

Nilon dan Vinyl

Nilon

Sifat bahan ini mirip dengan kain asli. Jok berbahan nilon itu tahan lama dan murah. Tapi, bentuknya berpori dan menyebabkan kotoran terjebak di dalamnya.

Salah satu cara membersihkan jok mobil dari nilona adalah menyedot dengan mesin vacuum cleaner. Jangan sampai ada tumpahan cairan mengenai jok nilon.

Kalau tak sengaja terkena tumpahan, kamu bisa menggunakan campuran deterjen ringan dengan sedikit air panas. Untuk membersihkannyam kamu bisa menggunakan sepotong kain atau sikat.

Setelah selesai, gunakan spons dan celupkan ke dalam air panas untuk menghilangkan sisa dari larutan deterjen.

Vinyl

Bahan tidak disarankan ketika kamu tinggal di daerah terutama bermatahari atau selama musim panas yang panjang. Vinyl menyerap panas, terutama ketika warnanya gelap.

Tapi, untungnya bahan ini sangat mudah dibersihkan. Ketika terkena kotoran, cukup gunakan vakum atau kain basah untuk menyekanya. (ism)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan