Car Free Day Sudirman-Thamrin Ditiadakan, Muncul 32 Lokasi `CFD` Baru

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 25 Juni 2020 10:36
Car Free Day Sudirman-Thamrin Ditiadakan, Muncul 32 Lokasi `CFD` Baru
Lokasi CFD pengganti Sudirman-Thamrin ini berada di 25 jalur di ibu kota.

Dream - Pemprov DKI Jakarta mengevaluasi pelaksaaan kegiatan perdana hari tanpa kendaraan (Car Free Day) usai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pekan lalu yang dipadati. Hasilnya, warga ibu kota akan diarahkan untuk beraktivitas di 32 lokasi baru.

 

Dengan peniadaan CFD di jalur Sudirman-Thamrin, Pemprov DKI mengimbau warga untuk beraktivitas akhir pekan di 32 lokasi baru di lima wilayah kota administrasi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan evaluasi pelaksaaan CFD akhir pekan kemarin dilakukan setelah tim menemukan munculnya kerumunan massa di satu titik CFD.

1 dari 4 halaman

Ada di 25 Ruas Jalan

" Apa yang terjadi di HBKB kemarin sudah dievaluasi. Hasilnya, kami akan menyiapkan 32 lokasi untuk menggantikan HBKB yang biasa dilaksanakan di Jalan Sudirman - MH Thamrin," ujar Syafrin pada Rabu 24 Juni 2020.

Dari 32 lokasi pengganti tersebut, lanjut Syafrin, sebanyak tujuh lokasi HBKB wilayah yang ditetapkan dan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga warga.

Nantinya, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengerahkan petugas pengawas dari Dishub Provinsi DKI Jakarta dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta di lokasi CFD.

2 dari 4 halaman

Masyarakat juga diimbau untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, pakai masker, dan sering mencuci tangan dengan sabun.

" Detail lokasi dan pelaksanaannya akan kami umumkan lebih lanjut. Namun, perlu digarisbawahi, ini adalah kerja bersama. Pemprov DKI melalui Dishub DKI telah menyiapkan alternatif lokasi untuk mengurai kerumunan," kata Syafrin.

3 dari 4 halaman

CFD Sudirman-Thamrin Kembali Ditiadakan

Car Free Day© Liputan6.com

Setelah terjadi kerumunan pada minggu pertama pembukaan CFD 21 Juni 2020 lalu, Pemprov DKI Jakarta memutuskan meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin.

Kegiatan CFD yang biasanya diisi warga dengan berolahraga dan berjalan-jalan mulai ditiadakan per 28 Juni 2020.

 

4 dari 4 halaman

" Benar, ditiadakan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, saat dikonfirmasi, Rabu 24 Juni 2020

Dalam pengumuman Dinas Perhubungan DKI, CFD akan ditiadakan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

" HBKB/CFD di kawasan Sudirman-Thamrin tanggal 28 Juni 2020 ditiadakan sementara sampai waktu yang akan ditentukan kembali," tulis pengumuman Dishub itu.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar