Pernah Pada Masanya Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 12 Juni 2019 06:48
Pernah Pada Masanya Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang
Mengapa?

Dream – Beruntunglah kamu pemilik kendaraan roda empat yang hidup di masa kini. Saat terjebak kemacetan parah kamu bisa leluasa mendengarkan hiburan lewat radio maupun DVD yang sudah banyak terpasang di mobil.

Tahukah kamu jika radio pernah menjadi barang terlarang di dalam kendaraaan. Pelanggar yang ketahuan dipastikan kena tilang.

Larangan itu pernah dijalankan di tahun 1930 di Massachusetts dan St. Louis di Amerika Serikat.  Para pemilik mobil dilarang memasang radio di kendaraannya.

Menurut sejarahwan otomotif, Michael Lamm, penggunaan radio di mobil bisa membuat distraksi.

“ Mereka berargumen radio bisa mendistraksi pengemudi dan menyebabkan kecelakaan. Suaranya bisa mengambil alih perhatian pengemudi dan suaranya bisa membuat pengendara mengantuk,” kata Lamm, dikutip dari mentalfloss, Rabu, 13 Juni 2019

Aturan ini disetujui oleh komunitas otomotif di sana. Klub otomotif Auto Club di New York mengatakan radio merupakan gangguan yang berbahaya. Pada 1934 dilakukan jajak pendapat.

Hasilnya, ada 56 persen pengendara menganggap radio sebagai gangguan yang berbahaya.

1 dari 1 halaman

Ada juga yang Berani Menolak

Sementara itu, ada juga pihak-pihak yang pro radio dipasang di mobil. Radio Manufacturers Association berpendapat radio justru berguna di mobil.

Fitur ini bisa memperingatkan pengemudi tentang cuaca dan kondisi jalan yang buruk.

Bahkan, pengendara bisa terus terjaga dan tidak mengantuk.

Sekadar informasi, pemasangan radio di mobil pertama kali diperkenalkan oleh Chevrolet pada 1922. Kala itu, biayanya mencapai US$200 (Rp2,85 juta) dan radionya disertai dengan antenna di belakang jok mobil. Fitur ini bisa membuat pengguna merasa nyaman mendengar orkestra yang disiarkan di radio.

Penanaman radio di mobil semakin lama semakin meningkat. Pada 1946, ada 9 juta unit mobil yang punya radio dan 1963, jumlahnya tembus 50 juta unit. Biaya pemasangan radio mobil semakin murah dan bentuknya semakin kecil. (Sah)

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-