10 Cara Menghilangkan Komedo Membandel yang Ampuh dan Efektif

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 13 September 2019 10:36
10 Cara Menghilangkan Komedo Membandel yang Ampuh dan Efektif
Komedo yang kerap muncul di sekitar hidung membuat penampilan terganggu. Berikut cara menghilangkan komedo membandel dengan produk perawatan kulit wajah.

Dream- Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang paling umum. Seseorang dengan kulit berminyak cenderung lebih mudah mengalami komedo dibandingan dengan orang berkulit kering. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan orang berkulit kering terkena komedo.

Pori-pori yang tersumbat menjadi salah satu penyebab komedo bisa muncul dan tumbuh subur di kulit wajah, terutama di bagian sekitar hidung. Ketika pori-pori tersumbat, sel kulit mati dan minyak yang ada di kulit akan membentuk kelenjar yang menjadi pemicu komedo.

Untuk menghilangkan komedo yang membandel, biasanya banyak yang memencet hidung dan membuat si komedo keluar. Padahal cara ini bisa menyebabkan kemunculan jaringan parut dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Cara menghilangkan komedo yang membandel sebenarnya bisa dilakukan dengan memilih produk perawatan kulit yang sesuai. Seperti cara menghilangkan komedo berikut ini:

1 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Pore Strips

1. Jangan Menggunakan Strip Pori

Strip pori atau pore strips menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo yang umumnya diketahui oleh masyarakat. Produk pore strips biasanya menawarkan jaminan bisa mengangkat komedo sampai ke akarnya. Perlu kita ketahui terlebih dahulu, bahwa komedo merupakan salah satu jenis jerawat. Dan, jerawat sangat tidak dianjurkan untuk dihilangkan dengan disentuh atau dicabut.

Oleh sebab itu, penggunaan pore strips juga tidak disarankan untuk menghilangkan komedo yang membandel. Tidak hanya akan membuat jaringan kulit terluka atau lebih terbuka, tapi juga akan mengangkat minyak alami dan folikel rambut kulit wajah.

 Menghilangkan Komedo

2. Hindari Benzoil Peroksida

Ketika membeli produk perawatan kulit, perlu diperhatikan bahan-bahan yang digunakan. Terlebih untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo, karena tidak semua kandungan dalam produk perawatan kulit aman untuk jerawat atau komedo.

Salah satu bahan yang harus diperhatikan ialah kandungan Benzoil Peroksida. Produk perawatan kulit yang mengandung bahan ini sangat baik untuk mengatasi jerawat, tapi tidak untuk komedo, karena komedo bukan termasuk dalam jenis peradangan yang disebabkan oleh bakteri.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Memilih Produk Perawatan Kulit

3. Mencuci Muka dengan Asam Salicilid

Produk perawatan kulit mengandung banyak bahan kimia dan alami yang harus kita perhatikan sebelum membeli. Terutama untuk produk sabun cuci muka. Untuk kulit yang berkomedo, dianjurkan untuk memilih produk cuci muka yang mengandung asam salicilid.

Produk cuci muka yang mengandung asam salicilid sangat baik untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam kulit wajah, minyak, dan make up. Sehingga, komedo juga bisa diatasi dengan menggunakan produk berbahan asam salicilid.

 Menghilangkan Komedo

4. Menggunakan Produk dengan AHA dan BHA

Selain kandungan asam salicilid, perhatikan juga apakah produk tersebut mengandung AHA dan BHA. Dua kandungan ini sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati dan pengelupasan kotoran yang ada di kulit wajah.

Produk perawatan kulit yang mengandung dua bahan ini tidak hanya baik untuk menghilangkan komedo saja, tapi juga baik untuk mecegah penuaan dini.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Membandel dengan Sikat Wajah

5. Menggunakan Sikat Wajah

Komedo tidak hanya bisa hilang dengan penggunaan produk perawatan kulit saja, tapi juga bisa dihilangkan dengan alat pembersih wajah, seperti sikat wajah. Alat pembersih ini akan memaksimalkan pembersihan wajah ketika mencuci wajah.

Untuk mendapatkan sikat wajah, Sahabat Dream bisa membelinya di toko-toko yang menjual produk perawatan kulit terdekat.

 Menghilangkan Komedo

6. Menggunakan Obat Retinoid

Untuk memaksimalkan pembersihan komedo, penggunaan obat retinoid juga bisa dilakukan. Penggunaan obat ini dikenal sangat efektif mengangkat komedo dan mampu masuk hingga ke folikel kulit. Untuk mendapatkan obat ini, harus menggunakan resep dokter ya, Sahabat Dream.

Jadi, kita tidak boleh sembarangan memakai obat yang mengandung retinoid ini tanpa takaran yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kulit.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Masker Wajah

7. Menggunakan Clay Mask

Clay mask atau masker tanah liat menjadi salah satu masker wajah yang sangat disarankan untuk menghilangkan komedo dan kulit berminyak. Masker tanah liat mampu mengambil kotoran dan minyak yang membandel di pori-pori kulit.

Pemakaian masker tanah liat secara rutin juga mampu membuat pori-pori menjadi lebih bersih dan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah dan bersih.

8. Menggunakan Masker Arang Bambu Aktif

 Menghilangkan Komedo

Selain dengan menggunakan masker tanah liat, pemakaian masker dari arang bambu aktif atau charcoal mask juga ampuh untuk mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati yang menyebabkan komedo. Selain itu, masker arang bambu juga baik untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh.

Sahabat Dream bisa memilih produk masker yang mengandung arang bambu aktif sesuai dengan selera masing-masing.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Melakukan Perawatan Rutin

9. Jangan Tidur Tanpa Cuci Muka

Cara menghilangkan komedo yang paling efektif ialah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Terkadang hal ini disepelekan, seperti lupa mencuci wajah sebelum tidur, atau lupa membersihkan make up. Hal tersebut menjadi pemicu utama kemunculan komedo.

Dan untuk mencegahnya yaitu dengan merawat kulit dengan sungguh-sunggu. Jangan lupa untuk selalu membersihkan make up dan wajah sebelum tidur.

 Menghilangkan Komedo

10. Melakukan Pemeriksaan Kulit

Perawatan kulit untuk menghilangkan komedo yang tak kalah penting dan efektif ialah dengan melakukan pemeriksaan rutin ke klinik perawatan kulit. Dengan diagnosa yang tepat, penanganannya tentu lebih tepat, dan hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Sumber: Healthline

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik