Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah, Pudarkan Bekas Jerawat dan Samarkan Mata Panda

10 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah, Pudarkan Bekas Jerawat dan Samarkan Mata Panda Ilustrasi Jerawat. (Foto: Shutterstock.com)

Dream - Tamanu oil atau minyak tamanu merupakan minyak yang diolah dari tamanu (nyamplung). Tamanu memiliki nama latin Calophyllum inophyllum. Minyak dari tumbuhan ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Manfaat tamanu oil untuk wajah sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia. Kini manfaat tamanu oil sudah sangat akrab di telinga masyarakat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa studi menyebutkan manfaat tamanu oil berpotensi mencegah pertumbuhan tumor hingga melawan infeksi pada vagina.

Manfaat tamanu oil untuk wajah juga tidak kalah melimpah. Namun memang penelitian yang membuktikan efektivitas manfaat tamanu oil untuk wajah masih minim dan perlu penelitian lebih lanjut.

Berikut beberapa manfaat tamanu oil untuk wajah yang perlu kamu ketahui, dikutip Dream dari berbagai sumber.

Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

1. Mengobati Jerawat

Ilustrasi

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang pertama adalah bisa mengobati jerawat membandel. Jerawat menjadi persoalan yang tiada habisnya, ya, Sahabat Dream. Jika kamu mengalami masalah jerawat, jangan ragu untuk mengoleskan tamanu oil ke wajah yang berjerawat.

Manfaat tamanu oil diambil dari sifat antibakteri dan baik untuk pemulihan luka yang bertujuan melawan aktivitas bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes dan Propionibacterium granulosum.

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang berjerawat juga didapat dari sifat anti peradangan di dalamnya sehingga diyakini membantu menangani jerawat yang meradang.

2. Memudarkan Bekas Jerawat

Tak hanya mengobati jerawat, manfaat tamanu oil untuk wajah juga bisa untuk memudarkan bekas jerawat. Sebab tamanu oil dipercaya bisa membantu regenerasi kulit yang mana bisa memulihkan bekas jerawat yang mengganggu penampilanmu.

Tamanu oil akan merangsang pembentukan sel baru serta produksi kolagen dan glycosaminoglycan (GAG). Kedua komponen tersebut sangat penting untuk memudarkan bekas jerawat.

Selain itu, manfaat tamanu oil untuk wajah yang berjerawat karena antioksidan yang tinggi, sehingga berperan penting dalam penanganan bekas sekaligus jerawatnya.

3. Memudarkan Kerutan dan Tanda Penuaan

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang selanjutnya adalah bisa mencegah penuaan karena munculnya kerutan. Faktor lingkungan seperti polusi, dan paparan sinar matahari bisa menimbulkan elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan.

Radikal bebas penyebab kerutan bisa diatasi dengan penggunaan minyak tamanu secara rutin. Minyak tamanu juga mampu merangsang pembentukan kolagen dan GAG yang diyakini mampu memperlambat tanda-tanda penuaan serta membantu regenerasi kulit.

Selain itu, manfaat tamanu oil untuk wajah juga membantu penyerapan sinar UV dan menghambat kerusakan DNA hingga 85% akibat radiasi sinar UV. Maka dari itu manfaat tamanu oil untuk wajah diyakini berpotensi untuk mencegah kerutan.

4. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering menjadi masalah yang mengganggu penampilan. Bnayak orang melakukan segala cara untuk mengatasi kulit kering. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan tamanu oil ke wajah.

Kandungan lemak yang tinggi di dalam tamanu oil dipercaya dapat melembapkan kulit kering. Namun manfaat tamanu oil untuk wajah yang kering ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

Ilustrasi

5. Meredakan Eksim

Minyak tamanu mengandung senyawa antiradang yang diklaim dapat membantu meredakan penyakit kulit yang menimbulkan gejala peradangan, seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Akan tetapi manfaat ini sifatnya masih anedoktal, jadi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kemanjurannya.

Maka dari itu bagi penderita eksim, psoriasis, dan rosacea, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengaplikasikan tamanu oil.

6. Memudarkan Bekas Luka

Tak hanya memudarkan bekas jerawat, manfaat tamanu oil untuk wajah juga bisa memudarkan bekas luka. Sebab, tamanu oil memiliki sifat yang mampu memulihkan bekas luka di kulit (wound healing), terutama pada wajah.

Kandungan minyak alami dalam tamanu oil bisa mengurangi peradangan dan merangsang pembentukan kolagen sehingga dapat memicu pertumbuhan jaringan kulit baru. Laporan ilmiah pada 2016 menunjukkan tamanu oil juga digunakan untuk memulihkan bekas luka pascaoperasi.

7. Samarkan Mata Panda

Selain jerawat dan kulit kering, mata panda menjadi permasalahan yang juga sulit diatasi. Terlebih pekerjaan yang menumpuk yang mengharuskan begadang membuat mata panda semakin nyata adanya. Jika demikian, kamu bisa mengaplikasikan tamanu oil untuk memudarkan mata panda.

Kandungan fatty acids atau asam lemak yang tinggi dalam tamanu oil, membuatnya cocok digunakan pada bagian-bagian kulit yang tipis, salah satunya lingkaran bawah mata supaya lebih lembab. Manfaat tamanu oil untuk wajah akan sangat berguna untuk menghilangkan mata panda yang bisa mengurangi penampilanmu.

8. Mengatasi Komedo

Selain menyamarkan mata panda, manfaat tamanu oil untuk wajah bisa untuk mengatasi komedo yang membandel. Komedo merupakan masalah yang sering mengganggu penampilan wajah dengan bercak hitam yang ditimbulkannya. Terutama jika komedo tersebut ada di area hidung dan sekitar pipi.

Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

Ilustrasi

9. Mengatasi Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang tak kalah penting adalah kemampuannya mengobati luka bakar akibat sengatan sinar matahari atau disebut sunburn. Namun lagi-lagi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dari manfaat tamanu oil yang satu ini.

10. Merawat Kulit Penderita Psoriasis

Manfaat tamanu oil juga baik untuk merawat kulit bagi penderita psoriasis. Kandungan calophyllolide dalam tamanu oil yaitu senyawa serupa salep hidrokortison yang biasa digunakan penderita psoriasis.

Peneitian pada 2018 menunjukkan senyawa tersebut berpotensi memberikan manfaat baik untuk kondisi peradangan kulit, seperti psoriasis, eksem, atau rosacea. Manfaat ini masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan sepenuhnya.

Perlu diketahui, psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas, kadang juga disertai gatal dan nyeri. Psoriasis lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas, dan Cara Memilih yang Tepat

Manfaat Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas, dan Cara Memilih yang Tepat

Pentingnya memakai skincare saat usia 40 tahun ke atas agar kulit tetap terjaga dan awet muda.

Baca Selengkapnya
3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

Ada banyak kandungan skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Cari tahu beberapa di antaranya beserta beragam manfaatnya untuk kulit.

Baca Selengkapnya
5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus

5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus

Padukan dua bahan aktif berbeda untuk manfaat skincare yang maksimal. Cari tahu juga perpaduan yang aman untuk kesehatan kulit agar tidak iritasi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pembersih Wajah Gel, Balm, atau Oil, Mana yang Paling Cocok untuk Kulitmu?

Pembersih Wajah Gel, Balm, atau Oil, Mana yang Paling Cocok untuk Kulitmu?

Pembersih wajah yang tepat bisa membuat wajah bersih maksimal.

Baca Selengkapnya
Belanja Lotion? Kenali 3 Bahan Utamanya, Pilih yang Paling Tepat Buat Kulit

Belanja Lotion? Kenali 3 Bahan Utamanya, Pilih yang Paling Tepat Buat Kulit

Perhatikan cara pilih dan pakai lotion agar lebih efektif melembapkan kulit tanpa rasa lengket.

Baca Selengkapnya
10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

Berikut ini beberapa daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah yang sering dijadikan bahan jamu.

Baca Selengkapnya
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
Jangan Asal Pilih, Tak Semua Kandungan Pada Skincare Cocok untuk Remaja

Jangan Asal Pilih, Tak Semua Kandungan Pada Skincare Cocok untuk Remaja

Lalu, seperti apa seharusnya perawatan kulit yang baik untuk anak-anak usia remaja awal?

Baca Selengkapnya
Kencangkan Kulit yang Mengendur dengan 5 Langkah Simple

Kencangkan Kulit yang Mengendur dengan 5 Langkah Simple

Kulit yang mengendur bisa diatasi dengan pemakaian skincare dan memperbaiki pola hidup. Bahkan, pijatan wajah pun bisa membantu mengatasinya.

Baca Selengkapnya