10 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah, Pudarkan Bekas Jerawat dan Samarkan Mata Panda

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 15 Desember 2021 14:34
10 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah, Pudarkan Bekas Jerawat dan Samarkan Mata Panda
Minyak dari tamanu sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Dream - Tamanu oil atau minyak tamanu merupakan minyak yang diolah dari tamanu (nyamplung). Tamanu memiliki nama latin Calophyllum inophyllum. Minyak dari tumbuhan ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Manfaat tamanu oil untuk wajah sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia. Kini manfaat tamanu oil sudah sangat akrab di telinga masyarakat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa studi menyebutkan manfaat tamanu oil berpotensi mencegah pertumbuhan tumor hingga melawan infeksi pada vagina.

Manfaat tamanu oil untuk wajah juga tidak kalah melimpah. Namun memang penelitian yang membuktikan efektivitas manfaat tamanu oil untuk wajah masih minim dan perlu penelitian lebih lanjut.

Berikut beberapa manfaat tamanu oil untuk wajah yang perlu kamu ketahui, dikutip Dream dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

1. Mengobati Jerawat

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang pertama adalah bisa mengobati jerawat membandel. Jerawat menjadi persoalan yang tiada habisnya, ya, Sahabat Dream. Jika kamu mengalami masalah jerawat, jangan ragu untuk mengoleskan tamanu oil ke wajah yang berjerawat.

Manfaat tamanu oil diambil dari sifat antibakteri dan baik untuk pemulihan luka yang bertujuan melawan aktivitas bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes dan Propionibacterium granulosum.

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang berjerawat juga didapat dari sifat anti peradangan di dalamnya sehingga diyakini membantu menangani jerawat yang meradang.

2. Memudarkan Bekas Jerawat

Tak hanya mengobati jerawat, manfaat tamanu oil untuk wajah juga bisa untuk memudarkan bekas jerawat. Sebab tamanu oil dipercaya bisa membantu regenerasi kulit yang mana bisa memulihkan bekas jerawat yang mengganggu penampilanmu.

Tamanu oil akan merangsang pembentukan sel baru serta produksi kolagen dan glycosaminoglycan (GAG). Kedua komponen tersebut sangat penting untuk memudarkan bekas jerawat.

Selain itu, manfaat tamanu oil untuk wajah yang berjerawat karena antioksidan yang tinggi, sehingga berperan penting dalam penanganan bekas sekaligus jerawatnya.

2 dari 5 halaman

3. Memudarkan Kerutan dan Tanda Penuaan

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang selanjutnya adalah bisa mencegah penuaan karena munculnya kerutan. Faktor lingkungan seperti polusi, dan paparan sinar matahari bisa menimbulkan elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan.

Radikal bebas penyebab kerutan bisa diatasi dengan penggunaan minyak tamanu secara rutin. Minyak tamanu juga mampu merangsang pembentukan kolagen dan GAG yang diyakini mampu memperlambat tanda-tanda penuaan serta membantu regenerasi kulit.

Selain itu, manfaat tamanu oil untuk wajah juga membantu penyerapan sinar UV dan menghambat kerusakan DNA hingga 85% akibat radiasi sinar UV. Maka dari itu manfaat tamanu oil untuk wajah diyakini berpotensi untuk mencegah kerutan.

4. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering menjadi masalah yang mengganggu penampilan. Bnayak orang melakukan segala cara untuk mengatasi kulit kering. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan tamanu oil ke wajah.

Kandungan lemak yang tinggi di dalam tamanu oil dipercaya dapat melembapkan kulit kering. Namun manfaat tamanu oil untuk wajah yang kering ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

Ilustrasi© Unsplash.com

5. Meredakan Eksim

Minyak tamanu mengandung senyawa antiradang yang diklaim dapat membantu meredakan penyakit kulit yang menimbulkan gejala peradangan, seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Akan tetapi manfaat ini sifatnya masih anedoktal, jadi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kemanjurannya.

Maka dari itu bagi penderita eksim, psoriasis, dan rosacea, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengaplikasikan tamanu oil.

6. Memudarkan Bekas Luka

Tak hanya memudarkan bekas jerawat, manfaat tamanu oil untuk wajah juga bisa memudarkan bekas luka. Sebab, tamanu oil memiliki sifat yang mampu memulihkan bekas luka di kulit (wound healing), terutama pada wajah.

Kandungan minyak alami dalam tamanu oil bisa mengurangi peradangan dan merangsang pembentukan kolagen sehingga dapat memicu pertumbuhan jaringan kulit baru. Laporan ilmiah pada 2016 menunjukkan tamanu oil juga digunakan untuk memulihkan bekas luka pascaoperasi.

4 dari 5 halaman

7. Samarkan Mata Panda

Selain jerawat dan kulit kering, mata panda menjadi permasalahan yang juga sulit diatasi. Terlebih pekerjaan yang menumpuk yang mengharuskan begadang membuat mata panda semakin nyata adanya. Jika demikian, kamu bisa mengaplikasikan tamanu oil untuk memudarkan mata panda.

Kandungan fatty acids atau asam lemak yang tinggi dalam tamanu oil, membuatnya cocok digunakan pada bagian-bagian kulit yang tipis, salah satunya lingkaran bawah mata supaya lebih lembab. Manfaat tamanu oil untuk wajah akan sangat berguna untuk menghilangkan mata panda yang bisa mengurangi penampilanmu.

8. Mengatasi Komedo

Selain menyamarkan mata panda, manfaat tamanu oil untuk wajah bisa untuk mengatasi komedo yang membandel. Komedo merupakan masalah yang sering mengganggu penampilan wajah dengan bercak hitam yang ditimbulkannya. Terutama jika komedo tersebut ada di area hidung dan sekitar pipi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

Ilustrasi© Pexels.com

9. Mengatasi Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang tak kalah penting adalah kemampuannya mengobati luka bakar akibat sengatan sinar matahari atau disebut sunburn. Namun lagi-lagi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dari manfaat tamanu oil yang satu ini.

10. Merawat Kulit Penderita Psoriasis

Manfaat tamanu oil juga baik untuk merawat kulit bagi penderita psoriasis. Kandungan calophyllolide dalam tamanu oil yaitu senyawa serupa salep hidrokortison yang biasa digunakan penderita psoriasis.

Peneitian pada 2018 menunjukkan senyawa tersebut berpotensi memberikan manfaat baik untuk kondisi peradangan kulit, seperti psoriasis, eksem, atau rosacea. Manfaat ini masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan sepenuhnya.

Perlu diketahui, psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas, kadang juga disertai gatal dan nyeri. Psoriasis lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Beri Komentar