4 Kondisi Kesehatan yang Sebabkan Kulit Bersisik

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 1 Agustus 2021 08:01
4 Kondisi Kesehatan yang Sebabkan Kulit Bersisik
Ketahui penyebab dan gejalanya.

Dream - Jerawat bukanlah satu-satunya masalah kulit yang bisa mengganggu penampilan. Masalah kulit lainnya seperti kulit bersisik pun bisa menurunkan kepercayaan diri.

Kamu pun akan lebih sulit menggunakan makeup ketika kulitmu bersisik. Kondisi ini diakibatkan oleh banyak hal.

Namun, penyebab utamanya adalah rusaknya lapisan kulit terluar yang mengandung sel kulit mati serta minyak alami kulit.

Akibatnya, proses regenerasi kulit pun tidak terjadi seperti biasanya dan menyebabkan kulit bersisik. Rusaknya lapisan terluar kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal dan menandakan gejala kondisi kesehatan tertentu.

Dilansir Sehatq.com, berikut kondisi kesehatan yang ditandai oleh kulit bersisik, gatal, dan mengelupas.

1 dari 2 halaman

Eksim

Kulit Gatal© Shutterstock

Penderita eksim bisa mengalami kulit mengelupas ketika kambuh atau terpapar zat kimia maupun hal tertentu. Biasanya, kulit mengelupas pada pipi dan dagu bayi atau anak.

Tapi, berbagai area tubuh lainnya pun bisa mengalami pengelupasan saat kambuh. Bahkan, kulit bisa terasa terbakar, gatal, perih, dan berdarah.

Psoriasis

Psoriasis menyebabkan proses regenerasi kulit tidak berjalan sempurna meskipun sel kulit baru lebih cepat muncul. Inilah yang menyebabkan penebalan, gatal, luka, ruam, serta kulit mengelupas.

Kondisi yang diakibatkan oleh faktor genetik dan gangguan sel imun ini biasa terjadi pada tangan, kaki, siku, lutut, maupun kulit kepala.

2 dari 2 halaman

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik merupakan kondisi kulit mengelupas yang umumnya terjadi pada kulit kepala, di belakang telinga, serta sisi hidung.

Kulit juga akan terasa berminyak dan muncul kerak berwarna kuning atau putih. Jangan mencoba untuk menghilangkan atau menggaruh terlalu kasar agar tidak terjadi iritasi.

Ichthyosis vulgaris

Ichthyosis vulgaris bisa terjadi akibat faktor genetik atau penyakit lainnya seperti gagal ginjal, kanker, atau HIV. Biasanya, kondisi ini dialami sejak dini.

Gunakan pelembap secukupnya dan minum air sesuai kebutuhanmu untuk mencegah kulit mengelupas, gatal, atau bersisik.

Beri Komentar