9 Manfaat Pare untuk Kecantikan, Cegah Penuaan hingga Atasi Kulis Kusam

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 26 Januari 2022 15:35
9 Manfaat Pare untuk Kecantikan, Cegah Penuaan hingga Atasi Kulis Kusam
Pare mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Dream - Buah pare atau Momordica charantia merupakan buah sejenis sayuran yang dikenal dengan rasanya yang sangat pahit. Namun rasa itu pula yang membuat buah satu ini sering digunakan sebagai bahan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tak hanya dijadikan obat herbal, buah pare juga sering dijadikan sayur atau makanan pendamping siomay yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Buah pare mengandung mineral nabati, kalsium, fosfor dan karotenoid.

Kandungan buah pare lainnya adalah vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV. Bahkan manfaat pare untuk kecantikan juga sering digunakan untuk mencegah kerutan di wajah.

Manfaat pare untuk kecantikan diperoleh karena khasiatnya yang bisa menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah penuaan. Yuk kita kupas satu-satu manfaat pare untuk kecantikan yang mungkin belum Sahabat Dream ketahui.

1 dari 5 halaman

Manfaat Pare untuk Kecantikan

Ilustrasi© Unsplash.com

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat pare untuk kecantikan yang pertama bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pare berperan melawan serta membuang radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Selain itu kandunagan antioksidan di dalamnya juga mencegah keriput pada kulit serta memperlambat proses penuaan. Tak hanya itu buah pare bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

2. Mencegah Gangguan Kulit

Manfaat pare untuk kecantikan juga bisa membantu mencegah timbulnya berbagai gangguan kulit. Kandungan vitamin dan mineral pada buah pare sangat baik untuk mencegah masalah kulit seperti jerawat, ruam, dan gatal-gatal.

Rutin mengonsumsi buah pare akan membuat kulit lebih cerah dan lembut secara alami. Bahkan manfaat pare untuk kecantikan bisa mencegah eksim dan psoriasis serta jenis infeksi jamur lain.

2 dari 5 halaman

3. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sulit diatasi. Bakteri penyebab jerawat kerap muncul, terutama pada wajah yang berminyak. Jika kamu mengalami masalah jerawat, tidak ada salahnya mengobatinya dengan mengonsumsi buah pare.

Manfaat pare untuk kecantikan diklaim bisa mengatasi masalah jerawat. Mengonsumsi pare bisa menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit. Bahkan juga bisa melindungi kulit dari infeksi.

4. Wajah Lebih Bersih dan Cerah

Manfaat pare untuk kecantikan yang selanjutnya bisa membantu membersihkan wajah secara alami. Kamu bisa mengolahnya sebagai masker untuk rutin dipakai sehari-hari.

Cara membuatnya sangat mudah, ambil kulit jeruk kering dan dua buah pare kecil yang sudah dibuang bijinya. Haluskan kedua bahan tersebut hingga tercampur rata hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada wajah dan leher kamu layaknya memakai masker. Biarkan hingga kering lalu bilas hingga bersih.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pare untuk Kecantikan

5. Kulit Lebih Glowing

Manfaat pare untuk kecantikan yang tak kalah penting adalah bisa membuat kulitmu lebih cerah dan glowing. Antioksidan yang kuat dan juga kandungan vitamin A dan C yang tinggi berperan mencegah penuaan kulit dan kerutan.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Tak hanya bikin kulit glowing, manfaat pare untuk kecantikan juga akan membuat rambutmu lebih berkilau sehat. Kandungan vitamin A, vitamin C, Biotin dan Zinc akan memberikan kilau pada rambut.

Caranya adalah dengan mengoleskan jus pare secara teratur pada rambut dan kulit kepala. Cara ini sekaligus bisa mengatasi masalah rambut rontok, beruban, rambut bercabang, dan menghilangkan ketombe.

 

4 dari 5 halaman

7. Mengurangi Ruam Panas

Ilustrasi© Freepik.com

Manfaat pare untuk kecantikan juga bisa untuk membantu mengurangi ruam panas. Buah ini jadi solusi yang tepat untuk mengatasi ruam panas dan jerawat. Rutin mengonsumsi sayuran ini akan membuat kulit lebih sehat.

Caranya gampang sekali, ambil 2 buah pare tanpa biji, potong memanjang. Kemudian rebus dalam panci dan biarkan mendidik sampai 15 menit. Biarkan hingga air rebusan pare ini mendingin. Lalu campurkan dengan air saat mandi. Lakukan pengobatan ini selama beberapa hari, perlahan akan mengurangi ruam pada kulit.

8. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat pare untuk kecantikan yang tak kalah penting adalah bisa menyamarkan flek dan noda hitam pada wajah. Selain mengatasi jerawat, buah pare bisa membantu menghilangkan flek hitam akibat dari tanda penuaan.

Mengonsumsi pare secara rutin baik sebagai sayuran maupun jus, bisa membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari masalah kulit. Selain itu, mengoleskan masker pare ke wajah masker diklaim bisa membersihkan wajah dan menyamarkan noda hitam.

 

5 dari 5 halaman

9. Mengatasi Kulit Kusam

Manfaat pare untuk kecantikan diperoleh karena kemampuannya yang bagus dalam hal membersihkan darah. Darah yang bersih dan lancar tentu akan mempercantik penampilan kulitmu.

Buah pare mengandung zat yang bertugas membantu memperlancar glukosa yang disebar ke organ dan sel-sel seluruh tubuh. Jika peredaran darah lancar maka kulit pun terhindar dari kekusaman. Hal ini lantaran laju glukosa dalam darah yang lancar yang mana tidak menyebabkan munculnya darah kotor.

Itulah beberapa manfaat pare untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui. Namun demikian, kamu tidak boleh mengonsumsi pare secara berlebih karena akan enimbulkan efek samping, seperti pusing, kembung, muntah, sakit kepala, sakit perut, hingga muntah. Maka dari itu konsumsilah pare secukupnya saja. 

 

Beri Komentar