Air Dingin Vs Hangat, Manakah yang Lebih Baik Digunakan untuk Membersihkan Wajah?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 25 Januari 2022 11:14
Air Dingin Vs Hangat, Manakah yang Lebih Baik Digunakan untuk Membersihkan Wajah?
Pilih suhu air yang terbaik untuk kesehatan kulitmu.

Dream ─ Membersihkan wajah merupakan perawatan kulit utama yang harus dilakukan secara rutin. Pasalnya, wajahmu akan terkena bakteri atau kuman saat beraktivitas.

Jika tidak dibersihkan, kulit wajah bisa bermasalah dan rusak. Oleh karena itu, kamu harus melakukan perawatan yang tepat dan intensif untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Kamu pun harus menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jika sudah memilih produk yang tepat, pastikan kamu membersihkan wajah dengan air bersuhu hangat atau dingin dan bersih seperti direkomendasikan oleh Dermatologis, Lilik Norawati.

1 dari 3 halaman

Manfaat air hangat dan dingin

Mencuci Wajah© Shutterstock

Berdasarkan unggahannya di Instagram, air bersuhu hangat cukup ideal untuk digunakan saat mencuci wajah. Sejumlah penelitian pun mengungkapkan bahwa air hangat bisa meningkatkan penyembuhan kulit.

Sedangkan berdasarkan penelitian cryotherapy, air dingin mampu mengurangi produksi sebum serta peradangan pada kulit. Namun, manfaat tersebut belum diketahui efektif untuk penggunaan berapa lama pada kulit wajah.

 

2 dari 3 halaman

Meski dibolehkan menggunakan air hangat atau dingin ketika mencuci wajah, namun Lilik tidak merekomendasikan untuk memakai air panas. Pasalnya, air panas dapat menyebabkan kulit kering, peningkatan ekskresi minyak, serta mempercepat proses penuaan.

" Mencuci wajah dengan air terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan dapat mengganggu sawar kulit. Jika Anda suka mencuci dengan air hangat silakan lanjutkan. Jika Anda lebih suka air dingin, itu juga tidak masalah," tutupnya.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

Beri Komentar