Tak Disadari, Kebiasaan Ini Bikin Jerawat Semakin Menjadi

Reporter : Shania Suha Marwan
Sabtu, 16 Juli 2022 08:00
Tak Disadari, Kebiasaan Ini Bikin Jerawat Semakin Menjadi
Gimana si cara mengatasi kulit berjerawat?

Dream - Jerawat merupakan kondisi peradangan pada kulit yang terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori. Biasanya jerawat bermula dari minyak yang menumpuk di kulit, dan menyumpat folikel rambut.

Meski demikian, terdapat beberapa faktor yang juga dapat membuat produksi sebum di kulit berlimpah. Faktor genetik, pubertas, siklus menstruasi, dan meningkat tingkat stres, juga dapat menjadi penyebab produksi minyak atau sebum meningkat.

Jerawat juga disebabkan bakteri yang disebut Propionibacterium Acnes, yang terbentuk saat adanya sebum dan kotoran, yang menyumbat pori-pori.

1 dari 2 halaman

Jerawat dapat diatasi dengan melakukan perawatan wajah yang tepat. Namun, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik kulit berjerawat, yang dapat memicu munculnya jerawat lebih banyak. 

  • Kurang Tidur 

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur minimal delapan jam sehari. Kurang tidur dapat menyebabkan produksi hormon androgen bertambah dan memicu munculnya jerawat. 

  • Pola Makan

Pola makan yang kurang sehat, juga dapat menjadi alasan jerawat bertambah banyak. Makanan tinggi gula, mengandung susu, dan gorengan, memiliki efek yang kurang baik pada kulit. 

2 dari 2 halaman

  • Menggunakan Kandungan Skincare yang Tak Sesuai

Saat ini kandungan skincare yang ada di pasaran sangat beragam. Perlu diperhatikan, untuk pemilik kulit berjerawat kamu harus menggunakan produk skincare yang sesuai. 

Setelah mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik kulit berjerawat, kamu bisa menghindarinya. Sedangkan, untuk menyembuhkan jerawat, penangannnya dapat kembali disesuaikan dengan kondisi jerawat. 

Untuk kamu yang memiliki kondisi jerawat yang parah, lebih baik untuk berkonsultasi dengam dermatologis untuk mengetahui cara penangan yang tepat.

Sumber: Times of India 

 

 

Beri Komentar