Banana Powder, Rahasia Make Up Artist 'Mengunci' Riasan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 21 Desember 2021 19:12
Banana Powder, Rahasia Make Up Artist 'Mengunci' Riasan
Coba pakai banana powder biar riasan bertahan seharian.

Dream - Keringat, produksi minyak pada wajah serta paparan angin kerap membuat riasan jadi berantakan. Terutama jika harus bekerja seharian atau berada di depan lampu dan kamera selama berjam-jam.

Selama ini, Sahabat Dream mungkin mengandalkan setting spray, setting powder atau produk lain untuk mempertahankan riasan agar tahan lama. Ada lagi yang bisa kamu gunakan untuk 'mengunci' warna riasan, yaitu menggunakan banana powder.

Namanya memang banana, tapi bukan berarti pisang, ya. Banana powder merupakan bedak tabur yang pucat dan bisa kamu gunakan untuk campuran foundation, concealer atau mengunci makeup agar tidak mudah berminyak.

 

 

1 dari 4 halaman

Asal Mula Banana Powder

Pada awalnya, Banana Powder dan konsep highlighting powder, digunakan dan dipopulerkan oleh aktor film dan teater. Banana Powder pertama dibuat oleh Ben Nye, seorang seniman dan penata rias yang sangat sukses untuk 20th Century Fox yang mengawasi tata rias seperti “ The Sound of Music” dan “ Gentlemen Prefer Blondes”.

Powder Cream vs Bedak Biasa, Mana yang Ampuh Bikin Wajah Glowing Seharian?© MEN

Banana Powder membantu riasan para aktor/ aktris tetap menempel hingga malam hari selama bekerja, juga lebih tahan lama dari keringat. Selain itu, ini dapat menonjolkan fitur wajah para talent di bawah lampu panggung.

Bagi sebagian orang, penggunaan Banana Powder masih tampak seperti rahasia kecantikan selebritas yang paling dijaga. Termasuk Kim Kardashian dan penata riasnya Mario Dedivanovic yang mulai berbagi informasi tentang proses aplikasi riasan mereka pada 2010 lalu.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Banana Powder

Banana Powder warnanya lebih terang dan umumnya digunakan untuk menonjolkan area wajah tertentu. Untuk pengaplikasiannya, bisa untuk menonjolkan bagian bawah mata, hidung, dahi, area dagu, dan di bawah kontur.

Banana Powder© Shutterstock

Jika berada pada tahap highlight dan kontur dari aplikasi riasan dan ingin melakukan baking foundation, bisa gunakan Banana Powder untuk highlight dengan kuas atau spons yang lembut. Agar metode ini berhasil, diamkan dulu banana powder di wajah selama beberapa menit.

Memang butuh waktu ekstra untuk mengunci produk, menyerap minyak berlebih, dan mengendap untuk memantulkan cahaya. Setelah beberapa menit, bersihkan bedak yang tersisa dengan sikat halus. Mau coba?

Laporan : Siti Sarah Al Hafizd/ Sumber: Byrdie

3 dari 4 halaman

Powder VS Cream Bronzer, Mana yang Harus Digunakan?

Dream - Salah satu kunci riasan yang rapi dan sempurna adalah memilih produk sesuai dengan jenis serta kebutuhan kulitmu. Terdapat banyak jenis produk yang bisa dipilih di pasaran agar riasanmu terlihat sempurna.

Selain foundation, blush, eyeshadow, lipstik, dan highlighter, memilih bronzer yang tepat sama pentingnya untuk keseluruhan penampilan.

© Dream

Memilih warna yang tepat saja belum cukup. Kamu harus memerhatikan formulanya agar lebih mudah diaplikasikan dan lebih tahan lama.

4 dari 4 halaman

Menentukan bronzer yang cocok untuk wajah

Merias Wajah© Shutterstock

Dilansir dari Pop Sugar, Makeup Artist Neil Scibelli menyarankan untuk menggunakan powder bronzer pada kulit berminyak atau kombinasi. Powder bronzer dapat mengontrol produksi minyak alami kulit sehingga wajahmu akan terlihat lebih flawless.

Efek powder bronzer ini terutama akan muncul ketika cuaca lembap dan panas. Kamu juga bisa menentukan jenis formula bronzer berdasarkan hasil riasan yang diinginkan.

Jika ingin hasil yang lebih lembap, dewy, glowing, dan natural, kamu bisa memakai cream bronzer. Sayangnya, terkadang cream bronzer tidak cocok digunakan ketika ingin mengambil foto wajah karena kulit yang glowing akan memantulkan cahaya.

Jadi, sesuaikan formula dan produk yang digunakan dengan kebutuhan serta jenis kulitmu. Jangan lupa untuk memerhatikan warna serta kandungan pada bronzer agar tetap aman di kulit.

Beri Komentar