Tak Cuma Bahannya, Perhatikan Hal Ini Saat Pilih Produk Perawatan Kulit Organik

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 27 Juli 2021 11:12
Tak Cuma Bahannya, Perhatikan Hal Ini Saat Pilih Produk Perawatan Kulit Organik
Tak hanya klaim menggunakan bahan natural dari alam, produk perawatan kulit organik juga harus memenuhi ketentuan ini.

Dream – Tren perawatan kulit mulai beralih ke produk yang ramah lingkungan atau tenar disebut organik. Namun klaim sebuah produk perawatan kulit organik harus dilalui melalui sebuah penelitian dan pengujuan secara klinis sebelum dipasarkan maupun digunakan.

Produk yang diklaim organik dan berasal dari bahan alami tidak lantas menjamin keamanannya pada kulit.

CEO & Founder Lass Naturals Deepak Jain mengilustrasikan soal organik ini dengan mengonsumsi makanan ramah lingkungan yang lebih baik daripada makanan yang diproses secara kimia. Namun, hal ini tidak berlaku bagi produk perawatan kulit.

Jain, dikutip Dilansir dari Times of India, menyatakan efektivitas produk organik tidak seperti pola makan organik.

“ Produk perawatan kulit organik sering dibuat dengan ekstrak atau minyak berbahan organik. Dalam prosesnya seringkali diolah secara kimia. Seringkali kita melihat sebuah merek mengklaim organik, kenyataannya hanya beberapa bahan yang memiliki kandungan organik aktif,” ungkap Jain.

Menurutnya, beberapa merek yang mengklaim organik masih menggunakan bahan-bahan kimia yang mudah didapat. Sebagian besar merek yang bersertifikat organik pada kenyataannya hanya menggunakan bahan baku organik.

Oleh sebab itu, hal ini tidak menjamin bahan-bahan diproses secara alami untuk mendapatkan ekstrak dan minyaknya. “ Organik tidak selalu baik,” tutupnya.

Akan tetapi bukan berarti semua produk kecantikan berbahaya. Beberapa merek berhasil menyempurnakan formula, bahan, dan pengawetnya.

Sebelum kamu menggunakan bahan yang diklaim organik, ada baiknya memerhatikan kandungan dan klaim yang terdapat dalam suatu produk. Pastikan kamu mencari tahu dan mencoba produk tersebut sebelum memakainya secara rutin.

(Laporan: Elyzabeth Yulivia)

1 dari 3 halaman

5 Trik Kecantikan Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah

Dream – Diberlakukannya PPKM Level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang membuat banyak orang semakin lama berada di dalam rumah, walaupun beberapa sektor telah aktif beraktivitas kembali.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu di rumah adalah merawat kulit menggunakan bahan alami. Kamu bisa mencoba berbagai trik yang tersedia di internet untuk membuat penampilanmu lebih menarik setelah PPKM berakhir.

Dilansir Times of India, berikut trik kecantikan yang bisa dilakukan selama beraktivitas di rumah.

2 dari 3 halaman

Memakai tepung sebagai dry shampoo

Jika kehabisan dry shampoo untuk membuat rambutmu tidak terlalu berminyak di pagi hari, gunakan tepung sebagai gantinya. Kamu bisa mengaplikasikan sedikit tepung di dekat kulit kepala atau menggunakannya dengan botol spray dan menyampurkan sedikit air.

Minyak zaitun untuk membersihkan wajah

Minyak Zaitun© Pexels.com

Minyak zaitun bisa digunakan untuk mengangkat riasan wajah yang membandel. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga bisa memastikan pori-pori benar-benar bersih sebelum membersihkan wajah menggunakan facial wash.

3 dari 3 halaman

Filter kopi untuk mengontrol produksi minyak wajah

Bubuk Kopi© Pexels.com

Kamu bisa menggunakan filter kopi sebagai pengganti kertas minyak. Filter kopi terbuat dari bahan yang hampir sama dengan kertas minyak. Sehingga, bisa membuat wajahmu terasa segar kembali.

Oatmeal untuk mengatasi kulit gatal

Oats sanat kaya akan lemak dan gula yang bisa melembapkan kulit. Aplikasikan campuran bubuk oatmeal dan air pada kulit yang gatal, terbakar, atau kemerahan. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersuhu hangat-hangat kuku.

Kopi untuk menyamarkan stretch marks

Trik ini sangat cocok diterapkan setelah mengalami kenaikan berat badan drastis atau hamil. Campurkan bubuk kopi dan minyak zaitun. Aduk rata dan gunakan campurannya sebagai scrub untuk diaplikasikan di sekitar stretch marks.

Beri Komentar