Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Biar Tak Salah Pilih, Ketahui 5 Fakta dan Mitos Kecantikan Ini Sebelum Beli Skincare

Biar Tak Salah Pilih, Ketahui 5 Fakta dan Mitos Kecantikan Ini Sebelum Beli Skincare Credit: Shutterstock.com

Ada yang bilang skincare mahal itu pasti bagus digunakan, ada pula yang berkata sebaliknya. Pernyataan-pernyataan seputar kecantikan semacam itu mungkin sudah akrab terdengar, sampai-sampai kadang bikin galau menentukan mana skincare yang tepat dipilih.

Padahal, tak semua informasi yang beredar tersebut berupa fakta. Ada juga yang sekadar mitos belaka. Hal ini sesuai pernyataan yang disampaikan oleh seorang dokter kecantikan, dr. Abelina D Fitria, Dpl. AAAM, MARS. 

Menurutnya banyak informasi serta tips dan trik seputar kecantikan yang beredar melalui kanal media sosial, namun tidak seluruh informasi sepenuhnya benar. Bersama Sherine Pranata selaku Category Development Senior Lead Tokopedia, dr. Abelina pun mengupas tuntas lima mitos dan fakta seputar dunia kecantikan di tengah masyarakat. Apa saja itu?

Mitos: Kulit Berminyak Tidak Perlu Pakai Pelembap

Mungkin kamu pernah mendengar jika kulit berminyak tak perlu pakai pelembap. Nyatanya, pernyataan ini keliru karena pelembap berfungsi menghidrasi kulit. Menurut dr. Abelina proses hidrasi berkaitan dengan kadar air di kulit wajah, bukan kadar minyak.

 “Kesalahpahaman yang sering terjadi adalah pelembap sebagai skincare akan menyebabkan kadar minyak di wajah semakin bertambah. Faktanya, justru kadar minyak malah akan meningkat ketika wajah tidak terhidrasi dengan baik,” jelas dr. Abelina.

Fakta: Pakai Sunscreen Bahkan Saat di Dalam Ruangan

Hal lain yang juga mungkin kerap terdengar soal pemakaian sunscreen yang tak hanya dianjurkan dipakai di luar, tetapi juga di dalam ruangan. Kenyataannya, hal tersebut merupakan fakta. Menurut dr. Abelina sinar matahari mengandung gelombang radiasi UVA dan UVB yang dapat menembus jendela, maka produk skincare seperti sunscreen penting digunakan meski beraktivitas di dalam rumah.

dr. Abelina kemudian menambahkan, “Untuk menangkal sinar UVA dan UVB, pakai sunscreen berformula multi-spectrum atau broad-spectrum. Kulit orang Indonesia cukup memilih sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++.” Di sisi lain, Sherine, mencatat bahwa sunscreen merupakan salah satu produk yang paling banyak dicari masyarakat di Tokopedia selama kuartal III 2022.

Mitos: Pasta Gigi Dapat Mengobati Jerawat

Jika pernah dengar bahwa pasta gigi dapat mengobati jerawat, maka jangan buru-buru percaya. Sebab, hal tersebut ternyata mitos belaka. Menurut dr. Abelina kandungan di pasta gigi justru bisa menyebabkan iritasi di wajah. “Kenali dulu jenis jerawat sebelum melakukan perawatan. Pertama, beruntusan, disebabkan faktor lingkungan dan makanan. Selain itu ada cystic acne yang bersifat genetik,” ujar dr. Abelina.

“Atasi jerawat beruntusan dengan memakai makeup dan skincare sesuai jenis kulit. Kebersihan lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan. Untuk memulihkan cystic acne, konsultasi dahulu dengan dokter agar mendapatkan skincare yang tepat. Hindari juga konsumsi makanan dan minuman olahan serta yang memiliki kadar gula tinggi seperti manisan dan soda,” tambah dr. Abelina.

Fakta: Skincare yang Mengandung Parfum atau Pewangi Tak Dianjurkan 

Informasi lain seputar kecantikan yang juga acap terdengar adalah soal skincare dengan kandungan parfum atau pewangi tidak dianjurkan. Nyatanya hal tersebut bukanlah mitos, tetapi benar adanya alias fakta. Kendati wangi, skincare yang mengandung parfum tidak aman digunakan karena dapat membahayakan kulit.

Bukan saja parfum, skincare dengan pewangi lain, seperti essential oil juga tidak disarankan untuk dipakai. Alasannya karena dapat merusak lapisan kulit. Hal ini sesuai penjelasan dr. Abelina, “Selain parfum, skincare yang mengandung essential oil juga tidak dianjurkan karena kedua bahan tersebut berpotensi untuk membuat kulit ‘stres’ sehingga merusak skin barrier.”

Mitos: Efektivitas SkincareDitentukan oleh Harga 

Pernyataan lain tentang kecantikan yang tak kalah sering terdengar adalah soal besar kecilnya manfaat skincare ditentukan oleh harga. Nyatanya, hal tersebut hanyalah mitos belaka. Skincare dengan harga mahal hingga jutaan rupiah misalnya, belum tentu mampu memberikan hasil yang efektif bagi kulit pemakainya.

Sebaliknya, yang benar menurut dr. Abelina adalah pilihlah skincare yang tepat berdasarkan tipe dan kondisi kulit, bukan berdasarkan merek atau harganya saja. “Produk perawatan kulit yang baik adalah yang disesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit. Banyak produk lokal perawatan kulit dengan harga terjangkau yang tidak kalah saing dengan produk buatan luar negeri karena terdapat kandungan yang terbukti efektif untuk merawat kulit,” kata dr. Abelina.

Tokopedia Beauty Awards 2022

Nah, agar produk lokal kecantikan semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, Tokopedia kembali menghadirkan Tokopedia Beauty Awards 2022. Menurut Sherine, “Di ajang penghargaan ini, masyarakat bisa melakukan voting untuk merek lokal kecantikan dan perawatan diri favorit di 25 kategori penghargaan lewat halaman khusus di aplikasi Tokopedia hingga 20 November 2022.”

Nantinya, hasil pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022 akan diumumkan pada Desember 2022 mendatang. Para pemenang akan mendapat berbagai benefit untuk menunjang usaha, mulai dari badge Tokopedia Beauty Awards untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, bisa berpartisipasi di berbagai kampanye di Tokopedia secara eksklusif, modal untuk pemasaran dan masih banyak lagi. Buruan ikutan sekarang juga!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus

5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus

Padukan dua bahan aktif berbeda untuk manfaat skincare yang maksimal. Cari tahu juga perpaduan yang aman untuk kesehatan kulit agar tidak iritasi.

Baca Selengkapnya
Dokter Kulit Ungkap Remaja Hanya Butuh 4 Skincare Saat Berjerawat

Dokter Kulit Ungkap Remaja Hanya Butuh 4 Skincare Saat Berjerawat

Tidak perlu rangkaian skincare yang rumit untuk menjaga kesehatan kulit saat remaja. Cukup gunakan 3-4 skincare rekomendasi dokter kulit untuk dipakai rutin.

Baca Selengkapnya
Beredar Skincare Pencerah untuk Anak, Pakar Ungkap Faktanya

Beredar Skincare Pencerah untuk Anak, Pakar Ungkap Faktanya

Dokter ungkap skincare pencerah untuk anak yang viral di TikTok. Ia pun menjelaskan keamanan pemakaiannya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Kebiasaan Pakai Skincare yang Ternyata Malah Bikin Jerawatan, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

5 Kebiasaan Pakai Skincare yang Ternyata Malah Bikin Jerawatan, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Jangan disepelekan, ternyata kebiasaan ini bisa menimbulkan jerawat.

Baca Selengkapnya
Tinggalkan 2 Perawatan Kulit yang Bikin Skincare Terbuang Sia-sia

Tinggalkan 2 Perawatan Kulit yang Bikin Skincare Terbuang Sia-sia

Tidak semua tren skincare harus diikuti. Banyak di antaranya justru membuat kulitmu bermasalah. Hindari 2 kebiasaan yang bisa bikin skincare terbuang sia-sia.

Baca Selengkapnya
3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

Masih banyak orang salah memakai skincare. Akhirnya, kondisi kulit pun tidak membaik usai merawat kulit. Cari tahu 3 kesalahan terbesar saat memakai skincare.

Baca Selengkapnya
Intip Tips Kulit Glowing Selama Ramadan Ala Dokter Abelina

Intip Tips Kulit Glowing Selama Ramadan Ala Dokter Abelina

Pilih skincare yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit selama Ramadan dan tampil glowing saat Lebaran.

Baca Selengkapnya
Obat Jerawat Bikin Kanker, Benarkah?

Obat Jerawat Bikin Kanker, Benarkah?

Viral klaim obat jerawat bersifat karsinogenik. Dokter ungkap fakta penelitiannya dan sifat dari zat yang bisa memicu kanker.

Baca Selengkapnya
Manfaat Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas, dan Cara Memilih yang Tepat

Manfaat Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas, dan Cara Memilih yang Tepat

Pentingnya memakai skincare saat usia 40 tahun ke atas agar kulit tetap terjaga dan awet muda.

Baca Selengkapnya