Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak dengan Santan

Reporter : Shania Suha Marwan
Minggu, 27 November 2022 10:20
Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak dengan Santan
Ini dia cara alami yang dapat kamu lakukan untuk merawat rambut kering dan rusak, dengan mengandalkan santan

Dream - Rambut rusak biasanya ditandai dengan kondisinya yang terasa kering. Rambut berubah menjadi kering karena minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan sudah tidak bisa berkerja maksimal lagi.

Jika kamu khawatir perawatan menggunakan bahan-bahan kimiawi akan merusak rambut, mungkin kini saatnya beralih menggunakan bahan-bahan alami. 

Selama ini kamu pasti sudah sering mendengar bahan-bahan seperti lidah buaya, telur, atau madu yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Namun pernahkah kamu mencoba cara merawat rambut rusak dengan menggunakan santan atau coconut milk?

Banyak yang meyakini kandungan kelapa cukup efektif menjaga kesehatan, kelembapan, dan memberikan nutrisi pada rambut. 

Santan yang berasal dari kelapa dapat berfungsi memberikan nutrisi dan kelembapan pada rambut sekaligus membuatnya terlihat lebih bersinar dan tidak kering. 

1 dari 3 halaman

Untuk merawat rambut rusak kamu dengan santan, kamu bisa membuat masker rambut alami yang caranya cukup mudah. Salah satu caranya adalah dengan mencampurkan santan bersama minyak essensial pilihan kamu, misalnya rosemary oil. 

Kamu tinggal mencampurkan santan dengan beberapa tetes minyak essensial, dan aplikasikan campuran masker ini pada rambut dan kulit kepala kamu hingga rata.

© Ilustrasi/ Shutterstock

2 dari 3 halaman

Jika kamu memiliki kulit kepala yang berminyak, hindari mengaplikasikannya pada kulit kepala.

© Ilustrasi/ Shutterstock

Biarkan selama 30 menit hingga masker rambut menyerap dan menutrisi rambut dengan sempurna. Lalu bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk rambut.

 

3 dari 3 halaman

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan santan bersama dengan alpukat yang sudah dihancurkan, lalu diapliaksikan pada rambut selama 30 menit. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Alpukat juga punya lemak yang bagus untuk merawat kesehatan rambut rusakmu. 

(Sah, Sumber: Byrdie)

Beri Komentar