Rangkaian Penting Saat Gunakan Make Up di Kulit Kering

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 27 Agustus 2019 15:36
Rangkaian Penting Saat Gunakan Make Up di Kulit Kering
Apakah kamu pemilik kulit wajah kering?

Dream - Kondisi kulit yang kering merupakan 'dasar' yang sangat buruk bagi make up. Foundation bakal sulit menempel, pecah-pecah, begitu pun riasan lain seperti blush on dan highlighter.

Untuk itu penting menjaga kulit selalu dalam keadaan lembap dan sehat. Bukan hanya demi kesehatan kulit wajah tapi juga kecantikan.

Lalu bagaimana jika kulit Sahabat Dream dalam kondisi kering dan harus mengenakan make up? Ada rangkaian khusus sebelum mengaplikasikan riasan.

Cukup bisa membantu agar make up menempel di kulit. Simak saja tipsnya dari Makeup.com berikut ini.

1 dari 6 halaman

Menggunakan Skincare Sebelum Makeup

1. Gunakan Pembersih Wajah dengan Formula Krim

Saat ingin memakai makeup pada kulit kering, kamu harus mengeksfoliasi wajah dengan produk berformula krim dan butiran halus.

Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati pada permukaan kulit. Ini akan membuat wajahmu lebih halus dan pengaplikasian makeup lebih mudah.

 shutterstock

2. Gunakan Serum yang Mudah Diserap Kulit

Gunakan serum atau oil yang mudah menyerap sebagai pengganti pelembap, sehingga produk lebih cepat diserap kulit dan wajahmu tetap lembap serta segar.

Wajah harus lembap ketika ingin mengaplikasikan makeup pada kulit kering agar tidak mudah crack, cepat menyerap serta terlihat flawless.

3. Gunakan Primer

Langkah penting dalam mengaplikasikan makeup agar lebih flawless adalah memakai primer. Tekstur krim akan membuat kulit tetap lembap, menghaluskan pori-pori serta memudarkan kekurangan pada wajah. Kamu pun akan lebih mudah mengaplikasikan makeup.

2 dari 6 halaman

Formula yang Tepat

Kulit kering sangat membutuhkan nutrisi. Hal tersebut jadi alasan mengapa kulit kering lebih cocok menggunakan produk bertekstur cair, ringan atau krim.

Formula yang terlalu berat akan memicu iritasi dan membuat riasanmu mudah hancur. Jadi sebaiknya pilihlah formula yang cair.

Pilih foundation yang ringan dan aplikasikan dengan kuas berbahan sintetis bertekstur cukup lembut untuk menjaga kulit dari pengelupasan.

 shutterstock

3 dari 6 halaman

Beauty Blender

Lalu gunakan beauty blender lembap untuk meratakan riasan ke seluruh wajah agar terlihat lebih flawless.

Hal yang sama juga berlaku untuk blush on. Gunakan formula yang padat atau cair sebagai pengganti powder agar kulit tetap lembap. (mut)

 shutterstock

4 dari 6 halaman

Hal yang Harus Dihindari Kulit Kering

1. Saat merias wajah pada kulit kering, jangan gunakan jari untuk mengaplikasikan produk apapun karena akan menyerap kelembapan yang sangat dibutuhkan kulit.

 Penyebab Kulit Tetap Kering Meski Sudah Pakai Pelembap

2. Jauhi formula powder, kecuali kamu harus menggunakan sedikit di sekitar T-zone. Gunakan blotting paper sebagai gantinya. Minyak berlebih tidak akan menyebabkan wajah lebih lembap.

3. Hindari produk waterproof karena akan menyerap kelembapan kulit dan menyebabkan pengelupasan. Kulit kering tidak memerlukan formula waterproof karena akan lebih sulit dihapus.

5 dari 6 halaman

Penyebab Kulit Tetap Kering Meski Sudah Pakai Pelembap

Dream - Sering merasa gatal dan kulit menjadi merah serta perih? Kedua gejala tersebut merupakan pertanda kulit kering yang bisa menyebabkan gatal, kemerahan, iritasi, bahkan penuaan dini.

Saat kulit kering, pasti kita langsung mengandalkan pelembap dan mengaplikasikannya. Pada beberapa kondisi, pelembap ternyata tak mempan untuk mengatasi kekeringan kulit. Pasalnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kulit, apa saja?

1. Paparan Sinar UV

Sinar matahari memang sangat 'jahat' bagi kulit. Menggunakan pelindung seperti pakaian lengan panjang, payung, topi atau kacamata hitam adalah hal waji saat harus keluar ruangan di tengah hari.

" Sekarang paparan sinar UV semakin panas dan waktunya semakin panjang. Selain mengubah warna kulit, sinar UV juga menyebabkan kulit kering. Jadi di mana ada sunray, kita harus pakai protection," kata dokter kulit Kardiana Purnama Dewi, dalam peluncuran Marina UV White E Collagen Asta Hand Body Lotion di Jakarta, beberapa waktu lalu

Proteksi minimal yang harus dipakai adalah pelembap dengan SPF 30 dan dioleskan berulang setiap 3 jam. Kecuali jika bekerja di dalam ruangan yang sama sekali tidak terpapar sinar UV. Tapi jika kamu ingin berenang di luar ruangan, pakailah waterproof sunscreen dan dipakai ulang setiap 1 jam sekali.

2. Polusi

Kalau terbiasa beraktivitas di luar ruangan, kamu akan merasa kulit lebih mudah kering. Hal tersebut diakibatkan oleh polusi dari asap kendaraan bermotor. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan pelembap yang cukup untuk menghidrasi kulit.

6 dari 6 halaman

Cuaca dan Mandi Air Hangat

3. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang tidak menentu dari panas ke dingin menyebabkan kulit sulit beradaptasi dengan suhu dan mengering. Apalagi, jika kamu tidak memakai pelembap yang cukup karena merasa kulit sudah cukup berminyak. Jadi, pakailah pelembap yang cukup di cuaca dingin maupun panas agar kulit tetap lembap.

 Kesalahan Perawatan Kulit Yang Sering Tidak Disadari

4. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat memang sangat nyaman. Rasa pegal akan menghilang dan kamu merasa lebih tenang. Tapi, suhu yang hangat menyebabkan kulit kering.

" Mandi pakai air hangat bisa mengikis kelembapan alami kulit. Jadi, kulit terasa kering. Sebaiknya, pakai air bersuhu normal saja. Nggak terlalu dingin maupun panas," katanya.

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah