6 Khasiat Temulawak untuk Wajah Jika Digunakan Secara Rutin

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 8 April 2021 16:33
6 Khasiat Temulawak untuk Wajah Jika Digunakan Secara Rutin
Temulawak memiliki beragam kandungan yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga berkhasiat untuk kulit wajah.

Dream – Khasiat temulawak sudah dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat. Mungkin kamu pernah melihat atau pun mendengar bahwa temulawak ini dijadikan sebagai penambah nafsu makan dan biasanya diberikan pada anak-anak yang sulit makan.

Selain itu, temulawak juga kerap dijadikan sebagai minuman yang ampuh untuk menjaga imunitas tubuh.

Tidak sebatas itu saja, tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorriza dan tergolong ke dalam temu-temuan ini juga sangat baik untuk mendukung kesehatan kulit wajah. Tanaman ini pun tidak sulit untuk kamu temukan, bahkan bisa kamu tanam sendiri.

Temulawak bisa tumbuh dengan subur di dataran rendah hingga dataran tinggi yang memiliki ketinggian mencapai 1500 meter di atas permukaan laut.

Demi mendapatkan manfaat temulawak untuk wajah, kamu bisa menggunakannya dengan cara dikonsumsi dalam bentuk sari temulawak atau dijadikan sebagai masker wajah.

Di mana dalam temulawak menyimpan beberapa senyawa organik seperti phelandren, xanthorrizol, sineal, turmerol, dan borneol. Selain itu, tanaman ini juga mengandung karbohidrat, protein, mangan, natrium, besi, dan magnesium.

Bagi kamu yang belum menemukan produk yang cocok untuk merawat wajah, maka bisa mencoba temulawak ini. Agar tidak semakin penasaran, berikut adalah beberapa khasiat temulawak untuk wajah sebagaimana dilansir melalui Liputan6.com.

1 dari 3 halaman

Mengatasi Jerawat dan Menyamarkan Noda Hitam

Ilustrasi Wajah Bebas Jerawat dan Noda Hitam© Foto. freepik

Mengatasi Jerawat

Khasiat temulawak untuk wajah yang pertama adalah bisa mengatasi jerawat. Bagi kamu yang mengalami masalah jerawat di wajah dan belum kunjung mereda, maka bisa mencoba menggunakan temulawak.

Jerawat sendiri bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri yang dipicu oleh berbagai faktor. Misalnya saja seperti polusi, hormon, sampai kebiasaan yang tidak baik dalam merawat wajah.

Untuk mendapatkan manfaat dari temulawak, kamu bisa menjadikannya sebagai masker. Hal ini karena temulawak memiliki efek anti inflamasi yang ampuh dalam meredakan jerawat dan membuat jerawatmu cepat kering.

Menyamarkan Noda Hitam

Khasiat temulawak yang tidak kalah hebat adalah mampu menyamarkan noda hitam. Keberadaan noda hitam di wajah bisa terjadi diakibatkan oleh paparan sinar matahari serta radikal bebas. Selain itu juga bisa karena tanda-tanda penuaan dan bekas jerawat.

Jika noda hitam ini hanya kamu biarkan saja, maka kondisinya akan semakin serius dan sulit untuk kamu tutupi. Supaya noda hitam tidak semakin parah, maka kamu bisa memanfaatkan temulawak untuk menyamarkannya. Cukup dijadikan sebagai masker dan kamu gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

2 dari 3 halaman

Meremajakan Kulit Wajah dan Mencerahkan Kulit Wajah

Ilustrasi Wajah Awet Muda© Foto. freepik

Meremajakan Kulit Wajah

Munculnya tanda-tanda penuaan bisa menimbulkan kekhawatiran. Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan temulawak. Khasiat temulawak selain bisa mencegah tanda-tanda penuaan, juga mampu untuk meremajakan kulit wajah.

Dengan merawat wajah menggunakan temulawak, hal ini akan memberikan nutrisi untuk kulit sehingga bisa lebih sehat. Dengan kulit yang sehat, maka wajahmu akan tampak fresh dan terlihat lebih muda.

Mencerahkan Kulit Wajah

Khasiat temulawak berikutnya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Hal ini karena temulawak mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Karena jika sampai sel kulit mati menumpuk, maka bisa membuat kulit terlihat kusam dan menurunkan penampilanmu.

Demi mendapatkan kulit wajah yang cerah, eksfoliasi secara rutin bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengangkat sel kulit mati tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan temulawak yang dijadikan untuk eksfoliasi dan lihatlah kemajuan wajahmu yang akan semakin cerah. Dengan begitu, kamu pun bisa tampil lebih percaya diri.

 

3 dari 3 halaman

Melembabkan Kulit dan Menghaluskan Kulit Wajah

Ilustrasi Kulit Wajah Lembap© Foto. freepik

Melembapkan Kulit

Khasiat temulawak juga bisa kamu andalkan untuk melembapkan kulit. Kulit yang lembap adalah tanda kulit yang sehat dan pastinya kondisi ini banyak diinginkan oleh setiap orang. Kulit yang kering bisa terjadi karena paparan sinar matahari yang kemudian membuat kulit wajahmu menjadi kering.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan kulit wajah lembap, maka bisa mengaplikasikan masker temulawak secara rutin. Cara membuatnya pun cukup simpel, yakni dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun serta tambahan kuning telur. Jika semuanya sudah tercampur, kamu bisa mengoleskan ke wajah secara merata.

Menghaluskan Kulit Wajah

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit wajah yang halus, karena hal inilah yang bisa menyempurnakan penampilan mereka. Untuk mendapatkan kulit yang halus, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah dengan memanfaatkan temulawak.

Di mana nantinya kamu dapat membuat masker dari temulawak yang diaplikasikan ke wajah demi mendapatkan kulit yang halus. Jika kulit wajahmu halus, maka kamu akan semakin mudah untuk menggunakan makeup dan penampilanmu pun tampak sempurna.

Bagi Sahabat Dream yang tidak ingin melewatkan kesemua khasiat temulawak untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit wajah, maka muli rajinlah menggunakannya. Kemudian lihatlah kemajuan yang terjadi pada wajahmu.

 

 

Beri Komentar