Jerawatan Saat Traveling? Intip Cara Mengatasinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 26 Agustus 2019 11:46
Jerawatan Saat Traveling? Intip Cara Mengatasinya
Simak cara traveler cantik satu ini.

Dream - Jerawat bisa muncul karena berbagai hal. Tidak hanya makanan atau terpapar polusi, jerawat juga bisa muncul akibat perubahan kondisi lingkungan.

Seperti yang dialami Travel dan Beauty Blogger Shindy Ursula. Memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat membuatnya sangat hati-hati dalam memakai skincare ketika traveling.

" Setiap traveling, aku tetap bawa skincare. Yang penting, aku cleansing dan pakai sunscreen. Kalau mukaku kurang bersih atau nggak pakai sunscreen, biasanya langsung jerawatan dan kusam," ungkapnya di Menara Duta, Jakarta Selatan, Jumat, 23 Agustus 2019.

 Shindy Ursula

Blogger yang menyukai wisata alam ini selalu memakai sunscreen berukuran travel size agar mudah dibawa kemanapun. " Mukaku mudah beruntusan dan jadi kusam, makanya selalu bawa sunscreen" .

Ia pun cukup hati-hati dalam memilih sunscreen yang tepat untuk kulitnya. " Aku pilih sunscreen yang teksturnya gel, nggak lengket, mudah menyerap dan ngga banyak fragrancenya. Jadi yang masih natural aja," tutupnya.

1 dari 5 halaman

5 Rutinitas yang Bisa Cegah Jerawat

Dream - Menurut pakar kecantikanjerawat disebabkan karena berbagai faktor seperti kondisi kulit yang memproduksi terlalu banyak minyak.

Penyebab lainnya, produksi minyak yang terlalu banyak itu juga menyumbat pori-pori. Bisa juga disebabkan penumpukan sel kulit mati, maupun sisa kotoran pada wajah.

  Ilustrasi Hijab Cantik

Untuk mencegah timbulnya jerawat, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jerawat: 

 

  1 dari 5 hala

2 dari 5 halaman

1. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Gunakan pembersih wajah berbahan dasar ringan dan air hangat dua kali sehari. Hindari mencuci muka terlalu sering agar kulit mengering dan membuat jerawatsemakin meradang.

  shutterstock

2. Membersihkan Hal yang Kerap Menyentuh Wajah

Pastikan kamu membersihkan permukaan yang bersentuhan dengan wajah secara teratur, seperti bantal, jendela, kuas makeup dan layar ponsel.

3 dari 5 halaman

3. Menghindari Pemakaian Scrub dan Spons

Jika kulitmu rentan berjerawat, hindari scrub maupun spons karena hanya akan memperparah kondisinya.

4. Pastikan Rambutmu Bersih

Cuci rambut secara teratur untuk membersihkan sisa minyaknya. Pastikan juga produk-produk seperti hair gel atau hair spray, tidak bersentuhan langsung dengan wajah agar tidak menimbulkan karena jerawat.

  shutterstock

5. Memakai Sunscreen yang Tidak Mengandung Minyak

Penting untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Namun, pastikan untuk memilih tabir surya yang bebas minyak. Karena minyak yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan jerawat. (ism, sumber: Times of India.)

4 dari 5 halaman

Makanan Minang Ini Jauhkan dari Jerawat Selama Cuaca Panas

Dream - Cuaca panas di musim kemarau dapat memengaruhi kulit. Kelembaban memperburuk produksi sebum, menyebabkan jerawat, pori-pori tersumbat dan komedo.

Lebih buruk lagi, keringat berlebihan membuat pori-pori terbuka lebar, menyebabkan lebih banyak jerawat.

Untuk mengatasinya, Sahabat Dream sebaiknya rajin membersihkan kulit dan melakukan pengelupasan kulit atau Eksfoliasi.

Namun, ada hal lain yang juga perlu menjadi perhatian untuk menjaga kulit, yaitu makanan yang dikonsumsi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari jerawat di cuaca panas. Berikut di antaranya: 

5 dari 5 halaman

Bebas Jerawat di Cuaca Panas

Agar bebas jerawat, kamu sebaiknya menjauhi makanan atau camilan yang rasanya pedas dan digoreng.

   Ilustrasi Hijab cantik

Selain itu, satu makanan yang perlu masuk dalam diet kamu adalah dadih. Nama lain yoghurt khas Minangkabau ini terbuat dari fermentasi susu kerbau.

Dadih atau dadiah ini merupakan makanan probiotik yang sangat baik di cuaca panas. Khasiatnya dapat menjauhkan kulit dari jerawat.

Bakteri Sehat

Selain minum banyak air, asupan dadih setiap hari dapat menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

   Ilustrasi hijab cantik

Makanan ini kaya akan seng dan sifat anti-inflamasi. Bakteri yang sehat dalam dadih akan membantu menjaga usus lebih kuat dengan mengurangi peradangan dan kembung.

Karena sebagian jerawat juga disebabkan oleh masalah pencernaan. Maka mengonsumsi dadih sangat dianjurkan.

Apalagi, di cuaca panas, tubuh akan menghasilkan lebih banyak panas yang menyebabkan wajah mudah berjerawat. (ism, sumber: Times of India)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara