Ketahui Cara Tepat Mengatasi Kuku Kehitaman Setelah Terjepit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 1 Agustus 2022 13:02
Ketahui Cara Tepat Mengatasi Kuku Kehitaman Setelah Terjepit
Jangan sampai kukumu mengalami pendarahan cukup lama agar rasa sakit cepat mereda.

Dream - Sebagian orang mungkin pernah mengalami perubahan warna kuku menjadi kehitaman. Biasanya, hal tersebut diakibatkan kuku terjepit atau tertekan dengan tekanan cukup kuat.

Kuku Kebiruan atau Kehitaman© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain berubah warna kehitaman, kukumu juga akan terasa sakit akibat terkumpulnya darah yang terjebak di bawah kuku. Ketika mengalami hal tersebut, Dokter Kulit, Arthur Simon melalui akun Instagramnya menyarankan untuk segera kompres air dingin untuk menghentikan pendarahan serta meredakan bengkak.

Lalu, angkat tangan atau kaki yang terjepit atau tertekan hingga posisinya lebih tinggi untuk membantu melancarkan peredaran darah. Jika nyerinya belum hilang dan sulit ditahan, konsumsi obat anti nyeri.

1 dari 2 halaman

Ketahui Kapan Harus ke Dokter

Kuku Kebiruan atau Kehitaman© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tapi jika kukumu membiru atau menghitam lebih dari seperempat kuku, bentuk jari berubah, mengalami patah tulang, atau terdapat tanda infeksi, seperti bernanah serta terasa panas di sekitar kuku, segera berkonsultasi ke dokter.

" Biasanya kalau kamu mengalami yang kaya gini, kukunya akan copot pada waktunya dan yang baru akan tumbuh dalam 2-6 bulan. Tapi bentuknya mungkin ga akan sempurna seperti sebelumnya," jelas Arthur.

Beberapa orang mengatasi hal tersebut dengan menusukkan jarum steril yang telah dipanaskan pada kuku agar penumpukkan darah bisa keluar atau mengalir kembali. Hal tersebut diakui dapat membantu hal tersebut. Namun, kamu harus memastikan jarumnya benar-benar steril dan tidak menyebabkan infeksi pada kuku atau jari.

Beri Komentar