Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Kulit Sensitif dan Dehidrasi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 3 Oktober 2022 12:45
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Kulit Sensitif dan Dehidrasi
Tidak hanya buahnya, daun pir juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Dream - Berbeda dari jenis buah lainnya, pir jarang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Kandungan dan manfaat buah pir juga jarang diungkapkan. Padahal, pir sangat menyegarkan dan mengandung serat. Maka dari itu, pir sangat cocok dikonsumsi di musim panas.

Selain menyegarkan, ternyata pir juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Wild Pear asal Korea Selatan bisa menjadi sumber hyaluronic acid yang berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit. Tentunya, hal ini juga disebabkan kadar airnya yang tinggi.

Wild Pear© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Luteolin dalam wild pear juga mampu memberikan efek dingin dan menenangkan. Sehingga ketika terkandung ke dalam skincare, kandungan tersebut dapat mengurangi efek iritasi dan memperkuat sawar kulit atau skin barrier.

1 dari 4 halaman

Cocok untuk Kulit Sensitif dan Dehidrasi

Rangkaian Pir dari I'm From© Sociolla

Foto: Sociolla

Manfaat buah pir pada skincare sangat cocok untuk kondisi kulit sensitif. Apalagi, jika kulitmu sering iritasi, memerah, atau perih. Kulit dehidrasi juga bisa diatasi dengan pemakaian skincare yang mampu melembapkan. Sehingga, kulitmu akan lebih sehat, lembap, dan kuat dengan menggunakan skincare yang mengandung pir.

Selain itu, pir mampu menyeimbangkan pH kulit. Daun pir juga memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dari buahnya. Kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung daun pir untuk menenangkan kulit, mengatasi iriatsi, serta memperkuat sawar kulitmu.

Jika ingin menggunakan skincare yang mengandung buah dan daun pir, kamu bisa mencoba Pear Soothing Pad dan Pear Serum dari I'm From. Produk yang telah tersertifikasi vegan dan memiliki kemasan dapat didaur ulang ini telah tersedia di Sociolla.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bibir Lembap dan Merah Muda dengan Buah Bit

Dream - Bibir yang pucat, kering, dan pecah-pecah, bisa membuat kurang percaya diri. Untuk membuat bibir lebih lembab dan merah muda, kita bisa mencoba kosmetik, mulai dari lip balm, tints, lip scrub, dan masih banyak lagi.

Tapi, produk kaya bahan kimia hanya akan menunjukkan hasil sementara saja. Bahkan juga dapat memengaruhi kesehatan bibir ketika digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Namun tenang saja, kita bisa mengatasi bibir kering, pucat, dan pecah-pecah, dengan bahan alami, salah satunya menggunakan buah bit.

Manfaat Buah Bit© Pixabay

Bit telah ditemukan sebagai pengobatan alami terbaik untuk mendapatkan bibir lembut dan merah muda tanpa harus menghabiskan ratusan dan ribuan. Bit juga dikenal mampu memberikan warna pink alami pada bibir.

Intip yuk cara membuat perawatan bibir berbahan dasar bit yang bisa membuat bibir lebih lembut dan merah muda.

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan :

Memakai Lip Mask© Shutterstock

  • Minyak kelapa
  • Wadah kecil
  • Bit berukuran sedang
  • Pengolah makanan
  • Saringan 

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat:

  1. Cuci bit dengan benar menggunakan air. Kupas lapisan luar bit. Potong bit menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Masukkan ke dalam food processor. Giling bitsepenuhnya sampai melihat residu berair.
  3. Jangan menambahkan air ke bit, ini hanya akan membuat warna yang cerah menjadi encer.
  4. Saring sari buah bit yang sudah diparut. Pastikan tidak ada potongan bit parut yang lolos saringan.
  5. Untuk penggunaan di masa mendatang, simpan konten dalam wadah yang rapat.
  6. Anda dapat menggunakan kotak/botol lip balm bekas untuk menyimpan isinya.
  7. Pastikan membersihkan dan mensterilkan toples atau wadah yang akan digunakan untuk menyimpan isinya. Sterilkan wadah dengan alkohol gosok.
  8. Tambahkan sekitar satu sendok teh minyak kelapa. Jika menggunakan lebih sedikit minyak kelapa, maka lip tint akan menjadi kering saat dioleskan di bibir.
  9. Penggunaan minyak kelapa juga bisa diganti dengan penggunaan beeswax atau madu. Ini juga berfungsi sebagai pelembab bibir.
  10. Selanjutnya, dinginkan.
  11. Untuk membuat scrub bibir dari campuran bit yang disiapkan, Sahabat Dream dapat menambahkan gula pasir ke dalam campuran. Ini menjadi scrub bibir.
Beri Komentar