Membersihkan Wajah Terlalu Sering Malah Sebabkan Jerawat, Ini Penjelasannya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 30 Juni 2022 19:12
Membersihkan Wajah Terlalu Sering Malah Sebabkan Jerawat, Ini Penjelasannya
Tidak hanya jerawat, membersihkan wajah terlalu sering bisa sebabkan berbagai masalah lainnya.

Dream - Rutinitas perawatan kulit yang paling penting dilakukan adalah membersihkan wajah. Pemakaian skincare lainnya tidak akan efektif atau justru menyebabkan masalah kulit jika kamu belum menggunakan facial wash.

Sebagian orang malas membersihkan wajah karena harus melakukan double cleansing dengan micellar water atau cleansing balm maupun oil serta facial wash.

Membersihkan Wajah© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Hal tersebut sangat diperlukan untuk membersihkan makeup untuk memastikan tidak terdapat sisa produk pada wajah setelah menggunakan facial wash. Ada juga yang berpendapat bahwa double cleansing juga wajib dilakukan setelah menggunakan tabir surya berformula waterproof.

Tapi, sumber lainnya menyatakan pembersih wajah biasa sudah cukup untuk mengangkat sisa tabir surya dengan beragam formula. Jadi, kamu tidak perlu melakukannya kecuali sedang memakai makeup.

1 dari 4 halaman

Dampak Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Walau sangat penting dilakukan, menurut Dokter Kulit Hari Darmawan, terlalu sering membersihkan wajah juga menyebabkan berbagai masalah kulit. Apalagi, jika kamu juga melakukan double cleansing. Berikut dampak yang bisa dialami akibat membersihkan wajah lebih dari 2 kali sehari di pagi dan malam hari.

1. Menyebabkan Kulit Kering

Memiliki Kulit Kering© Shutterstock

Foto: Shutterstock

" Terlalu sering cuci muka menyebabkan kulit wajah seakan tertarik. Ini merupakan tanda bahwa lipid barrier pada lapisan kulit telah mengalami kerusakan akibat terlalu sering mencuci wajah dengan sabun yang tidak sesuai," jelasnya di salah satu unggahan.

Memakai facial wash yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit pun bisa menyebabkan hal serupa apabila digunakan lebih dari 2 atau 3 kali sehari. Apalagi, jika kulitmu kering atau sensitif.

Jadi, gunakan facial wash secukupnya dan pastikan produk tersebut mampu mempertahankan hidrasi serta minyak alami kulit. " Kulit wajah yang sehat ialah yang masih memiliki lapisan minyak dengan kadar hidrasi dan sebum yang seimbang" .

2 dari 4 halaman

2. Mengganggu pH Kulit

Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain minyak alami atau sebum, pH kulit juga jadi hal yang harus dijaga agar tetap seimbang. Kulit yang sehat memiliki pH antara 4,2 -5,5. Begitu pula dengan kulit kepala.

Tingkat keasaman kulit berfungsi untuk menjaganya agar tetap lembap dan terhindar dari bakteri maupun virus. Membersihkan wajah terlalu sering bisa mengganggu keseimbangan pH kulit. Jadi, wajahmu bisa terasa lebih kering dan mudah mengalami berbagai masalah seperti munculnya komedo, jerawat, maupun beruntusan.

3 dari 4 halaman

3. Mengiritasi Kulit

Mengalami Iritasi Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sabun dengan kandungan tertentu mampu menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu sering. Kulitmu tidak hanya akan teriritasi, tapi juga bisa kering, kemerahan, dan bersisik. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan skincare dan pakailah secukupnya agar tetap aman serta efektif.

Beri Komentar