Mengenal Microbiome, Bakteri Baik Agar Kulit Awet Muda

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 1 November 2019 09:20
Mengenal Microbiome, Bakteri Baik Agar Kulit Awet Muda
Sama halnya seperti tubuh, kulit wajah terdiri dari ekosistem mikroorganisme yang membentuk bagian integral pada kulit.

Dream - Istilah kolagen dan elastin kerap ditemukan di rangkaian skincare anti aging. Keduanya berperan penting dalam regenerasi sel kulit. Namun ternyata, masih ada komponen yang tak kalah penting pada kulit.

Sama halnya seperti tubuh, kulit wajah terdiri dari ekosistem mikroorganisme yang membentuk bagian integral pada kulit. Ekosistem itu disebut dengan microbiome, kumpulan bakteri baik yang menjaga kekuatan kulit.

 Lancome

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Microbiome akan menurun seiring pertambahan usia. Ditambah lagi dengan faktor eksternal seperti gaya hidup, polusi dan sinar matahari.

" Kegiatan mencuci muka saja sudah bisa mengurangi microbiome. Padahal jumlah microbiome harus seimbang untuk mempertahankan kekuatan, kesehatan dan tampilan cantik pada kulit," ujar Vivi Artiningsih, Field Trainer Lancome di acara Afternoon Beauty Soiree, Jakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

1 dari 2 halaman

Rentan Penuaan Dini

Microbiome yang seimbang akan memperkuat sistem pertahanan kulit dengan melepaskan protein antioksidan, meningkatkan kohesi sel epidermis dan mengatur reaksi inflamasi yang berlebih.

 LancomeLancome © Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Jika tidak bekerja dengan baik, kulit wajah akan rentan terhadap masalah penuaan dini seperti keriput, garis halus, flek hitam hingga masalah umum berupa jerawat dan komedo.

2 dari 2 halaman

Cara Merawat Microbiome

Sahabat Dream dapat menjaga microbiome kulit dengan memakai skincare yang memiliki kandungan probiotik dan prebiotik. Keduanya merupaman makanan bagi bakteri sehat pembentuk microbiome.

 LancomeLancome © Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

" Lancome New Advanced Genifique serum mengandung jutaan unsur probiotik dan probiotik dalam setiap tetesnya yang berguna bagi microbiome," kata Vivi.

Pakailah serum di pagi hari sebelum beraktivitas dan di malam hari sebelum tidur. Serum juga dapat diaplikasikan di atas makeup tanpa merusaknya. Sempurnakan dengan Lancome Absolute Sofcream sebagai krim moisturizer.(Sah)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak