Penting! 10 Tips untuk Pengguna Lensa Kontak

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 16 Maret 2020 15:15
Penting! 10 Tips untuk Pengguna Lensa Kontak
Apa saja kah?

Dream - Lensa kontak bisa jadi salah satu alternatif untuk Sahabat Dream yang tidak ingin menggunakan kacamata terlalu sering.

Dengan kepraktisan yang didapatkan, tak sedikit perempuan beralih menggunakan kontak lensa dibandingkan kaca mata.

 ilustrasi kaca mata & Softlens© shutterstock

Meski demikian, ternyata kita harus tetap berhati-hati saat menggunakannya. Terlebih, buat kamu yang selalu menggunakan riasan wajah.

Agar kontak lensa yang kita gunakan tidak kotor karena makeup, ini dia tips untuk pengguna softlensa khususnya yang menggunakan rias wajah:

1 dari 4 halaman

1. Cuci Tangan

Ketika menggunakan kontak lensa kita harus memastikan dulu tangan bersih atau tidak.

Kalau tangan kita masih berdebu tentu akan membuat kontak lensa kotor dan mata menjadi iritasi. Jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan lensa.

 ilustrasi cuci tangan © shutterstock

2. Menggunakan Kontak lensa Sebelum Makeup

Ketika menggunakan kontak lensa sebaiknya dilakukan di awal sebelum memulai makeup karena dikhawatirkan dapat membuat mata menjadi iritasi.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan Produk yang Tidak Mengandung Minyak

Ketika menggunakan produk yang mengandung minyak, hal ini dapat menggangu penglihatan secara jelas.

4. Jangan Menggunakan Produk Apapun di Waterline

Ketika ingin mata terlihat bagus lewat riasan waterline di area mata, sebaiknya jangan menggunakan soft lense karena bisa menyebabkan mata menjadi lebih kering.

5. Jangan Kasar Ketika Menggunakan Eyeshadow

Ketika menggunakan eyeshadow kadang kita tidak sadar menggunakannya dengan kasar. Jangan terlalu menekan bola mata dengan kasar ketika menggunakan eyeshadow karena itu tidak baik untuk kontak lensa.

 

 ilustrasi eyeshadow© shutterstock

3 dari 4 halaman

6. Memilih Eyeshadow Krim

Pilihlah eyeshadow krim ketika sedang menggunakan kontak lensa. Eyeshadow krim tidak terlalu berpotensi untuk membuat mata iritasi.

7. Pilih Mascara WaterProof

Mascara yang menempel di bulu mata dikhawatirkan dapat menganggu kontak lensa jika luntur. Makanya, Sahabat Dream bisa gunakan maskara waterproof jika sedang menggunakan kontak lensa.

 Ilustrasi maskara© shutterstock

 

4 dari 4 halaman

8. Membuang Sisa Produk Bedak

Serbuk kecil pada bedak dapat mengganggu kontak lensa. Sebaiknya buang terlebih dahulu sisa produknya baru digunakan ke mata.

9. Bersihkan Kontak Lensa Setiap Hari

Jika kamu pengguna lensa rutin bersihkanlah lensa kontak setiap hari agar selama menggunakannya tetap terasa nyaman dan tidak mengganggu.

 ilustrasi kontak lensa© shutterstock

10. Bersihkan Makeup Mata dengan Sempurna

Bersihkanlah area mata secara menyeluruh ketika habis menggunakan kontak lensa. Karena residu kotoran yang tertinggal di mata dapat membuat mata menjadi tidak nyaman.

Laporan: Shania Suha Marwan

Beri Komentar