Perawatan Kulit di Usia 20-an untuk Melawan Tanda Penuaan

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 5 Mei 2020 19:45
Perawatan Kulit di Usia 20-an untuk Melawan Tanda Penuaan
Begini caranya.

Dream - Di usia yang semakin bertambah, siapa yang tak ingin terlihat masih muda? Dengan merawat wajah sedari dini, kamu bisa menghambat penuaan di usia nanti.

Kamu yang tidak merawat kulit secepat mungkin, tanda-tanda penuaan kulit pun tak sungkan mampir ke wajah Sahabat Dream.

Tanda-tanda penuaan itu seperti garis-garis halus, keriput, dan kulit kendur yang bisa dijumpai saat di usia 20an. Dilansir dari Boldsky, kamu bisa melakukan hal ini untuk menghindari kulit dari tanda penuaan.

 Ilustrasi hijaber© Shutterstock

1.Kenali Jenis Kulit

Langkah pertama untuk meningkatkan rutinitas perawatan kulit kamu adalah mengetahui apa jenis kulit yang kamu miliki, apakah berminyak, kering, normal, sensitif, atau kombinasi.

Jenis kulit tidak hanya memengaruhi cara kamu menangani kulit, tetapi juga produk perawatan kulit apa yang perlu dimiliki atau hindari. Sebab hal itu membuat kamu lebih siap untuk menangani perubahan di kulit.

1 dari 5 halaman

2. Lakukan Cleansing-Toning-Moisturizing Secara Rutin

Rutin melakukan CTM (Cleansing, Toning, Moisturizing) adalah tiga langkah penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan bahkan jika mengikuti rutinitas perawatan kulit dasar.

Rutin melakukan CTM menjaga kulit tetap segar dan muda, dan membantu menunda tanda-tanda penuaan kulit.

 ilustrasi bersihkan wajah© Shutterstock

3. Melakukan Eksfoliasi

Sel-sel kulit mati, minyak yang diproduksi kulit kita, dan kotoran yang berkontak dengan kulit kita setiap hari akan menyumbat pori-pori kulit dan meningkatkan degenerasi kulit. Ini menjadi jelas saat kamu memasuki usia 30-an.

Eksfoliasi adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini karena dapat menghilangkan semua kotoran yang menumpuk di pori-pori dan menyegarkan kulit. Lakukan eksfoliasi kulit 1-2 kali seminggu.

2 dari 5 halaman

4. Mengenal Serum

Serum adalah formula yang paling terkonsentrasi. Serum akan menembus jauh ke dalam kulit dan secara efisien menyelesaikan masalah kulit, yang sebagian besar adalah penuaan kulit, yaitu garis-garis halus dan kerutan.

Serum juga membuat pelembab kamu jauh lebih efektif. Jadikan serum sebagai rutinitas perawatan kulit di usia 20an.

Saat menggunakan serum, tunggu sampai benar-benar terserap ke dalam kulit sebelum menggunakan skin care selanjutnya.

 Ilustrasi serum© Shutterstock

5. Jadikan Perawatan Kulit Lebih Sederhana

Semakin tua usia kita, semakin sedikit kerusakan yang bisa diatasi kulit kita. Membombardir kulit dengan produk yang akan merusaknya dalam jangka panjang tidak membantu.

Dan jika kamu ingin mengubah rutinitas perawatan kulit, lakukan perlahan. Jangan mengubah seluruh rutinitas sekaligus.

3 dari 5 halaman

6. Tidur dengan Wajah Bersih dan Lembab

Sangat dianjurkan untuk menghapus makeup sebelum tidur. Semakin lama makeup berada di wajah, semakin besar kemungkinan pori-pori tersumbat.

Jadi, setiap malam sebelum tidur, ikuti rutinitas perawatan kulit malam hari dan tidur dengan wajah yang bersih dan lembab.

(Sah, Laporan: Cindy Azari)

4 dari 5 halaman

Tips Mencegah Masalah Kulit Selama Physical Distancing

Dream - Berada di dalam rumah membuat kulitmu bebas dari paparan debu dan polusi yang kerap ditemui saat beraktivitas di luar ruangan.

Namun, bukan berarti kulitmu bebas dari masalah serta dapat mengabaikan perawatannya. Kamu tetap harus merawat kulit agar bebas dari masalah.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut tips Celebrity Aesthetician, Renee Rouleau dalam merawat kulit selama physical distancing.

  Menyentuh Wajah© Shutterstock.com

Hal pertama yang disarankan Rouleau adalah tidak menyentuh wajah. Terutama, ketika memakai hand cream karena bakteri lebih aktif saat kulit lembap.

Aesthetician yang biasa menangani Demi Lovato dan Lili Reinhart ini mengungkapkan, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kberuntusan, jerawat serta noda pada wajah.

5 dari 5 halaman

Melakukan Perawatan Kulit Secara Rutin


  Merawat Kulit© Shutterstock.com

Tidak merawat kulit saat di rumah data menyebabkan timbulnya komedo. Jadi, pastikan kamu tetap membersihkan, mengeksfoliasi serta menjaga kelembapan wajah.

Memakai Tabir Surya

  Memakai Tabir Surya© Pexels.com

Meskipun tidak beraktivitas di luar rumah, kulitmu tetap terpapar sinar yang berasal dari layar gawai, yaitu blue light. Blue light sangat berbahaya untuk kulit, sehingga gunakanlah tabir surya minimal SPF 15.

Tidur yang Cukup

  Tidur Cukup© Shutterstock.com

Tubuh dan kulitmu mengalami regenerasi sel ketika tidur di malam hari. Sehingga, sangat penting untuk tidur 7-8 sehari. Kamu pun akan terbebas dari lingkaran hitam, mata panda serta masalar kulit lainnya.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar