Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perempuan Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Kemangi bagi Kecantikan

Perempuan Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Kemangi bagi Kecantikan Tampil Cantik Dengan Mengonsumsi Kemangi (Foto Ilustrasi: Freepik.com)

Dream – Manfaat daun kemangi banyak digunakan orang sebagai lalapan. Aroma daunnya yang khas akan sangat cocok sekali untuk kamu konsumsi bersama beberapa jenis makanan. Misalnya saja pecel lele, ikan bakar, ayam goreng, dan sebagainya. Bahkan karena aromanya yang wangi itulah, daun ini bisa memberikan efek segar.

Walaupun banyak yang menjual daun kemangi, namun banyak juga dari masyarakat yang menanamnya sendiri. Di mana pohonnya yang tidak terlalu tinggi, tanaman ini cocok sekali untuk mengisi halaman rumahmu dan dijadikan sebagai tanaman pagar.

Selama ini daun kemangi dikenal orang untuk menghilangkan bau badan, terutama pada kaum perempuan. Namun, tahukah kamu bahwa daun kemangi ini mampu untuk mendukung kecantikanmu. Hal tersebut karena kandungan yang dimiliki oleh daun kemangi berupa vitamin, protein, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Agar kamu lebih tahu apa saja manfaat daun kemangi untuk kecantikan, berikut sebagaimana dilansir melalui Bola.com.

Anti Penuaan dan Membuat Kulit Bercahaya

Ilustrasi Kulit Bercahaya

Anti Penuaan

Manfaat daun kemangi yang pertama untuk kecantikan adalah sebagai anti penuaan. Hal ini tidak terlepas dari kandungannya yang berupa antioksidan. Di mana antioksidan bisa kamu andalkan untuk melawan serangan radikal bebas yang sangat membahayakan kulitmu.

Serangan radikal bebas inilah yang bisa membuat kamu mengalami penuaan. Daun ini efektif untuk mengurangi efek dari radikal bebas tersebut.

Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat daun kemangi lainnya adalah bisa membuat kulit lebih bercahaya. Untuk menggunakannya, kamu bisa terlebih dahulu membuat kemangi menjadi masker wajah. Kemudian aplikasikan daun kemangi tersebut di bagian wajah sampai ke leher. Jika hal ini rutin kamu lakukan, maka kamu bisa memiliki kulit yang sehat dan bercahaya.

Menyamarkan Bekas Luka dan Menghilangkan Noda

Ilustrasi Luka

Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat daun kemangi juga bisa menyamarkan bekas luka. Bagi kamu yang mengalami luka di bagian tubuh, maka daun kemangi bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan bekasnya. Cara menggunakannya sangat mudah, di mana kamu hanya perlu menghaluskan daun kemangi yang diberi satu sendok air lemon dan madu. Lalu aduk sampai rata dan aplikasikan ke bagian yang terluka.

Menghilangkan Noda

Noda yang ada di wajah memang sangat mengganggu penampilan. Tapi kamu tidak khawatir karena masalah tersebut bisa kamu atasi dengan mudah dan pastinya aman, yakni menggunakan daun kemangi. Manfaat daun kemangi dipercaya bisa menghilangkan noda di wajah.

Hal ini karena adanya kandungan berupa antioksidan yang ampuh dalam menyamarkan noda. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menghaluskan kemangi yang dicampur dengan satu sendok bubuk cendana. Kemudian oleskan sampai rata di wajah dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit dan cuci dengan air bersih.

Mengatasi Jerawat dan Mencegah Kanker Kulit

Ilustrasi Mengalami Jerawat

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun kemangi berikutnya adalah bisa mengatasi jerawat. Di mana jerawat adalah musuh terbesar bagi sebagian besar manusia, terutama kaum perempuan. Karena keberadaannya bisa menurunkan penampilanmu. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa mengonsumsi daun kemangi yang memiliki kandungan anti bakteri. Kandungan inilah yang mampu untuk menghambat bakteri dan menjadi pemicu munculnya jerawat.

Mencegah Kanker Kulit

Manfaat daun kemangi yang tak kalah istimewa adalah mampu mencegah dari kanker kulit. Hal ini karena di dalam kemangi terkandung citral, limonene, serta vitamin K dalam kadar yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi daun kemangi, kamu pun akan terhindar dari kanker kulit yang berbahaya.

Mencegah Kerontokan Rambut dan Mencegah Tumbuhnya Uban

Ilustrasi Rambut Rontok

Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut yang rontok secara terus-menerus tidak akan baik dan bisa membuat kepalamu lama-kelamaan menjadi botak. Untuk mencegahnya, kamu bisa memanfaatkan daun kemangi. Daun kemangi bisa mengurangi rasa gatal di bagian kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah di daerah kepala.

Mencegah Tumbuhnya Uban

Untuk mencegah munculnya uban, kamu bisa menggunakan cara alami dengan menggunakan daun kemangi. Caranya adalah dengan mencampurkan daun kemangi, bubuk amla, serta minyak kelapa. Lali bahan-bahan yang sudah kamu racik tersebut harus direndam selama semalan terlebih dahulu. Pakailah minyak kelapa di dalamnya dan cuci rambut kamu dengan menggunakan campuran yang sudah kamu buat tersebut.

Meredakan Penyakit Kulit dan Menyehatkan Kulit

Ilustrasi Kulit Sehat

Meredakan Penyakit Kulit

Bagi kamu yang mengalami penyakit kulit, maka bisa dikurangi dengan menggunakan daun kemangi. Apalagi daun kemangi sudah dijadikan obat alami sejak dulu untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit.

Kandungan berupa anti mikroba dan anti bakteri di dalam kemangilah yang akan mengatasi masalah kulitmu. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu untuk menumbuk kemangi sampai halus dan mengaplikasikannya pada kulitmu yang bermasalah. Lalu diamkan sekitar 30 menit dan cuci sampai bersih.

Menyehatkan Kulit

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah bisa menyehatkan kulit. Tahukah kamu bahwa daun kemangi ini memiliki kandungan vitamin C? Dari kandungan inilah yang memiliki peran penting untuk mendukung kesehatan kulitmu. Vitamin C juga akan memberikan perlindungan pada kulitmu dari paparan sinar UV yang bisa membahayakan kulit.

Itulah 10 manfaat daun kemangi untuk kecantikan. Bagi sahabat Dream yang tertarik untuk merasakan kesemua manfaat tersebut, mulai sekarang rajin-rajinlah mengonsumsi daun kemangi sebagai teman makanmu.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran

5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran

Jangan biarkan lengan bergelambir dan membuatmu kurang percaya diri. Hempas lemak di lengan dengan 5 saran dari ahli.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

Berikut ini beberapa daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah yang sering dijadikan bahan jamu.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Inilah beberapa manfaat minum air rebusan ketumbar bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Tips Praktis Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Gurih

Tips Praktis Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Gurih

Keripik pisang, camilan manis yang gurih dan renyah. Yuk, ikuti beberapa tips simpel yang akan membuat hasilnya sempurna!

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

Dream - Tebak-tebakan gambar yuk Sahabat Dream. Ikuti petunjuk gambar untuk bisa menebak nama makanan. Berapa yang bisa kamu jawab?

Baca Selengkapnya