Prosedur Kecantikan yang Sebaiknya Dihindari, Cari Tahu Alasannya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 29 Agustus 2019 19:45
Prosedur Kecantikan yang Sebaiknya Dihindari, Cari Tahu Alasannya
Jangan sampai malah merusak kulit.

Dream - Mungkin Sahabat Dream sudah rutin menggunakan skincare di pagi dan malam. Termasuk melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk membuat kulit tetap sehat, bersinar, serta memperlambat penuaan.

Perawatan kulit memang sangat dibutuhkan, tapi penting untuk mengkonsultasikannya ke dokter khusus. Bukan hanya demi perawatan lebih efektif, tapi jug efek kesehatan kulit jangka panjang.

Beberapa perawatan populer rupanya tak terlalu disarankan. Ben Johnson, seorang medical physician, mengungkap tiga prosedur perawatan yag justru sebaiknya dihindari, serta alasannya.

Penasaran? 

1 dari 7 halaman

1. Suntikan antipenuaan

Perawatan ini kerap dilakukan oleh para wanita untuk mencegah munculnya keriput dan garis halus. Oleh banyak kalangan dianggap prosedur yang normal, tapi ternyata memiliki efek negatif.

 Risiko memancungkan hidung dengan filler

" Melambatnya penuaan ini disebabkan oleh ketebalan dan kekuatan otot menghilang secara permanen. Salah satu tantangan terbesar bagi penuaan adalah menghilangnya volume yang mengencangkan kulit. Hilangnya lemak dan otot mempercepat hancurnya kolagen," kata Johnson.

2 dari 7 halaman

2. Laser

Johnson juga tidak merekomendasikan untuk melakukan perawatan kulit seperti laser rejuvenation. Melakukan perawatan seperti laser sebenarnya meningkatkan tingkat penuaan kulit.

 Laser Picoway: Perawatan Kecantikan Terbaru untuk Mengatasi Pigmentasi

" Tidak ada manfaat jangka panjang untuk membakar beberapa lapisan kulit. Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa kulit tidak pernah pulih 100 persen dari trauma," ungkapnya.

Daripada menggunakan perawatan laser, Johnson menyarakan untuk fokus merangsang kolagen tanpa peradangan. Menggunakan bahan aktif justru hasilnya akan jauh lebih baik.

3 dari 7 halaman

3. Asam Retinoat

Retinol diklaim sebagai bahan anti penuaan yang sangat efektif, namun Johnson menyalahkan informasi tersebut. Bahan ini sebenarnya dapat memiliki efek yang berlawanan pada kulit.

" Secara klinis retinol terbukti menipiskan dermis sebesar 18 persen selama satu tahun penggunaan. Hal itu menyebabkan kerusakan luar biasa pada DNA kulit dan epidermis itu sendiri," ungkap Johnson.

Sumber: Beauty Crew

4 dari 7 halaman

Perawatan Kecantikan Korea untuk Wajah Lebih Glowing

Dream - Perawatan kecantikan Korea Selatan dikenal memiliki tahapan panjang dan ribet. Apalagi dengan melibatkan berbagai macam produk kecantikan.

Meski terkenal ribet karena ada perbedaan rutinitas pagi dan malam, kerja skin care-nya sangat worth it, lo! Salah satu manfaat yang dirasakan adalah wajah terlihat lebih glowing.

Manfaat itu sudah terbukti. Lihat saja, banyak orang Korea berkulit sehat, putih, bersih, dan mulus. Baik laki-laki maupun perempuan, mereka sangat memedulikan kesehatan kulit.

Sahabat Dream pasti kepo dengan skin care routine orang-orang Korea, kan? Yuk, ikuti step skin care routine ala orang Korea!

Jangan pernah melewatkan rutinitas skin care pagi hari, karena tujuannya untuk menjaga kulit kita dari debu, polusi, make up, minyak, dan lainnya, yang bisa membuat wajah kita kotor.

1. Mencuci Muka

 Trik Mencuci Wajah Ini Bisa Bikin Wajah Lebih Glowing

Sebelum menggunakan skincare, cucilah muka dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

Menurut Dr. Uqudiah Kafalani Prisatianti dari Beauty Plus Clinic, pilihlah pencuci muka yang hanya mengeluarkan sedikit busa karena lebih aman bagi kulit.

2. Toner

Setelah muka bersih dari minyak wajah yang terbentuk pada malam hari, gunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat.

Selain itu penggunaanya juga membantu agar produk skin care selanjutnya meresap secara keseluruhan.

3. Essence

Essence membantu melembabkan kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit. Tekstur dari essence lebih ringan dan berbentuk cair.

5 dari 7 halaman

Langkah Selanjutnya

Serum memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan essence, tetapi tekstur serum lebih tebal daripada essence.

Kegunaan dari ampoule sendiri untuk menyelesaikan masalah di beberapa daerah tertentu. Zat konsentrasi dari ampoule lebih tinggi dari serum.

5. Eye Cream-Moisturizer-Sunscreen

 Selain Concealer, Tutupi 'Mata Panda' dengan Produk Ini

Gunakan eye cream agar area mata tetap terhidrasi. Kemudian gunakan moisturizer (pelembab wajah) yang sesusai dengan jenis kulit kalian. 

Sesuaikan produk dengan jenis kulit ya! Jangan lupa untuk membaca ingredients tiap produk, lebih baik gunakan produk berbahan dasar alami.

Penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit wajah. Terutama bagi kalian yang tinggal di daerah ibu kota dengan tingkat polusi dan paparan matahari tinggi.

Pilih kandungan SPF sewajarnya. SPF terlalu tinggi dapat memicu timbulnya jerawat.

6 dari 7 halaman

Perawatan Malam Hari

Sama seperti perawatan pagi hari, skin care malam juga tidak kalah penting. Tujuannya adalah membersihkan kotoran seperti debu, minyak, kotoran yang telah menempel seharian.

Walaupun rutinitasnya panjang, jangan menyerah ya untuk mendapatkan kulit semulus artis Korea.

Yuk kita lihat apa saja!

1. Makeup remover

 Makeup Remover

Sebelum melakukan rangkaian skincare, bersihkan wajah dengan make up remover.

Gunakan makeup remover yang sesuai dengan jenis kulit. Terkadang, ada makeup remover yang memberikan efek kulit kering ataupun iritasi. Hati-hati ya!

2. Double cleansing

Setelah menggunakan make up remover, lakukan double cleansing dengan sabun cuci muka yang berbahan dasar air dan oil-cleansing.

 Eksfoliasi

3. Eksfoliasi

Sahabat Dream, kalian bisa mengeksfoliasi wajah sekitar dua minggu sekali untuk membersihkan kulit mati. Sesuaikan produk eksfoliasi dengan kebutuhan wajah kalian.

4. Toner-Essence-Ampoule-Serum

Tujuan penggunaan toner adalah menyeimbangkan pH kulit, essence berguna untuk menghidrasi kulit. Kemudian gunakan ampoule untuk melembabkan dan dilanjutkan dengan serum.

7 dari 7 halaman

Masker dan Eye Cream

 Ariul Luncurkan Sheet Mask Berbahan Ramah Lingkungan

Kalian bisa menggunakan sheet mask dua kali dalam seminggu. Masker ini dapat memberi efek menenangkan pada wajah.

Produk sheet mask disesuaikan juga dengan keadaan kulit ya! Beberapa produk mungkin cocok untuk orang lain, tetapi belum tentu cocok dengan kulit kalian.

6. Eye cream

Gunakan eye cream untuk menjaga daerah mata agar terbebas dari mata panda dan garis halus.

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir