Serba-serbi Essence Serta Perbedaanya dengan Toner dan Serum

Reporter : Putu Monik Arindasari
Jumat, 25 Juni 2021 19:15
Serba-serbi Essence Serta Perbedaanya dengan Toner dan Serum
Lalu, apa sih fungsi dari essence?

Dream - Essence merupakan produk skincare yang sangat lekat dengan tren kecantikan ala Korea Selatan. Walaupun saat ini banyak brand perawatan wajah yang menghadirkan berbagai macam essence, namun masih banyak yang kebingungan dengan fungsi produk ini.

Lalu, apa sih fungsi dari essence?

Essence biasanya digunakan setelah toner, sebelum ampul atau serum. Produk skincare tersebut dapat memberikan hidrasi pada kulit, meregenerasi serta mempersiapkan kulit sebelum memakai produk selanjutnya.

Ilustrasi Produk Skincare© Shutterstock

Produk essence memang mirip dengan skincare lain seperti toner dan serum. Meskipun mirip, ketiga produk ini memiliki cara kerja, pemakaian, serta tekstur yang berbeda. Penasaraan seperti apa perbedaan ketiganya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1 dari 2 halaman

Kesamaan Essence dan Toner

Pemakaian essence dan toner merupakan proses tambahan dari rangkaian perawatan wajah. Essence dan toner biasanya berfungsi sebagai booster bagi kulit sebelum mengaplikasikan produk skincare lainnya. Kedua produk ini sama-sama mengandung air, essential oil, ekstraksi bahan-bahan tertentu, dan tekstur yang cair.

Namun perlu diingat, kedua produk ini tak selalu memiliki tekstur yang cair. Beberapa produk memiliki tektur yang berbeda tergantung formulasi masing-masing produk.

Pemakaian Essence© Shutterstock

Perbedaan Eseence dan Toner

Essence dan toner memang tampak serupa, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Toner hanya mampu memberikan hidrasi pada permukaan kulit , sedangkan essence dapat menghidrasi kulit lebih dalam .

Toner biasanya dipakai untuk membersihkan kembali residu yang masih menempel di wajah. Toner juga dapat menenangkan kulit dengan fungsi eksfoliasi serta menyeimbangkan pH pada wajah. Nah, tekstur toner yang biasanya cair membuat produk skincare ini sebaiknya diaplikasiklan dengan kapas.

Sementara itu, teksturnya yang tak secair toner membuat essence sebaiknya diapliksikan langsung dengan tangan. Tuangkan essence pada telak tangan lalu aplikasikan pada wajah lalu tepuk secara perlahan. Produk essence yang ringan dan simple cocok untuk pemilik kulit berminyak serta dapat dipakai saat kulit terasa sensitif.

2 dari 2 halaman

Apa Perbedaan Essence dan Serum?

Perbedaan terbesar antara essence dengan serum terletak pada bahan yang dikandung produknya. Serum biasanya mengandung bahan aktif seperti vitamin C, AHA, dan HCA.

Kaya akan bahan aktif, serum dapat mengatasi masalah kulit yang spesifik seperti kulit kering, kerutan halus, noda hitam. Masalah kulit tersebut tidak dapat di atasi dengan pemakaian essence.

Merupakan produk perawatan kulit berbasis air, serum juga efektif untuk menghidrasi kulit dan menambah lapisan kelembapan pada kulit lho!

Ilustrasi Pemakaian Serum© Shutterstock

Cara Pemakaian Essence dengan Serum

Masih bingung dengan cara pemakaian eseence dan serum secara berbarengan? Tenang, kandungan serum yang kuat membuat produk ini dapat langsung diaplikasikan pada wajah. Dengan konsistensinya yang mirip dengan gel, serum biasanya dikemas dalam botol berpipet.

Kamu cukup mengambil serum dengan pipet lalu teteskan langsung pada kulit. Jangan lupa untuk menepuk wajah secara perlahan agar cairan serum lebih cepat menyerap.

(Sumber: wishtrend.com)

Beri Komentar