Sering Dibuang, Ini 7 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 29 April 2021 19:32
Sering Dibuang, Ini 7 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan
Daun jambu biji yang kerap disepelekan ternyata menyimpan beragam manfaat yang bisa memaksimalkan penampilanmu.

Dream – Manfaat daun jambu biji selama ini banyak diketahui orang sebagai obat untuk mengatasi diare. Sedangkan buahnya, yang rasanya manis itu, sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi demam berdarah. Jambu biji bisa kamu makan secara langsung atau bisa juga dengan dijus. Karena rasanya yang sudah manis, kamu pun sebenarnya tidak perlu lagi menambahkan gula saat membuatnya menjadi jus.

Merasakan begitu nikmatnya buah jambu biji, pada akhirnya tidak sedikit orang yang membuang daunnya karena dianggap tidak berguna. Padahal selain bisa menyehatkan tubuh, daun jambu biji juga bisa kamu andalkan untuk mendukung kecantikan kulit lho.

Hal ini karena daun jambu biji memiliki kandungan vitamin C, likopen, dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Daun jambu biji ini bisa konsumsi atau bisa juga dijadikan sebagai masker maupun scrub wajah.

Tapi perlu kamu ketahui, bagi yang memiliki kulit wajah sensitif, maka daun jambu biji bisa kamu campur dengan madu maupun minyak zaitun agar bisa menghidrasi kulitmu.

Ingin tahu apa saja manfaat daun jambu biji untuk kecantikan? Berikut sebagaimana dihimpun melalui Bola.com.

1 dari 4 halaman

Mengatasi Jerawat dan Flek Hitam dan Mencerahkan Kulit

Ilustrasi Kulit Cerah© Pixabay.com

Mengatasi Jerawat dan Flek Hitam

Manfaat daun jambu biji bagi kecantikan yang pertama adalah untuk mengatasi jerawat dan flek hitam. Keberadaan jerawat dan flek hitam ini tentu sangat mengganggu penampilan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan daun jambu biji. Hal ini karena daun jambu biji memiliki kandungan antiseptik yang ampuh memusnahkan bakteri penyebab jerawat.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menghancurkan beberapa lembar daun jambu biji dan mengaplikasikannya ke area wajah yang ada jerawat dan flek hitam. Lalu diamkan dan cuci dengan air bersih.

Mencerahkan Kulit

Manfaat daun jambu biji yang sayang jika dilewatkan adalah bisa mencerahkan kulit. Hal ini karena daun ini memiliki kandungan antioksidan serta zat lainnya yang bisa mengeluarkan sel kulit mati. Kandungan ini juga bisa memusnahkan bakteri, menghaluskan kulit, dan pastinya membuat kulitmu tampak cerah secara alami.

Manfaatnya bisa kamu dapatkan dengan cara mencampur beberapa lembar daun jambu biji dengan sedikit kunyit. Lalu tambahkan beberapa tetes air mawar. Kemudian aplikasikan ke kulit wajah dan diamkan sekitar 15 menit sembari dipijat.

2 dari 4 halaman

Mencegah Rambut Rontok dan Mendukung Program Diet

Ilustrasi Bebas Rambut Rontok© Freepik.com

Mencegah Rambut Rontok

Manfaat daun jambu biji lainnya bagi kecantikan adalah bisa mencegah rambut rontok. Dalam hal ini daun jambu biji berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan beragam nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Sehingga daun ini pun bisa kamu gunakan untuk mencegah kerontokan rambut.

Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus segenggam daun jambu biji dengan satu liter ar sekitar 20 menit. Lalu tunggulah sampai dingin dan aplikasikan ke kulit kepala sambil kamu pijat-pijat lembut.

Mendukung Program Diet

Bagi kamu yang sedang berusaha menyempurnakan penampilan dengan memiliki tubuh ideal, maka daun jambu biji bisa menjadi solusinya. Karena daun jambu biji mampu untuk mencegah karbohidrat komplek berubah menjadi gula. Dengan begitu, hal ini pun bisa menurunkan berat badanmu lebih cepat.

Untuk mengonsumsinya, daun jambu biji bisa dijadikan sebagai teh atau pun dijus. Lakukan secara rutin demi mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Infeksi Kulit Kepala dan Anti Penuaan

Ilustrasi Awet Muda© Freepik.com

Mengatasi Infeksi Kulit Kepala

Manfaat daun jambu biji juga bisa untuk mengatasi infeksi kulit kepala. Agar hasilnya bisa memuaskan, cara pemakaiannya adalah dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji dan tunggu hingga hangat. Lalu aplikasikan ke kulit kepala sembari kamu pijat lembut.

Setelah itu kamu perlu diamkan sekitar 30 menit. Barulah bisa kamu bersihkan dengan menggunakan air dingin. Pastikan kamu melakukannya secara rutin setiap dua kali dalam seminggu.

Anti Penuaan

Manfaat daun jambu biji berikutnya bagi kecantikan adalah anti penuaan. Hal ini karena daun jambu biji memiliki kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas sebagai perusak kulit. Dengan begitu, kulitmu pun akan terhindar dari penuaan dini. Bahkan keunggulan dari daun jambu biji ini juga bisa membuat warna dan tekstur kulit meningkat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu biji hingga matang. Lalu tunggulah sampai hangat dan minumlah secara rutin.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan Mulut dan Menguatkan Gigi

Ilustrasi Mulut dan Gigi yang Sehat© Pixabay.com

Untuk memiliki mulut yang sehat dan gigi yang kuat, kamu bisa merawatnya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah daun jambu biji. Karena daun jambu biji mampu membersihkan mulut, mengatasi sakit gigi, menguatkan gigi, serta mengatasi gusi bengkak dan bisul.

Penggunaanya pun mudah sekali. Kamu bisa membuatnya seperti teh yang diseduh lalu manfaatkan airnya untuk berkumur. Selain itu, daun jambu biji juga bisa kamu tumbuk sampai menjadi pasta dan diaplikasikan ke gusi serta gigi.

Itulah 7 manfaat daun jambu biji untuk kecantikan. Yuk, bagi sahabat Dream yang ingin memaksimalkan penampilan bisa mulai menggunakan daun jambu biji mulai sekarang.

Beri Komentar