Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Kulit Tetap Cantik

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 10 Februari 2020 14:13
Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Kulit Tetap Cantik
Pengaruh pola tidur pada perawatan kulit tidak bisa dipisahkan.

Dream - Terlepas dari perawatan yang sempurna, kulit sehat dan glowing diperoleh dari baiknya kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik akan mengoptimalkan manfaat produk perawatan kulit.

Dermatologis Priyanka Reddy mengungkapkan pengaruh pola tidur pada perawatan kulit tidak bisa dipisahkan.

" Kurang tidur memengaruhi kadar kelembapan dan pH kulit. Ini menyebabkan kulit mengerknh dan dehidrasi," kata Reddy dikutip dari laman Times of India, Senin 10 Februari 2020.

Dehidrasi menyebabkan dua hal, yaitu memperburuk masalah wajah seperti jerawat, peradangan atau kemerahan, serta memengaruhi penampilan kulit di antaranya mempercepat proses penuaan akibat berkurangnya elastisitas kulit.

Kurang tidur bisa meningkatkan hormon stres seperti kortisol dan menyebabkan peradangan. Peradangan juga bisa menyebabkan gatal-gatal yang akan mengganggu tidurmu.

Sehingga, kondisi kulit dan kualitas tidur saling berkaitan seperti pola. Reddy mengatakan hanya pola tidur yang baik dapat membuat kulitmu tetap sehat.

 

1 dari 3 halaman

Tidur Berlebihan Tidak Baik untuk Kulit

Dalam jangka pendek, kamu bisa mengontrol efek samping dari kualitas tidur yang buruk.

" Kulit kering dan dehudrasi bisa ditangani dengan perawatan yang intensif seperti eksfoliasi, melembapkan dan memakai toner," ungkapnya.

Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu juga bisa melakukan perawatan di salon kecantikan untuk meningkatkan kelembapan kulit dan berkonsultasi dengan dermatologis.

 3 Sleeping Mask untuk Remajakan Wajah Saat Tidur© MEN

Tidur berlebihan juga tidak baik untuk kulit. Ini bisa mempercepat kerusakan sel kulit dan membuatnya dehidrasi. Sama seperti dampak kurang tidur.

Orang dewasa sebaiknya tidur 6,5-7 jam tiap malam. Semakin tua, jam tidurmu akan lebih sedikit. Tapi, setidaknya kamu harus tidur 6,5 jam.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Kecantikan dari Tidur Cukup

Kurangnya Kerutan: Kulit memproduksi kolagen ketika tidur dan mencegah pengenduran. Ini adalah proses regenerasi kulit dan akan menyebabkan wajahmu lebih kenyal.

Wajah Glowing: Tubuhmu mengalami peningkatan metabolisme ketika tidur.

Mata Lebih Cerah: Kantung mata merupakan akobat dari kurang tidur. Gunakan bantal yany lebih tinggi untuk mencegah pembengkakan di area mata.

 Tidur © shutterstock.com

Rambut Lebih Tebal dan Sehat: Folikel rambut menghasilkan nutrisi, vitamin dan mineral dari peredaran darah. Tidur yang cukup akan membantu pertumbuhan rambut.

Penampilan yang Lebih Fit: Kurang tidur akan membuatmu terlihat lebih kuyu dan kurang sehat. Oleh karena itu, tidur cukup mampu membuatmu lebih berenergi.

Produk Kesehatan Kulit Bekerja dengan Baik: Kulitmu mengalami perbaikan ketika tidur setelah terpapar sinar matahari dan radikal bebas.

3 dari 3 halaman

Agar Tidur Lebih Berkualitas

- Jangan makan tepat sebelum tidur. Pastikan makan 3 jam sebelum tidur.

- Jauhkan gadget seperti ponsel dan laptop, serta matikan TV satu jam sebelum tidur. Bacalah buku. Jangan membaca buku yang terlalu intens.

- Setengah jam sebelum tidur, matikan lampu agar tidurmu lebih nyenyak.

- Buatlah pola tidur teratur agar bisa tertidur dan terbangun di waktu yang sama.

 Tidur © shutterstock.com

- Jika dibutuhkan, konsumsi suplemen melatonin untuk meningkatkan kualitas tidur. Terutama, jika ingin membiasakan diri di jam tertentu.

- Banyak minum air mineral selama seharian, tapi hindari menjelang tidur.

- Tidur dengan selimut yang hangat dalam ruangan bersuhu dingin, gelap dan senyap.

- Gunakan sprei berbahan katun yang ringan dan cucilah secara rutin agar tetap bersih.

- Pakai detergen yang tidak memiliki pengharum berbau menyengat.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'