Tutorial Membuat Deodoran Menggunakan 4 Bahan Alami

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 19 Juli 2021 18:45
Tutorial Membuat Deodoran Menggunakan 4 Bahan Alami
Bisa mencegah bau badan.

Dream - Hampir semua perawatan kulit bisa dilakukan menggunakan bahan alami. Hal tersebut tidak hanya bisa dilakukan untuk kulit wajah, tangan, atau kaki. Kamu juga bisa melakukannya untuk merawat kulit ketiak.

Beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di dapur bisa digunakan untuk mengontrol produksi minyak alami serta mencegah bau ketiak.

Tapi, kamu harus memastikan bahan alami tersebut aman digunakan pada kulitmu. Maka dari itu, pastikan selalu melakukan patch test pada punggung tangan untuk mengetahui respon kulitmu terlebih dulu.

Dilansir Sehatq, berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit ketiak beserta tutorial membuatnya.

1 dari 2 halaman

Baking soda

Kamu bisa mengontrol bau kurang sedap pada ketiak dengan memakai baking soda. Berdasarkan penelitian pada NCBI, baking soda memiliki kandungan bersifat antimikroba.

Sehingga, baking soda bisa digunakan untuk mengatasi bau badan. Campurkan seperempat sendok teh baking soda dan air hangat di dalam mangkuk kecil. Aduk rata dan aplikasikan pada ketiak. Tunggu hingga kering sebelum mengenakan pakaian.

Tea tree oil

Tea Tree Oil© Pexels.com

Tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol bersifat antibakteri yang mampu mencegah munculnya bakteri penyebab bau badan. Cobalah terlebih dulu pada punggung tangan sebelum mengaplikasikannya di ketiak secara rutin.

2 dari 2 halaman

Cuka apel

Cuka Apel© Pexels.com

Cuka Apel© Pexels.com

Cuka apel mampu mengatasi bau badan dan produksi minyak berlebih pada ketiak. Campurkan cuka apel dan air.

Tuangkan campurannya ke dalam botol spray agar lebih mudah mengaplikasikannya pada ketiak. Jangan gunakan terlalu banyak agar kulitmu tidak mudah mengalami iritasi atau peradangan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang bersifat antibakteri dan antivirus. Jadi, kamu bisa memakainya untuk mengatasi bau ketiak.

Campur seperempat baking soda dan minyak kelapa. Tambahkan essential oil seperti lavender atau tea tree oil bila diperlukan. Aduk rata dan simpan ke dalam wadah.

Aplikasikan pada ketiak setiap hari setelah mandi dan tunggu hingga kering sebelum memakai pakaian. Hentikan pemakaiannya jika mengalami iritasi atau peradangan pada kulit.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More