5 Fakta Adit Sopo Jarwo The Movie

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 3 Mei 2021 06:45
5 Fakta Adit Sopo Jarwo The Movie
Siapa yang rindu dengan aksi mereka?

Dream – Adit Sopo Jarwo merupakan serial televisi animasi keluarga yang cukup populer di Indonesia. Selain merupakan animasi garapan anak bangsa, serial yang pertama kali tayang pada 2014 ini juga menghadirkan karakter dan cerita menarik.

Melihat kesuksesan tersebut, pada Jumat, 30 April 2021, Adit Sopo Jarwo the Movie resmi dirilis dan dapat disaksikan di platform streaming Disney+ Hotstar.

Berikut beberapa fakta menarik tentang film garapan MD pictures tersebut:

1. Cerita Flashback

Banyaknya permintaan dari penggemar di media sosial tentang asal usul persahabatan Adit, Sopo, dan Jarwo, akhirnya film tersebut mengusung tema kekeluargaan, komedi dan persahabatan, yang menceritakan awal mula pertemuan Adit kecil saat hilang selama perjalanan.

Tokoh-tokohnya pun masih lebih muda beberapa tahun di mana karakter Hj. Udin saat itu belum menjadi Haji, dan motor Jarwo masih digunakan Hj.Udin.

1 dari 3 halaman

2. Lokasi Baru

Adit Sopo Jarwo© Instagram.com/disneyplushotstarid

Jika pada serial hanya berlatar satu lokasi, pada film menghadirkan 10 tempat yang dilewati. Dalam prosesnya, survei dilakukan untuk menghadirkan lokasi pada animasi yang seperti realitanya.

Mulai dari detail stasiun Cirebon, Dieng, Serayu dan ladang garam sekitar brebes.

Lokasi-lokasi tersebut merupakan lokasi asal dari para karakter. Seperti tokoh Adit yang ingin melakukan perjalanan dari stasiun Cirebon menuju Yogyakarta, namun akhirnya tersesat di Brebes yang merupakan kampung tokoh Sopo.

Hal tersebut juga sekaligus bertujuan untuk memberikan gambaran pemandangan sekitaran Brebes melalui animasi.

2 dari 3 halaman

3. Disutradarai Hanung Bramantyo

Konferensi pers Adit Sopo Jarwo© Dream.co.id/Yuni Puspita Dewi

Awalnya Hanung menjadi supervisi projek tersebut, namun akhirnya diminta menyutradarai film tersebut bersama Eki N.F selaku penulis cerita.

Di mana ia bertugas menjaga alur dan adegan dan penceritaan dari naskah. Hanung mengaku memang pernah menginginkan untuk menyutradarai film animasi, di mana ia pernah berpengalaman membuat animasi saat di bangku kuliah.

3 dari 3 halaman

4. Mengandung Banyak Pesan

Selain mengajarkan tentang persahabatan dan kekeluargaan, film ini juga mengajarkan tentang saling tolong menolong, di mana film tersebut juga menghadirkan sosok pahlawan pada karakternya.

Sehingga dapat menjadi tontonan yang asik bersama keluarga terlebih saat puasa dan lebaran.

5. Dibuat selama dua tahun

Pandemi membuat pembuatan animasi ini dikatakan cukup singkat di mana biasanya film animasi pengerjaannya bisa hingga 6 tahun, namun film animasi Adit Sopo Jarwo ini hanya memakan waktu selama dua tahun lebih selama pengerjaanya.

Selain itu dengan adanya platform streaming, film ini akhirnya bisa segera ditayangkan.

Reporter: Yuni Puspita Dewi

 

Beri Komentar