Ada Pamungkas & Tretan Muslim di KapanLagiBukaBareng, Siap Semarakkan Ramadan?

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 15 April 2021 10:40
Ada Pamungkas & Tretan Muslim di KapanLagiBukaBareng, Siap Semarakkan Ramadan?
Segera daftarkan diri kamu ya!

Dream Yang dinanti untukk menyemarakkan Ramadan akhirnya tiba. Pengisi acara KapanLagiBukaBareng (KLBB) vol.2 telah rilis dan menampilkan banyak figur publik ternama.

Buat yang belum tahu, KLBB merupakan program Festival Ramadan dari KapanLagi Youniverse (KLY) yang bisa disaksikan secara virtual di media-media KLY dan Vidio.com dengan penggabungan konsep hiburan melalui buka puasa bersama virtual bareng selebriti, cooking demo oleh chef serta hiburan musik dari musisi ternama.

Jadi, siapa saja yang akan ngisi acara KLBB vol.2, nih?

Mereka adalah Pamungkas, Fathia Izzati, dan Vania Wibisono. Pasti Sahabat Dream sudah nggak asing lagi dengan nama-nama itu, kan?

KLBB© KLY

1 dari 5 halaman

Kapan acaranya?

Rangkaian KLBB vol.2 pertama akan digelar pada Jumat, 16 April 2021 mulai pukul 16:00-18:30 WIB dengan penampilan musik dari Pamungkas, lalu dilanjutkan Chef Vania Wibisono yang akan memasak makanan berbuka, dan ditutup dengan sesi talkshow Fathia Izzati sekaligus mengajak buka bersama online bersama Sahabat Dream via Zoom.

Tak cuma buka puasa saja yang barengan, saat sahur kamu juga bisa ikutan “ Pingin Sahuran” bersama Coki Pardede dan Tretan Muslim yang berkolaborasi dengan Habib Husein Ja’far.

Acara ini siap digelar pada Sabtu, 17 April 2021 pukul 03.30 WIB secara virtual di media-media KLY dan Vidio.com.

Jangan sampai ketinggalan, yuk dapatkan info terbaru lainnya di www.piringkebersamaan.com.

2 dari 5 halaman

Keistimewaan Makan Kurma Saat Buka Puasa dan Sahur

Dream - Kurma jadi salah satu santapan buka puasa yang dianjurkan Rasulullah SAW. Selain rasanya yang manis, kurma juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apalagi selama berpuasa, kurma yang disantap kala sahur dan buka puasa ini mampu menopang daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin, zat besi hingga kalsium.

Perlu Sahabat Dream tahu, meski rasanya manis namun kurma juga diklaim bebas gluten sehingga mampu menjaga sensitivitas gluten buat orang-orang tertentu.

Jika kamu menyantapnya saat Ramadan, berikut beberapa keistimewaan yang bisa Sahabat Dream dapatkan:

Kembalikan energi

Manfaat makan kurma saat puasa Ramadan yang pertama adalah kurma mampu mengembalikan energi lebih cepat.

Ketika kita berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu.

Ilustrasi© Shutterstock

Nah, buah kurma bisa jadi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan. Kandungan nutrisi yang banyak membuat kurma cepat dicerna tubuh, dan hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa.

Karena tubuh kita biasanya akan kehabisan energi, dan membutuhkan asupan kalori sebagai bahan bakar energi yang cepat diserap tubuh.

3 dari 5 halaman

Mengurangi rasa haus

Kurma bukan saja bermanfaat saat dikonsumsi untuk berbuka puasa lho. Ternyata manfaat buah kurma bisa didapatkan juga jika mengonsumsinya saat sahur.

Kurma memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, sehingga dapat membantumu agar tidak cepat merasa haus saat seharian berpuasa.

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk mengonsumsi 3 butir buah kurma saat sahur.

Ilustrasi© Shutterstock

Mengurangi rasa lapar

Buah kurma memiliki kandungan serat dan kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan itu dapat membuatmu lebih cepat merasa kenyang.

Jika buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil, kurma akan berfungsi mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa.

Ketika dikonsumsi saat sahur, kandungan glukosa lambat lepas dalam kurma baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa.

Tapi tetap jangan berlebihan saat mengonsumsinya ya, cukup tiga saja agar tubuh tidak kelebihan gula.

4 dari 5 halaman

Menjaga pencernaan

Kandungan kurma juga ternyata memiliki serat yang sangat tinggi. Kandungan serat yang tinggi akan sangat baik bagi saluran pencernaan, terutama jika kamu sering mengalami sembelit.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kurma dapat mengurangi rasa lapar. Tentu saja, karena kurma memiliki serat yang tinggi seperti sayuran, di mana sayuran dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Untuk kamu yang sedang dalam masa diet, maka buah kurma dapat membantu menurunkan nafsu makan saat berbuka puasa. Hal ini terjadi karena kamu akan merasa kenyang saat mengonsumsi setidaknya tiga butir buah kurma.

Ilustrasi© Shutterstock

Mempersiapkan pencernaan saat berbuka puasa

Makan kurma juga tentu akan baik jika dikonsumsi sesaat sebelum mengonsumsi makanan berat.

Kurma dapat membantu lambung agar tidak kaget. Lambung yang kaget ini dikarenakan kondisi perut yang kosong selama berpuasa.

Pada orang yang memang riwayat penyakit lambung, akan berbahaya jika saat berbuka puasa langsung mengonsumsi makanan yang berat.

Hal itu akan menaikkan asam lambung dan membuat perih di lambung. Untuk mencegahnya, kamu bisa makan kurma terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan berat.

5 dari 5 halaman

Sumber energi cadangan

Pada saat puasa, tubuh biasanya cenderung kekurangan asupan nutrisi. Kondisi ini terjadi karena ada perubahan pola makan.

Jika di hari biasa kita biasanya mengonsumsi makanan 3-4 kali dalam sehari, pada saat puasa kita hanya dapat makan pada saat sahur dan berbuka.

Kondisi ini tentu menyebabkan tubuh mengambil berbagai macam nutrisi yang ada di dalam tubuh saat beraktivitas. Untuk tetap membuat terpenuhinya nutrisi, ada baiknya untuk mengonsumsi buah kurma.

Ilustrasi© Shutterstock

Jika rutin mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan glukosa pada buah kurma dapat memberi kalori yang cukup. Sehingga bisa menjadi sumber bahan bakar energi tambahan bagi tubuh.

Energi ini akan sangat berguna untuk menjalani aktivitas seharian.

Beri Komentar