Cara Perpanjangan Paspor di KBRI Seoul

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 10 Juni 2019 12:43
Cara Perpanjangan Paspor di KBRI Seoul
Amelia Tantono salah satu youtuber akan membagikan pengalaman Cara Perpanjangan Paspor di KBRI SEoul. Penasaran? Yuk dibaca!

Dream- Korea Selatan merupakan salah satu negara yang banyak dikunjungi wisatawan asal Indonesia. Selain terkenal dengan K-Pop atau Korean Pop dan Drama, Korea juga punya berbagai destinasi wisata menarik dan Instagramable.

Selain menjadi destinasi wisata, Korea Selatan juga menjadi salah satu tujuan berkarier bagi sebagian orang pekerja migran asal Indonesia. Memang tidak mudah untuk kita bekerja di Korea Selatan. Banyak tekanan dan tuntutan yang menghampiri para pekerja di negeri Ginseng itu.

Untuk kalian yang ingin bekerja di Korea Selatan, tidak perlu khawatir apabila masa berlaku paspor segera habis. Amelia Tantono, salah satu warga Indonesia yang tinggal di Kore Selatan, akan berbagi tip cara perpanjangan paspor di Korea Selatan.

Ribet atau tidak sih? Penasaran? Yuk baca tip dan cara perpanjangan paspor berikut ini.

1 dari 6 halaman

Mendaftar Nomor Antrean

Sebelum Sahabat Dream pergi ke KBRI Seoul, pastikan kalian telah mengajukan permohonan melalui aplikasi WhatsApp resmi KBRI Seoul. Sahabat Dream bisa mengirimkan antrean layanan dan tanggal berkunjung ke KBRI Seoul guna mengurus perpanjangan paspor. Oleh KBRI Seoul nantinya akan mengirimkan kode booking.

2 dari 6 halaman

Menuju KBRI Seoul

KBRI (Kedutaan Besar Repulik Indonesia) Seoul terletak di 380 Yeouidaebang-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul, Republik Korea 07342. Sahabat Dream bisa menuju Saet Gang Station line 9 di Seoul keluar melalui exit 3, kemudian jalan lurus saja dan KBRI Seoul berada di sebelah kanan.

3 dari 6 halaman

Mencetak dan Mengisi Formulir Registrasi

Setelah masuk ke bagian kepengurusan administrasi Warga Negara Indonesia di KBRI Seoul, Sahabat Dream bisa mencetak form di kompter yang tersedia.

Masukkan nomor kode booking tersebut ke laman checkin antrian layanan, dan kemudian akan muncul identitas diri Sahabat Dream. Pilih jenis layanan permohonan paspor dan cetak formulir tersebut.

4 dari 6 halaman

Mengurus Administrasi

 South Korea Won

 

  • Membeli perangko 2,840 Won di Kantor Pos (di depan KBRI Seoul)
  • Membayar administrasi sebesar US$ 30 atau 35,000 Won di KEB Hana Bank. Harus uang tunai, ya Sahabat Dream.
  • Menyerahkan amplop yang sudah ditempel perangko dan bukti pembayaran ke pihak staff KBRI Seoul.
  • Mencocokkan data diri di formulir pengisisan dengan identitas diri agar tidak ada kesalahan identitas nantinya.

5 dari 6 halaman

Foto

Terdapat biometric sytem untuk foto dan sidik jari agar identitas diri lebih akurat.

 Passport Photo

  1. Melakukan Foto
    Telinga harus terlihat ya Sahabat Dream bagi kalian yang tidak berjilbab.

     fingerprint

  2. Melakukan Sidik Jari
    Melakukan sidik jari dimuali dengan ibu jari kanan hingga jari tangan kanan selesai. Kemudian ulangi mengambilan sidik jari dengan ibu jari kiri hingga jari tangan kiri selesai.

6 dari 6 halaman

Penerbitan Paspor

 Passport

Penerbitan paspor dilakukan dalam 3 hari semenjak melakukan permohonan perpanjangan paspor. Paspor bisa diambil sendiri di KBRI Seoul atau bisa dengan dikirimkan melalui Kantor Pos.

Untuk pengiriman paspor melalui Kantor Pos, Sahabat Dream sebelumnya harus membeli materai yang sebelumnya sudah dijelaskan. Jangan lupa untuk menuliskan alamat tempat tinggal yang sesuai ya Sahabat Dream.

(Sumber: Youtube Amelicano)

Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark