Doa Untuk Petugas Ketika Menerima Zakat Fitrah

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 21 Mei 2020 06:01
Doa Untuk Petugas Ketika Menerima Zakat Fitrah
Petugas zakat berperan besar dalam pendistribusian zakat fitrah.

Dream - Salah satu kewajiban jelang akhir Ramadhan adalah menunaikan zakat fitrah terutama untuk mereka yang mampu. Zakat itu dibayarkan kepada mereka yang masuk delapan ashnaf.

Tetapi, umat Islam kini tidak perlu repot membayarkan zakat fitrah. Ada banyak panitia pengumpulan zakat fitrah baik di masjid, mushola, maupun organisasi amil.

Para petugas ini bersiaga menerima zakat fitrah dari masyarakat. Bahkan ada yang sampai jemput bola dengan mendatangi rumah pembayar zakat.

Mereka akan mencatat zakat fitrah yang diterima dan mengadakan ijab kabul. Kemudian menyalurkan kepada yang berhak menerima zakat fitrah tersebut.

Petugas zakat biasanya merupakan pengurus masjid beserta sejumlah warga sekitar. Mungkin ada sebagian dari kita ada yang terlibat dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat.

Untuk petugas, dianjurkan membaca doa ini ketika menerima zakat fitrah.

 

1 dari 5 halaman

Doa Petugas Usai Menerima Zakat Fitrah

 Doa petugas zakat© Dream.co.id

Ajarakallahu fima a'thaita wa ja'alahu laka thahuran wa baraka laka fima abqaita.

Artinya,

" Semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah engkau berikan, menjadikannya penyuci bagimu dan melimpahkan berkah terhadap hartamu yang tersisa."

2 dari 5 halaman

Doa Usai Membayar Zakat Fitrah

Dream - Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Sebelum berakhir, ada satu kewajiban bagi umat Islam yaitu membayar zakat fitrah.

Kewajiban zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk bahan pangan pokok yang biasa dikonsumsi. Di Indonesia, masyarakat biasanya menggunakan beras.

Besarannya sekitar 3,5 liter atau 2,5 kilogram. Kewajiban ini berlaku untuk umat Islam seluruh usia.

Sedangkan batas waktu pembayarannya yaitu mulai awal Ramadhan hingga sebelum sholat Idul Fitri. Bisa dibayarkan langsung kepada dhuafa, namun saat ini banyak panitia pemungutan zakat fitrah.

Usai membayar zakat fitrah, kita dianjurkan membaca doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Bayar Zakat

 Doa Usai Bayar Zakat© Dream.co.id

Allahumma ij'alha maghnaman, wa la taj'alha maghraman.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah zakat fitrah tersebut sebagai tabungan, jangan jadikannya sebagai utang."

4 dari 5 halaman

Doa di Antara Takbir Dalam Sholat Id

Dream - Sebentar lagi Ramadhan akan pergi meninggalkan kita. Berganti dengan Syawal yang penuh kebahagiaan.

Setiap 1 Syawal terdapat amalan sunah muakad atau sangat dianjurkan. Amalan itu adalah sholat Idul Fitri.

Sholat Idul Fitri disyariatkan sebagai bentuk syiar Islam. Seluruh Muslim dianjurkan untuk keluar rumah guna menjalankan sholat Id sebagai penanda kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa.

Meski tengah pandemik Covid-19 dan diimbau tetap berada di dalam rumah, sholat sunah Idul Fitri masih bisa dilakukan sendirian atau berjamaah bersama keluarga. Cara sholat Idul Fitri di rumah juga sudah aktif disosialisikan ulama maupun Kementerian Agama.

(Baca: Ini Fatwa MUI Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah)

Sholat Id dilaksanakan dalam dua rakaat. Rakaat pertama diawali tujuh kali takbir setelah takbiratul ikram dan rakaat kedua lima takbir.

Di antara takbir tersebut, dianjurkan membaca doa zikir ini.

5 dari 5 halaman

Doa Antara Takbir

 Doa di sela takbir sholat Id© Dream.co.id

Subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil azhim.

Artinya,

" Mahasuci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada tuhan selain Dia, Allah Maha Besar, dan tiada daya serta upaya selain berkat pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."

Beri Komentar