DREAMCAST: Perjuangan Nabi Ibrahim AS Melawan Para Penyembah Berhala

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 21 April 2021 17:12
DREAMCAST: Perjuangan Nabi Ibrahim AS Melawan Para Penyembah Berhala
Raja Namrud pun murka.

Dream - Selain sebagai nabi dan rasul, Ibrahim AS adalah sosok nabi yang memiliki gelar istimewa berupa Khalilullah yang berarti Kesayangan Allah SWT.

Lahir sebagai anak dari pemahat patung di masa Raja Namrud, Ibrahim tinggal di kawasan yang ramai dengan patung. Bahkan sebagian besar masyarakat di tempat ia tinggal adalah penyembah patung dan berhala.

Tapi, Ibrahim memiliki pemikiran bahwa Tuhannya bukanlah yang disembah lewat patung berhala tersebut. Ia pun bertekad mencari Sang Pencipta.

Bahkan di suatu ketika, ia menanyakan soal Tuhan ke sang ayah namun Ibrahim tak mendapatkan jawaban pasti. Ia pun makin bertekad mencari Allah SWT.

1 dari 4 halaman

Simak kisah Ibrahim AS yuk!

Dalam Al Quran terdapat beberapa ayat yang menjelaskan kisah pencarian Ibrahim mengenai Tuhannya, seperti yang tertuang dalam surat Al-An'am ayat 76 hingga 78:

" Ketika malam telah gelap, Dia melihat sebuah bintang (lalu) Dia berkata: " Inilah Tuhanku" , tetapi tatkala bintang itu tenggelam Dia berkata: " Saya tidak suka kepada yang tenggelam." (QS. Al-An'am:77).

" Kemudian tatkala Dia melihat bulan terbit Dia berkata: " Inilah Tuhanku" . Tetapi setelah bulan itu terbenam, Dia berkata: " Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaKu, pastilah aku termasuk orang yang sesat." (QS. Al-An'am:78).

" Kemudian tatkala ia melihat matahari terbit, Dia berkata: " Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar" . Maka tatkala matahari itu terbenam, Dia berkata: " Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan." (QS. Al-An'am:78)

Ingin tahu kisah Nabi Ibrahim melawan kaum Raja Namrud? Dengarkan #DREAMCAST podcast by Dream.co.id bersama Rindu dari Redaksi Dream.co.id di sini.

2 dari 4 halaman

DREAMCAST: Perseteruan Nabi Hud & Kaum 'Aad

Dream - Kisah Nabi Nuh yang sebelumnya bisa Sahabat Deam dengar di DREAMCAST Dream.co.id kali ini menceritakaan cerita manusia pilihaan selanjutnya yaitu Nabi Hud. Ketika turunnya air bah pada kaum kafir di zaman Nabi Nuh, banyak orang-orang beriman tertolong dari bahaya maut tersebut.

Usai dari peristiwa besar itu, kaum Nabi Nuh yang mukmin melahirkan anak cucu sebagai keturunan mereka. Anak cucu dari kaum Nabi Nuh ini kemudian hidup terpencar di seluruh pelosok yang berjauhan.

Mereka berjauhan dan terbentuk menjadi suku, kaum, dan bangsa. Masing-masing golongan, suku, dan bangsa berkembang menurut adat kebiasaan atau tradisi masing-masing.

Nabi Hud pernah berkata kepada kaumnya, " Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Sebenarnya tiada Tuhan bagi kamu selain dari padanya. Kamu hanyalah orang-orang yang mengada-adakan perkara-perkara yang palsu (terhadap Allah)" .

Ingin tahu cerita lengkapnya? Langsung saja dengar kisah Nabi Hud di episode DREAMCAST kali ini. Yuk!

3 dari 4 halaman

DREAMCAST: Kisah Nabi Saleh Mengajak Kaum Tsamud Bertakwa kepada Allah SWT

Dream - Masuk puasa Ramadan ke-5, hari ini Rindu dari Redaksi Dream.co.id menceritakan kembali kisah para nabi yang telah berjuang di jalan Allah. Kali ini kisah Nabi Saleh dikemas lewat #DREAMCAST podcast by Dream.co.id.

Nabi Saleh menjadi nabi yang diutus Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-Nya kepada kaum Tsamud di Al Hijr.

Diketahui kaum Tsamud didominasi oleh mayoritas warga yang memiliki keahlian seperti bercocok tanam, berternak dan aksitektur.

Namun dengan keahlian yang mereka miliki, terdapat sifat sombong dan suka merendahkan kaum lainnya yang jika dibiarkan dapat memberi dampak buruk pada pengikutnya atau pun kaum lainnya.

4 dari 4 halaman

Ajakan Nabi Saleh

Nabi Saleh pun mengajak agar mereka bertakwa: Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya. Karena itu, mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya, Tuhanku amat dekat rahmat-Nya lagi memperkenankan doa hamba-Nya, (QS Hud ayat 61).

Lalu apa respon dari kaum Tsamud?

Yuk dengarkan Kisah Nabi Saleh bareng Rindu di DREAMCAST podcast by Dream.co.id di sini ya.

Beri Komentar