DREAMCAST: Kala Nabi Syuaib AS Diancam Diusir Jika Tak Menyembah Pohon

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 23 Juni 2021 06:45
DREAMCAST: Kala Nabi Syuaib AS Diancam Diusir Jika Tak Menyembah Pohon
Apakah Nabi Syuaib AS tetap bertaqwa pada Allah SWT?

Dream - Tinggal di suatu daerah yang memiliki kebiasaan dan aturan yang sama sekali berbeda tentu membutuhkan perjuangan. Apalagi jika kehadiran kita di daerah itu karena perintah untuk mengubah semua hal-hal yang buruk.

Kisah itulah yang bisa menggambarkan perjuangan Nabi Syuaib AS yang sempat tinggal di kota Madyan, yang kini bernama Yordania. Di masa itu, semua warga Madyan rata-rata kafir dan terbiasa berbuat kemaksiatan seperti membajak dan merampas harta manusia yang kebetulan lewat di depan mereka.

Para kaum kafir tersebut menyembah pohon lebat yang sebagai sesembahan mereka. Pohon bernama Aykah itu dikelilingi semak berlukar.

Di saat itulah warga yang kafir memaksa Nabi Syuaib AS untuk mengikuti adat mereka dengan menyembah pohon tersebut. Jika tak dilaksanakan, sang manusia pilihan itu diancam diusir dari kota Madyan.

1 dari 3 halaman

Ketahui jawabannya!

Sebagai seorang Nabi, Syuaib ASadalah seorang laki-laki yang sangat jujur dan terpercaya di antara kaumnya. Beliau adalah orang yang selalu beribadah kepada Allad SWT dan mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada semua orang yang dia kenal.

Lalu, apakah Nabi Syuaib AS mengikuti syarat kaum kafir di kota Madyan?

Dengarkan #DREAMCAST kisah nabi bareng Shania Suha Marwan di episode terbaru, yuk klik banner langsung di bawah ini!

2 dari 3 halaman

DREAMCAST: Kesabaran Nabi Ayyub AS Saat Ditimpa Penyakit Parah

Dream - Segala ujian datang dari Allah. Selalu ada hikmah di balik segala cobaan. Manusia diperintahkan untuk selalu bersabar, sebab Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umat-Nya.

Kisah Nabi Ayyub AS bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Meski ditimpa dengan berbagai penyakit hingga hartanya hilang, Nabi Ayyub tetap bersabar.

“ Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: " (Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang" . Maka Kami pun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.” (QS. Al-Anbiya’: 83- 84).

3 dari 3 halaman

Pengorbanan Siti Rahmah

Meskipun hanya hati dan lisan beliau saja yang masih dapat digunakan, Nabi Ayyub tetap berzikir kepada Allah SWT.

Penyakit itu pun membuat teman dan kerabat beliau merasa jijik dan mengasingkannya ke tempat pembuangan sampah di luar tempat tinggal beliau.

Satu-satunya yang menemani Nabi Ayyub AS adalah sang istri, Siti Rahmah. Dengan penuh kesabaran, Siti Rahmah selalu setia mendampingi dan mengurus Nabi Ayyub AS.

Lalu, apa yang dirasakan Siti Rahmah saat itu?

Shania Suha cerita lengkap di #DREAMCAST kisah nabi episode terbaru. Yuk langsung saja klik banner berikut ini!

Beri Komentar