#DreamNgaji: Ajak Anak Berpuasa dengan Cara Menyenangkan

Reporter :
Jumat, 16 April 2021 19:15
#DreamNgaji: Ajak Anak Berpuasa dengan Cara Menyenangkan
Puasa akan menjadi pengalaman seru buat anak.

Dream - Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat Islam. Ibadah kita sebagai muslim di bulan yang penuh keberkahan ini akan dilipatgandakan.

Bulan Ramadan identik dengan puasa. Ibadah ini hukumnya wajib bagi muslim yang telah baligh.

Anak-anak memang belum terkena kewajiban melaksanakan pusat. Sebenarnya umur berapa si anak sudah diwajibkan untuk berpuasa?

Dream berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol bareng sama KH Muhammad Nur Hayid atau akrab disapa Gus Hayid, dalam acara live instagram #DreamNgaji. Dalam episode kali ini Gus Hayid menjelaskan tentang bagaimana mengajak anak untuk mulai berpuasa dengan cara yang ceria.

Seorang anak diwajibkan untuk berpuasa ketika sudah mengalami baligh. Tapi sebelum itu, ada baiknya orangtua sudah mulai mengajarkan kepada anak kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan saat berpuasa.

Dream Ngaji© Dream.co.id

1 dari 1 halaman

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Untuk anak-anak yang masih sulit untuk diajak berpuasa, orangtua mungkin bisa memberikan hadiah. Ini sebagai imbalan untuk anak yang berhasil menjalani ibadah puasa dengan penuh.

Dengan cara ini, anak akan lebih bersemangat untuk bisa menyelesaikan ibadah puasanya.

Karena anak yang belum baligh belum diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa, mereka bisa diajari secara perlahan. Mulai dari berpuasa setengah hari.

Tetapi ketika anak sudah baligh, orangtua sudah harus mewajibkan mereka menjalani ibadah puasa.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dream.co.id (@dreamcoid)

Beri Komentar