Hukum dan 8 Manfaat Puasa Syawal, Keberkahan Puasa 6 Hari Bulan Syawal

Reporter : Arini Saadah
Minggu, 24 Mei 2020 18:01
Hukum dan 8 Manfaat Puasa Syawal, Keberkahan Puasa 6 Hari Bulan Syawal
Puasa syawal memiliki banyak manfaat bagi umat muslim yang mau menjalankannya.

Dream – Setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan, umat muslim tiba di hari kemenangan yaitu hari lebaran Idul Fitri.

Setelah tanggal 1 Syawal, umat muslim selanjutnya dianjurkan untuk menjalani puasa syawal selama 6 hari. Puasa di bulan Syawal ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Pelaksanaan idealnya adalah selama 6 hari berturut-turut setelah tanggal 1 Syawal. Tetapi keutamaannya tetap bisa didapatkan bagi mereka yang berpuasa sunnah syawal tanpa berurutan di bulan Syawal.

Puasa syawal memiliki banyak manfaat bagi umat muslim yang mau menjalankannya. Berikut ini hukum dan manfaat puasa syawal bagi umat muslim.

Melansir dari nu.or.id, inilah manfaat dan hukum menjalan ibadah puasa sunnah di bulan Syawal.

1 dari 4 halaman

Hukum Puasa di Bulan Syawal

Hukum puasa di bulan Syawal adalah sunnah. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi saw., yang artinya:

“ Barangsiapa yang puasa Ramadhan lalu mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan syawal, makai a mendapat pahala puasa setahun penuh.” (HR. Muslim No. 1164)

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan bahwa, “ Puasa enam hari di bulan Syawal hukumnya mustahab menurut mayoritas para ulama”. (Al-Mughni, 3/176).

2 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Syawal

 Ilustrasi© Parade

Agama menganjurkan puasa syawal tentu saja banyak manfaat yang bisa didapatkannya. Berikut berbagai manfaat yang bisa diperoleh oleh umat muslim yang mau menjalankan ibadah puasa di bulan Syawal. Berikut ulasannya:

Puasa Syawal akan menyempurnakan ganjaran berpuasa selama satu tahun penuh. Puasa enam hari di bulan Syawal merupakan pelengkap dan penyempurna pahala dari puasa setahun penuh.

Manfaat puasa Syawal adalah menyempurnakan kekurangan dan cacat yang ada dalam menjalankan amalan ibadah fardlu. Puasa Syawal dan puasa Sya’ban seperti halnya shalat rawatib qobliyah dan ba’diyah.

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dalam menjalankan ibadah wajib. Dengan berpuasa Syawal, maka amalan sunnah ini pada hari kiamat nanti akan menyempurnakan ibadah-ibadah fardlu.

Sebagaimana keterangan dari Nabi saw., dari berbagai riawayat. Mayoritas puasa fardlu yang dilakukan umat muslim memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan.

Pembiasaan puasa sunnah di bulan Syawal akan mendapatkan keutamaan, bahwa seluruh amalan puasa Ramadhan kamu akan diterima oleh Allah swt. Apabila amal ibadah seseorang diterima oleh Allah, maka Dia akan meningkatkan perbuatan baiknya setelah itu.

3 dari 4 halaman

Hari Pengampunan Dosa

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Manfaat menjalankan puasa di bulan Syawal selanjutnya adalah nikmat yang paling baik dari berbagai nikmat, yaitu pengampunan dosa-dosa hamba oleh Allah swt.

Allah akan memberi hadiah berupa pahala pada saat hari raya Idul Fitri, manusia dikembalikan kepada fitrah, bersih, seperti bayi yang baru lahir.

Manfaat puasa Syawal selanjutnya adalah amal-amal yang dikerjakan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, pada bulan Ramadhan tidak terputus dengan berlalunya bulan Ramadhan yang mulia itu.

Orang bijak mengatakan, “ pahala amal kebaikan adalah kebaikan yang ada sesudahnya.”

Maka dari itu, barangsiapa mengerjakan kebaikan kemudian melanjutkan dengan kebaikan yang lain, maka hal itu merupakan tanda atas terkabulnya amal pertama.

4 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Syawal Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

 Ilustrasi Hijab Cantik di Dapur© Ilustrasi Hijab Cantik di Dapur (Foto: Shutterstock)

Nah, selain berbagai manfaat spiritual, umat muslim yang mau menjalankan ibadah puasa di bulan Syawal juga akan mendapat manfaat berupa kesehatan tubuh. Puasa Syawah ini dapat menyehatkan organ pencernaan.

Hal ini sangat logis, karena selama bulan Ramadhan seseorang telah memperbaiki organ pencernaan dan kesehatan tubuhnya dengan berpuasa. Apabila setelah lebaran seseorang mengonsumsi banyak makanan dengan kapal, maka ini akan berisiko mengganggu sistem pencernaan kamu.

Maka dari itu, di sinilah letaknya manfaat puasa du bulan Syawal bagi kesehatan. Ketika kamu melaksanakan puasa Syawal, kamu akan kembali pada pola yang lebih sehat. Sistem pencernaan kamu akan beradaptasi lagi dengan pola hidup yang sehat.

Selain bermanfaat bagi kesehatan secara jasmani, puasa di bulan Syawal juga bermanfaat untuk kesehatan mental seseorang. Hal ini berkaitan dengan pengelolaan emosi dan tazkiyatun nafs.

Seorang hamba yang mengerjakan puasa Syawal, dia akan terlatih lebih lama dan mengelola emosi serta membersihkan jiwanya dari hal-hal yang buruk seperti penyakit hati, iri, dan dengki.

Itulah Sahabat Dream, berbagai manfaat dari menjalankan ibadah puasa di bulan Syawal. Semoga kamu yang menjalankannya bisa mendapatkan keutamaan dan manfaat yang luar biasa dari Allah SWT. Amin.

Beri Komentar