Ibadah Ramadan yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja Saat Pandemi

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 17 April 2021 18:01
Ibadah Ramadan yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja Saat Pandemi
Ramadan ini masih dalam suasana pandemi, kita jadi tak bisa bebas keluar rumah.

Dream - Pandemi virus Covid-19 berimbas pada pembatasan aktivitas di luar rumah. Kita dianjurkan melakukan kegiatan di rumah saja dan hanya kebutuhan penting saja boleh keluar.

Termasuk saat Ramadan, ibadah dianjurkan di rumah saja. Kegiatan i’tikaf di masjid, buka bersama rekan dan sahabat, hingga sholat tarawih di masjid tak lagi bebas dikerjakan. Meski diizinkan, jemaah sholat harus memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan ketat

Kita harus mematuhi protokol kesehatan selama ibadah di luar rumah dengan menjaga jarak, memakai masker, dan rutin cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Agar lebih praktis, ibadah Ramadan memang sebaiknya dikerjakan di rumah saja saat pandemi. Berikut ini, ibadah yang bisa dilakukan di rumah saja.

1 dari 2 halaman

Sholat jemaah bersama keluarga

Bila dulu pekerjaan di luar rumah membatasi interaksi anggota keluarga, kini kita bisa memperbaiki kebersamaan dengan sholat jemaah. Tidak hanya sholat fardlu saja, kita bisa melakukan tarawih secara berjamaah dan doa bersama.

Orangtua bisa memberi khotbah setelah sholat tarawih. Anak-anak bisa belajar agama langsung dari orang tuanya. Alhasil, kedekatan antara anak dan orangtua bisa terjalin harmonis.

Sholat Jemaah© Ilustrasi Sholat Jemaah (Foto: Shutterstock.com)

Ikut kajian online

Islam menganjurkan umatnya menuntut ilmu sepanjang hayat hingga liang lahat. Selama pandemi, banyak orang yang membuka kelas online.

Ilmu-ilmu baru ini bisa diakses tanpa harus keluar rumah. Kajian online lebih hemat waktu dan biaya perjalanan tanpa harus keluar rumah.

Selain itu, kita bisa mendapat teman atau relasi baru tanpa dibatasi wilayah. Siapa tahu, pertemanan ini memberikan banyak berkah di masa datang.

Memasak menu berbuka puasa

Berbuka puasa bersama menjadi momen yang ditunggu dan menjadi ajang reuni tak resmi. Karena pandemi, buka bersama keluar rumah memang sebaiknya dihindari. Tapi bukan berarti kamu tak bisa silaturahmi.

Memasak menu berbuka puasa dalam jumlah banyak kemudian bagikan ke kerabat dan sahabat. Selain bisa mengasah ketrampilan memasak, kegiatan ini bisa memperbaiki hubungan dengan orang lain.

2 dari 2 halaman

Ngabuburit online

Bertemu teman lama bisa dilakukan secara online. Sambil menunggu adzan maghrib, ngabuburit online bisa digelar. Kamu bisa melakukan panggilan video bersama teman-temanmu sambil menanyakan kabar mereka.

Tapi ingat, bertemu dengan teman lama jangan disertai membicarakan keburukan orang lain. Menahan omongan selama puasa menjadi sarana latihan agar kita tak ghibah di hari biasa.

Baca Alquran dan maknanya

Ilustrasi Doa Berdoa Baru© Ilustrasi (Shutterstock.com)

Bila dulu harus menghadapi kemacetan saat pulang ke rumah, kita punya lebih banyak waktu saat bekerja di rumah saja. Waktu luang ini bisa kita gunakan untuk membaca Alquran dan makna yang terkandung di dalamnya. Apalagi, ada pahala di setiap huruf yang telah kita baca.

Makna dan alasan diturunkannya surat (asbabun nuzul) yang ada di Alquran juga sebaiknya dipelajari. Setelah dipahami, kita bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari.

Beri Komentar