Indonesia Harus Lebih Banyak Melahirkan Ilmuwan Wanita

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 9 Februari 2019 18:29
Indonesia Harus Lebih Banyak Melahirkan Ilmuwan Wanita
Cara efektifnya seperti apa? begini nih.

Dream - Keterlibatan ilmuwan wanita dalam riset dan inovasi, khususnya di sektor kesehatan, memiliki peranan penting untuk keberagaman ide dan kreativitas.

Namun sayangnya, partisipasi ilmuwan wanita dalam penelitian terkait ilmu pengetahuan masih terbilang kecil. Tidak lebih dari 30 persen dari jumlah ilmuwan di Indonesia.

Karena itu, program Dexa Award Science Scholarship dari Dexa Group, diharapkan dapat menumbuhkan minat berinovasi dan melakukan riset di sektor kesehatan khususnya bagi calon ilmuwan wanita di Indonesia.

“ Perspektif wanita sangat dibutuhkan dalam seluruh sektor kehidupan. Kami ingin mendorong wanita Indonesia untuk berani berinovasi, berani melakukan penelitian, dan menggeluti dunia sains secara konsisten,” kata Leader Dharma Dexa, Gloria Haslim dalam keterangan tertulis, Sabtu 10 Februari 2019.

Partisipasi perempuan dalam ilmu pengetahuan atau sains belum sesuai harapan, padahal pembangunan berkelanjutan terutama dalam aspek kesehatan sangat bergantung pada semua prespektif, ide, kreativitas dan bakat baik dari pria dan wanita.

Partisipasi ilmuwan wanita di Indonesia yang masih kurang, dibenarkan oleh Peneliti dari Eijkman Institute, Profesor Herawati Sudoyo, PhD. Berdasarkan data UNESCO terakhir, jumlah ilmuwan di Indonesia hanya sekitar 30 persen. Angka ini sekitar 26.000 orang.

“ Tidak banyak ilmuwan wanita yang konsisten dengan karirnya, padahal jumlah lulusan dari fakultas terkait sains banyak,” tutur Gloria.

Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan mendorong kesetaraan gender, meningkatkan partisipasi dari calon ilmuwan, termasuk ilmuwan wanita, Dexa Group menggelar Dexa Award Science Scholarship 2019.

Dexa Award Science Schoalrship (DASS) adalah program beasiswa penuh S2 termasuk pemberian dana penelitian, yang ditujukan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia.

 Beasiswa

Melalui program DASS ini, para peserta yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai tiga pemenang terbaik, berhak mendapatkan kesempatan kuliah S2 di kampus mana pun berakreditasi A di Indonesia dan memiliki kesempatan berkarir di Dexa Group.

“ Semoga kesempatan program beasiswa S2 ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan kesehatan rakyat dan negara Indonesia, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, di mana tahun 2019 APBN difokuskan ke investasi bidang sumber daya manusia,”
kata Dr. Raymond Tjandrawinata, Ketua Panitia DASS 2019.

Cara gampang tinggal daftarkan diri www.dexascholarship.com, sebelum 15 April 2019, serta raih hadiah total senilai Rp1 miliar.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal