Inilah Dosa yang Sering Diremehkan Wanita

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 15 Juni 2021 11:01
Inilah Dosa yang Sering Diremehkan Wanita
Hakikat tabarruj adalah berusaha untuk memperlihatkan sesuatu yang harus disembunyikan oleh wanita.

Dream - Fenomena Tabarruj di kalangan masyarakt kini sudah tak asing lagi. Hakikat tabarruj adalah berusaha untuk memperlihatkan sesuatu yang harus disembunyikan oleh wanita.

Salah satu bentuk kehormatan yang paling agung terhadap wanita adalah apa yang diwajibkan oleh Allah SWT kepadanya agar mengenakan hijab syar'i. Dengan begitu justru menambah dirinya semakin sopan, anggun, bersih dan suci.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu-anhu diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasullullah shallauhu 'alaihi wa sallam bersabda:

" Dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat (yaitu) suatu kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi, di mana dengan cemeti tersebut, dia memukuli manusia: dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berjalan berlenggak lenggok, dan kepala mereka seperti punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Padahal baunya dapat terium dari jarak perjalanan sekian dan sekian,"

Tabarruj atau memamerkan kecantikan adalah termasuk perbuatan jahiliyah orang-orang tempo dulu, termasuk bentuk kemunduran lagi ke zaman tak berperadaban, Mengapa Engkau kembali lagi ke zaman itu, wahai orang yang telah diteraingi jalannya oleh Allah SWT dengan cahaya syariat Islam?

Allah SWT Berfirman :

Dari Ummu Salamah Radhiyallahu-anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, " Ketika turun firman Allah, dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya (Al-Ahzab:33), maka para wanita kaum Anshor keluar dari rumah mereka seolah-olah di kepala mereka ada burung gagak hitam karena kain kerudung mereka.

1 dari 7 halaman

Dari Aisyah Radhiyallahu-anhu diriwayatkan bahwa ia berkata," Semoga Allah merahmati wanita-wanita kaum Muhajirin yang pertama. Pasalnya ketika turun firman Allah," Dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dada mereka...'(An-Nur:31), maka mereka yang merobek kain korden---dalam riwayat lain disebutkan. " kain yang tebal--kemudian mereka menjadikannya kerudung.

Dari Ummu Salamah Radhiyallahu-anhu diriwayakan bahwa ia pernah mengutarakan kepada Rasullulah shalalahu alaihi wa sallam tentang bagian bawah pakaian perempuan. Maka Rasullollah bersabda," Hendaknya ia mengulurkan sejengkal," .

 

2 dari 7 halaman

Ummu Salamah berkata," Kalau begitu, masih kelihatan (kakinya)!. Beliau bersabda," Ulurkan satu hasta, tidak boleh lebih dari itu."

Dari Abu 'Udzainah As-Sodafi Radhiyallahu-anhudiriwayatkan bahwa Rasullulah bersabda," Sebaik-baik istri adalah yang penyanyang, subur (Banyak anak), baik hati dan suka membantu: Jika ia bertakwa kepada Allah. Dan sejelek-jelek istri kalian adalah yang suka mempertontonkan kecantikannya lagi sombong, dan merekalah orang-orang munafik. Tidak ada yang akan masuk surga dari mereka kecuali seperti burung gagak yang kedua sayapnya berwarna putih," .

Karena itulah, kaum wanita mukminah hendaknya menghindari perbuatan agar tidak terjerembab ke dalam lubang-lubang kemaksiatan dan penyimpangan yang bisa mendatangkan dosa. Wallahu A'lam.

3 dari 7 halaman

Dosa Wanita yang Paling Dibenci Allah

Dream – Betapa mulia kedudukan seorang wanita dalam Islam. Segala aturan yang telah diberikan, semuanya mengandung kebaikan bagi kehidupannya.

Selain itu, mentaati segala perintah Allah juga akan senantiasa memberikan kebahagiaan. Tidak hanya didunia, namun juga diakhirat kelak.

Namun sebagai makhluk yang selalu khilaf, masih ada para wanita yang melanggar perintah Allah. Baik dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja. Dan perbuatan tersebut ternyata sangat bertentangan aturan yang telah disampaikan.

Tanpa disadari, perbuatan tercela yang dilakukan terus menerus akhirnya menjadi dosa yang bertumpuk. Untuk itu, sangat penting mengetahui, dosa apa saja yang sebaiknya dihindari khususnya bagi para wanita.

 

 
4 dari 7 halaman

Mengubah Bentuk Fisik

Merubah fisik© Pexels.com

Tidak dianjurkan bagi seorang wanita untuk merubah bentuk fisik. Allah SWT berfirman, “ Dan akan aku (setan) suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya.” (QS. An-Nisa: 119).

Seorang wanita yang mengubah fisik baik dalam bentuk, rupa, warna dan juga fungsi merupakan dosa wanita yang dibenci Allah SWT.

Namun tidak semua pengubahan bentuk bagian tubuh dilarang, terutama jika ada tujuan tertentu yang membolehkan. Apabila perubahan fisik dilakukan karena untuk mengobati penyakit maka masih diperbolehkan dengan dalil untuk menyembuhkan.

Wanita Ja’zhariyah (Sombong)

Wanita ja’zariyah atau wanita yang kasar dan sombong juga merupakan dosa wanita yang dibenci Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “ Tiadakah kamu aku beri tahu tentang sifat penghuni neraka?” Abu Hurairah menjawab, “ Tentu, wahai Rasulullah” Rasul bersabda yaitu setiap Ja’zhari (yang sombong lagi keras), yang banyak makan lagi pelit dan sombong.”

Abu Hurairah berkata jika, Rasulullah saw telah bersabda, “ Sesungguhnya Allah membenci setiap orang ja’zhari (sifat sombong lagi kasar), jawwazh (yang banyak makan dan pelit) ,sakhhab (yang suka terika-teriak di pasar), yang tidur seperti Bangkai, dan yang (laksana) keledai pada siang hari.” (HR. Ibnu Hibban)

5 dari 7 halaman

Wanita Jawwazhah (Pelit)

Wanita jawwazhah dikategorikan sebagai wanita yang pelit dan rakus. Dan sifat tersebut sangat tidak disukai Allah SWT.

Abdullah bin Amr dalam riwayatnya mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda, “ Jauhlah olehmu pelit dan kikir karena sesungguhnya orang sebelum kamu hancur binasa karena mereka pelit. Mereka disuruh untuk kikir, kemudian mereka kikir dan bakhil. Mereka disuruh memutuskan hubungan silaturahim lalu merekapun melakukannya, dan mereka disuruh berbuat dosa (durhaka), lalu mereka durhaka (berbuat dosa).” (HR Ahmad)

Mengabaikan Perintah Suami

Suami Istri© Pexels.com

Suami adalah seorang pemimpin dalam rumah tangga. Dan setiap perintah yang diberikan harus selalu ditaati oleh seorang istri. Dengan catatan bahwa perintah yang diberikan sesuai dengan perintah Allah.

Untuk itu sangat tidak dibenarkan untuk melanggar perintah suami. Terlebih suami juga adalah seorang kepala rumah tangga. Rasulullah memberikan gambaran jika saat suami memberi perintah untuk sebuah pekerjaan seperti memindahkan bukit merah menuju bukit putih ataupun sebaliknya, maka istri tidak memiliki pilihan kecuali melaksanakan perintah yang diberikan suaminya tersebut.

6 dari 7 halaman

Menolak Hubungan Suami Istri

Efek Dahsyat Rutin Berhubungan Intim Saat Hamil© MEN

Pasangan yang sudah sah menjadi suami istri, maka sudah halal untuk melakukan hubungan untuk memperolah keturunan. Dan memenuhi keinginan suami untuk berhubungan merupakan salah satu kewajiban istri.

Apabila istri menolak saat suami meminta untuk bergaul, maka ini sama saja wanita atau istri tersebut sudah membuka pintu laknat dari Allah SWT. Kecuali disaat wanita sedang sakit atau sedang menstruasi maka diwajibkan wanita untuk menolak. Namun sebagai suami yang baik, segala urusan rumah tangga tentunya harus terlebih dahulu dikomunikasikan secara baik-baik.

Menyerupai Laki-laki

Wanita yang menyerupai laki-laki dimulai dari gaya tambut hingga cara berpakaian, merupakan salah satu dosa yang dibenci Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “ Allah melaknat laki laki yang menyerupai wanita dan juga wanita yang menyerupai laki laki”. [HR. Ahmad]

Dengan berpenampilan seperti laki laki, wanita tersebut tidak sadar jika dirinya sudah menumpuk dosa karena menyerupai laki laki dan juga dosa membuka aurat.

7 dari 7 halaman

Membuat Tato

Tato merupakan salah satu perbuatan yang dapat merusak tubuh. Terlebih jika membuat tato pada bagian tubuh yang harus terkena air wudhu. Sehingga hukum bertato dalam Islam adalah haram.

Rasulullah SAW bersabda, “ Allah melaknat wanita yang mentato dan minta ditato.” (HR. Bukhari)

Tato adalah sebuah dosa yang akan membuat seseorang mendapatkan laknat dari Allah SWT. Selain itu proses pembuatan tato yang terbilang sakit. Itulah mengapa pembuatan tato sangat tidak diperbolehkan dalam Islam.

(Sumber: dalamislam.com dan berbagai sumber lainnya)

Beri Komentar