Joko Anwar Tantang Kaum Muda Jadi Penulis Skenario Bumi Langit, Berani?

Reporter : Elvira F Saudi
Minggu, 6 Oktober 2019 12:28
Joko Anwar Tantang Kaum Muda Jadi Penulis Skenario Bumi Langit, Berani?
Jika naskahmu lolos seleksi, kamu bakal dapat pendidikan khusus gratis!

Dream - Film 'Gundala' yang disutradai Joko Anwar sukses meraih animo besar dari masyarakat Indonesia dan dunia. Film ini merupakan awalan dari projek besar yang tengah dikerjakan Joko dan sejumlah insan sineas lainnya dalam film serial Jagad Sinema Bumilangit (Bumilangit Cinematic Universe/BCU)

Ada sejumlah projek film yang bakal dikerjakan Joko dan rekan. Joko pun membuka tantangan kepada kaum muda untuk beradu menulis skenario untuk Jagad Sinema Bumilangit.

" Nanti akan kita umumkan di Twitter," ujar Joko di Ideafest, Sabtu kemarin.

 Joko Anwar

Joko sengaja membuka lowongan tersebut lantaran butuh banyak bantuan dalam proses pembuatan film-film BCU ke depannya. Tak seperti film sekuel, Joko mengungkapkan BCU merupakan projek besar yang membutuhkan orang yang tidak sedikit.

Ia juga sudah menentukan beberapa kru yang bakal terlibat dalam proses pembuatan film-film tersebut. Setiap naskah skenario yang masuk akan diseleksi dan bagi yang dinyatakan layak, penulisnya mendapatkan kesempatan pendidikan khusus secara gratis.

1 dari 5 halaman

Joko Anwar Bongkar Motivasi Terjun ke Industri Perfilman

Dream - Dalam dunia perfilman Tanah Air, Joko Anwar dikenal sebagai sosok yang multi-talent. Mulai dari producer, sutradara, penulis skenario, sampai sebagai aktor, Joko selalu menyuguhkan yang terbaik di setiap karyanya

Joko mengaku tidak main-main dengan tujuannya terjun ke industri perfilman. Dia selalu berusaha menghadirkan film terbaik dengan tema dan gaya tersendiri.

" Saya membuat film yang bisa dinikmati tetapi tetap memiliki nilai estetika. Buat saya, dari film saya bisa belajar bagaimana cara menghargai orang lain," ujar Joko pada acara IdeaFest 2019, akhir pekan ini.

Ada harapan yang diusung Joko dalam setiap karyanya. Dia ingin setiap orang yang menonton filmnya bisa menginspirasi masyarakat sehingga berubah menjadi lebih baik.

 Joko Anwar Akhirnya Umumkan Aktor Utama di Film Gundala

" Saya ingin apa yang saya katakan di film, dapat memengaruhi pikiran orang banyak," kata Joko.

Joko pun terbuka tentang tujuannya dalam membuat film. Dia selalu membuat film sesusai dengan visi yang ingin dia sampaikan.

" A movie is created in director’s mind. Jadi film sebetulnya sudah jadi duluan di kepala film maker. Di situ yang disebut visi sutradara," ungkap Joko.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

2 dari 5 halaman

Joko Anwar Kembali Tebar Ketakutan Lewat 'Perempuan Tanah Jahanam'

Dream – Setelah “ Pengabdi Setan”, film horor terbaru Joko Anwar  kembali menebar ketakutan lewat film terbarunya. Kali ini berjudul “ Perempuan Tanah Jahanam”.

Rencananya, film itu tayang di layar lebar pada 17 Oktober 2019. Film ini dibintangi oleh Ario Bayu, Tara Basro, Christine Hakim, Asmara Abigail, dan Marissa Anita.

Joko menilai film ini lebih seram daripada “ Pengabdi Setan”. Dikatakan bahwa film tersebut masih ramah kepada penonton.

“ Nah, ini betul-betul menggedor jantung. Kami sendiri merinding beneran sampai masuk ke kulit,” kata dia saat peluncuran trailer “ Perempuan Tanah Jahanam” di Jakarta, ditulis Selasa 17 September 2019.

3 dari 5 halaman

Bawa Dimensi Baru

Ario Bayu mengatakan “ Perempuan Tanah Jahanam” akan membawa penonton masuk ke dalam dimensi baru dan pengalaman baru pada sebuah karya layar lebar.

“ Ini dimensi baru bagi kami memainkan sebuah film,” kata dia.

Ario memuji ada “ dunia” yang diciptakan Joko. Selama proses syuting, semua kru tak ada yang bicara. Saat ditanya lebih detail, pria ini enggan untuk menjawabnya secara detail. Dia justru mengajak untuk menyaksikan film “ Perempuan Tanah Jahanam”.

4 dari 5 halaman

Masa Lalu

Film Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan tentang Maya, seorang perempuan muda yang sedang mengalami nasib buruk. Setelah berhasil selamat dari upaya pembunuhan di kota, Maya mengetahui bahwa ia mewarisi sebuah rumah di desa leluhurnya.

 Perempuan Tanah Jahanam Siap Bikin Bergidik

Dengan temannya Dini, Maya kembali ke desa kelahirannya, tidak menyadari bahwa masyarakat telah berusaha mencari dan membunuhnya karena suatu alasan.

Ketika dia mulai menemukan kenyataan rumit tentang masa lalunya, Maya menemukan dirinya dalam pertarungan untuk menyelamatkan hidupnya. (mut)

(Laporan: Vika Novianti Umar)

5 dari 5 halaman

Tara Basro Tertantang `Perempuan Tanah Jahanam`

Dream – Sukses dengan film “ Gundala”, Joko Anwar kembali hadir dengan film horor terbarunya, “ Perempuan Tanah Jahanam. Film tersebut dibintangi oleh sederet selebritis, termasuk Tara Basro.

Di film ini, Tara berperan sebagai “ Maya”.

Dia mengakui film horor ini lebih memberikan tantangan kepada para pemainnya. Bahkan, wanita kelahiran 1990 ini menyebut “ Perempuan Tanah Jahanam” lebih menakutkan daripada “ Pengabdi Setan”.

“ Ini sangat menantang buat aku dan juga sangat menantang fisik,” kata Tara.

 

Beri Komentar
20 OKT 2019 | 13:30 WIB - Pelantikan Presiden & Wakil Presiden RI 2019-2024