'Melody of Kindness' Ramadhan Jazz Festival 2022 Sukses `Hentak` Masjid Cut Meutia

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 25 April 2022 14:47
'Melody of Kindness' Ramadhan Jazz Festival 2022 Sukses `Hentak` Masjid Cut Meutia
Dihadiri musisi-musisi ternama Indonesia, helatan musik di masjid obati rasa rindu nonton konser.

Dream – Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) sukses membuat Masjid Cut Meutia, Menteng, akhir pekan kemarin (22-23 April 2022) semarak lewat event Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2022.

Sederet musisi Tanah Air yang sudah tidak asing di mata Sahabat Dream seperti Mahalini, Rizky Febian, MALIQ & D’Essentials, SIVIA, Ecoutez, Ziva Magnolya, GANGGA, Teddy Adhitya, Saxx in The City, Rio Moreno Latin Combo, dan Dwiki Dharmawan n Friends feat Innayah hadir memeriahkan RJF 2022.

Setelah Ramadan tahun lalu helatan musik yang rutin digarap  dilakukan secara online, kehadiran RJF 2022 yang digelar kemarin menjadi obat rindu menonton konser musik secara live.

Ramadhan Jazz Festival© RICMA

Tak cuma para musisi ternama yang jadi magnet penonton selama rangkaian acara RJF 2022. Kehadiran Ustaz Erick Yusuf juga turut dinantikan para penonton saat tampil pada Sabtu, 23 April 2022 kemarin.

Ketua Umum RICMA, Muhammad Husein, mengatakan kegiatan tahunan Ramadhan Jazz Festival bertujuan tidak hanya memberikan kegiatan konser musik yang biasa, tetapi mempunyai nilai-nilai positif baik bagi penyelenggara maupun pengunjung RJF itu sendiri. RJF 2022 kali ini mengusung tema ‘Melody of Kindness’, yang bermakna tatkala melodi dilantunkan kebaikan senantiasa disyiarkan.

 “ Kegiatan ini memiliki nilai dakwah untuk anak muda yang hadir di Masjid, bukan sekadar beribadah tetapi juga melakukan aktivitas yang positif, khususnya bagi audiens yang hadir yakni melalui kegiatan donasi. Melalui kegiatan RJF ini dapat memberikan nuansa damai serta cinta untuk semua kalangan, khususnya lintas agama, serta ikut andil dalam mendukung pemerintah dalam hal memajukan bangsa,” tambah Husein dalam keterangan tertulisnya, Senin, 25 April 2022 

1 dari 2 halaman

Mengikuti aturan kesehatan

Ramadhan Jazz Festival© RICMA

Dirancang sebagai sarana dakwah kekinian yang relevan di kalangan millenial bahkan generasi Z, acara ini mendefinisikan tentang hubungan anak muda dan masjid lewat musik jazz sebagai medium perekatnya.

“ Semoga Allah Senantiasa memberikan keberkahan dan meridhoi hingga kegiatan ini menerbarkan manfaat bagi penyelenggara, penampil, pendukung, ataupun penonton yang hadir secara langsung atau live streaming,” kata Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan Founder RJF yang juga Managing Director WartaJazz.

Ramadhan Jazz Festival© RICMA

Meski sudah tak seketat sebelumnya, RICMA tetap menggelar RJF 2022 dengan membatasi jumlah penonton dan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai panduan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan diselenggarakan di Plataran Masjid Cut Meutia, Menteng JakartaPusat.

2 dari 2 halaman

Dilanjut Social Activity

“ Seperti melodi yang dapat didengar & dinikmati berbagai kalangan, dari tahun ke tahun RJF juga akan terus menyebarkan melodi-melodi kebaikan, seperti yang telah diperintahkan oleh Allah SWT lewat Firman-NYA dan dicontohkan oleh para Nabi agar umat manusia harus dapat berbagi kebaikan terhadap sesama,” tegas Wildan Anugerah selaku Project Officer 11th Ramadhan Jazz Festival di kesempatan yang sama.

Ramadhan Jazz Festival© RICMA

Setelah dua hari terselenggaranya RJF 2022 kemarin terus dilanjutkan Social Activity berupa pengumpulan donasi yang bekerjasama dengan platform Kitabisa.com.

Ramadhan Jazz Festival© RICMA

Bertemakan ‘Sebarkan Berkah dengan Mengurangi Kelaparan’, hasil donasi yang terkumpul itu nantinya disalurkan RJF 2022 yang berkolaborasi dengan Food Bank of Indonesia untuk mewujudkan program Dapur Pangan di mana masyarakat bisa memperoleh makanan yang baik dan bermartabat.

Beri Komentar