Bangkitkan Geliat Fashion Muslim di Masa Transisi Pandemi Lewat Muffest 2021

Reporter : Putu Monik Arindasari
Jumat, 19 Maret 2021 13:11
Bangkitkan Geliat Fashion Muslim di Masa Transisi Pandemi Lewat Muffest 2021
Berkonsep hybrid.

Dream - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 resmi digelar mulai 18-28 Maret 2021 di Kota Kasablanka Jakarta.

Namun selain Jakarta, MUFFEST 2021 juga digelar di Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung dalam waktu yang berbeda.

Muslim Fashion Festival 2021© Istimewa

Dalam masa pandemi Covid-19 pagelaran fashion ini berkonsep hybrid yang mana digelar secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah, serta secara virtual melalui streaming di website resmi, kanal YouTube serta Instagram live akun @muslimfashionfestival.

Muslim Fashion Festival 2021© Istimewa

MUFFEST 2021 mengusung tema “ Recovery for Fashion Industry” yang diharapkan dapat menciptakan suatu gerakan kuat dalam membangkitkan semangat positif dan optimisme bagi seluruh ekosistem industri fesyen muslim dari situasi pandemi yang masih melanda.

1 dari 5 halaman

Beradaptasi dengan masa kritis

Muffest 2021© Instagram.com/muslimfashionfestival

Ali Charisma sebagai National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) mengungkapkan pandemi global menuntut para pelaku usaha fashion muslim untuk beradaptasi dengan perubahan dan tetap bertahan di masa krisis.

MUFFEST 2021 hadir sebagai platform yang dapat membantu pelaku industri fesyen muslim untuk mulai memulihkan bisnis secara estafet.

“ Kami mengupayakan MUFFEST tetap terselenggara untuk membantu pelaku fesyen muslim. Bukan berarti mengabaikan pandemi yang belum berakhir, dan kita respek terhadap peraturan Pemerintah, namun kita harus bisa survive, berusaha, bergerak, untuk menjalankan roda ekosistem fesyen nasional,” ujar Ali dalam acara Press Conference MUFFEST, Kamis, 18 Maret 2021.

Para pelaku industri fashion muslim juga menyambut hadirnya MUFFEST 2021. Pagelaran ini menjadi salah satu solusi atas masalah yang dihadapi di masa pandemi.

2 dari 5 halaman

Apa kata desainer?

Fashion Designer Deden Siswanto dalam kesempatan yang sama mengharapkan kehadiran MUFFEST dapat memberikan kesempatan bagi para fashion designer serta pelaku usaha untuk bisa bergerak, saling bantu, bersaing dengan sehat, dan saling mempromosikan.

Muslim Fashion Festival 2021© Istimewa

Perhelatan MUFFEST juga ditargetkan menjadi tolak ukur perkembangan fashion muslim di tanah air dan mengantarkan Indonesia sebagai pusat inspirasi dan belanja fashion musim dunia.

Muslim Fashion Festival 2021© Istimewa

MUFFEST 2021 akan menghadirkan exhibition yang memperkuat konsep ritel atau B2C (Business to Customer), fashion show yang menampilkan karya-karya dari desainer busana muslim kebanggaan tanah air, serta didukung dengan kegiatan yang inspiratif dan interaktif, seperti talkshow dan fashion presentation.

3 dari 5 halaman

Digelar Offline, MUFEST 2021 Hadirkan Karya Fashion Muslim Sustainable

Dream - Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo bakal kembali menyelenggarakan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021. Acara ini akan berlangsung mulai dari 18 – 21 Februari 2021 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Mengusung tema 'Recovering Industry with Slow Fashion', MUFFEST 2021 digelar untuk memulihkan industri mode dan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19.

" UKM perlu memahami perubahan perilaku konsumen dan beradaptasi dengan situasi New Normal. Di sinilah bentuk kebaikan MUFFEST yang terus merangkul para pelaku dunia fashion membantu aktivitas penjualan," ujar Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di konferensi pers MUFFEST 2021, baru-baru ini.

Konsep sustainable kembali digaungkan demi menjaga keberlangsungan bumi pertiwi. Hal ini diterapkan dalam pemakaian bahan dasar serta teknik pembuatan busana muslim yang ramah lingkungan.

" Ada banyak perusahaan yang tutup sejak masa pandemik. Banyak orang kehilangan pekerjaan, serta jatuhnya harga dari banyak produk fashion. Kami juga benar-benar melihat konsep sustainable sangat penting," tutur Ali Charisma, National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC).

4 dari 5 halaman

See Now Buy Now

Gelaran ini dibuat dalam rangka mempertemukan pemain lama di dunia fashion dengan para pemain baru untuk saling berbagai pengalaman.

Konsep 'See Now Buy Now' juga memungkinkan para desainer dapat langsung menjual koleksi yang dipamerkan kepada pembeli.

MUFFEST 2021© Foto: Indonesia Fashion Chamber

Cara ini diharapkan dapat mempercepat alur produksi serta pengeluaran sehingga pelaku mode tak perlu lagi berkiblat pada konsep Spring dan Summer.

MUFFEST 2021 akan hadir dengan program baru dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan eksistensi di era digital.

5 dari 5 halaman

Program Acara Menarik

MUFFEST 2021© Foto: Indonesia Fashion Chamber

Program-program inovasi seperti Exhibitor Coaching, New Concept of MYDC, Live Booth on MUFFEST dan Virtual Exhibition akan digelar selama 4 bulan. Selain itu, ada juga ESSENCE by MUFFEST pada Oktober 2020 mendatang.

" ESSENCE ini akan menjadi wadah untuk pebisnis dan penikmat mode agar dapat bertemu secara offline," kata Hafizh Poernomo selaku Project Officer MUFFEST.

Kegiatan interaktif yang akan diselenggarakan antara lain Talkshow, Fashion Presentation, Styling Competition: Mens Wear Concept, Make Up and Do Competition, serta kompetisi Next Face MUFFEST untuk menjaring talenta berbakat di industri fashion muslim Tanah Air.

Beri Komentar