Kiat Hijabers Community Jaga Komunitas di Tengah Pandemi

Reporter :
Rabu, 9 September 2020 15:12
Kiat Hijabers Community Jaga Komunitas di Tengah Pandemi
Putri merupakan ketua umum Hijabers Community.

Dream - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir tujuh bulan di Indonesia, menyebabkan kita tidak bisa berkumpul dalam kerumunan.

Hal ini juga yang membuat banyak komunitas di Indonesia menanggalkan segala acara offline yang sudah direncakan dari jauh hari. Semua acara beralih menjadi virtual.

Termasuk komunitas hijaber terbesar di Indonesia, Hijabers Community (HC).

Selasa, 8 September 2020 kemarin, Putri Dwi Andari, Ketua Umum Hijabers Community menceritakan bagaimana dirinya dan tim saling menyemangati, agar segala acara tetap berjalan lancar dan tentunya tetap produktif.

Putri Dwi Andari© Instagram.com/putridwiandari

1 dari 6 halaman

“ Ini merupakan challenge buat kami, karena saat ini komunitas muslimah itu sudah banyak banget. Kita juga melihat bahwa event-event banyak berkembang makanya kitapun harus tetap up to date dengan perkembangan zaman, komunikasi dengan member dan juga komite juga harus terus lancar,” ujar Putri Dwi Andari atau yang akrab disapa Pucil di Instagram Live #NgobrasDream.

Sebagai komunitas hijab yang sudah berdiri hampir 10 tahun, HC terus beradaptasi dengan kondisi yang ada, walau awal pandemi semangat para komite di HC sempat menurun, Pucil tetap memutar otak agar seluruh rencana HC tetap berjalan tanpa hambatan.

 

2 dari 6 halaman

Siap buat helatan tahunan HC Day

Bahkan Pucil dan HC pun siap menjalankan helatan besar mereka di tiap tahunnya yaitu Hijabers Community Day 2020 pada akhir Oktober 2020 mendatang.

Kamu siap jadi bagian dari HC Day 2020? Simak obrolan kami dengan Putri di sini yuk!

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

 

Laporan: Shania Suha Marwan

3 dari 6 halaman

HC DAY 2019 Mampu Sedot Lebih dari 5000 Pengunjung dalam Sehari

Dream - Acara tahunan komunitas Hijabers Community (HC), HC DAY 2019, yang digelar seharian mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB pada Sabtu, 27 April 2019 di The Hall Kota Kasablanka, Jakarta mampu menyedot lebih dari ribuan pengunjung.

Terbukti dari ludesnya tiket yang disediakan sebanyak 5000 plus 2000 tiket pre-sale. Hal ini pun diamini Ketua HC, Putri Dwiandari yang ditemui tim Dream di lokasi acara, " Alhamdulillah, aku juga baru dapat info dari tim ticketing kalau tiket sudah terjual habis, dan ini masih jam 4 sore, belum malam. Jadi ekspektasinya masih bisa nambah."

Helatan yang menyajikan ragam acara seperti pengajian akbar, talkshow, workshop, bazaar, dan charity ini juga menghadirkan banyak narasumber baik dari dunia keagamaan sampai selebriti muslim lainnya.

Mereka di antaranya adalah Ustaz Fatih Karim, Ustaz Asep Supriatna, Ustazah Peggy Melati Sukma, Ustazah Irene, Ustaz Felix Siauw, serta para selebriti seperti Zaskia Sungkar, Fitri Tropica, Dhini Aminarti, Chacha Frederica, Ratu Anidita dan Marion, Herfiza dan Ricky Harun, Dian Ayu Lestari, serta Chiki Fawzi.

Hijabers Community© Instagram.com/hijaberscommunityofficial/

4 dari 6 halaman

Dihadiri Fery Baswedan

Tak ketinggalan, spesial di acara tahunan ketujuh ini adalah hadirnya Fery Farhati Ganis, selaku istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada pembukaan HC DAY 2019.

" Ibu Fery menyampaikan kalau dia selama ini banyak banget bertemu dengan perempuan dan muslimah dari berbagai bidang yang jauh dari sorot media namun mereka mampu menggerakan kesejahteraan keluarga, kesehatan, kelestarian lingkungan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Ibu Fery melihat HC ini adalah agent of change atau perempuan-perempuan yang menjadi lokal champion bagi lingkungannya," kata Putri menirukan ucapan istri Anies Baswedan.


Hijabers Community© Instagram.com/hijaberscommunityofficial/

" Kata Bu Fery, HC merupakan perwakilan sekelompok masyarakat yang mampu mengerjakan hal-hal kecil namun membawa manfaat bagi lingkungan sekitar sehingga dapat menginspirasi banyak orang," tambah Putri.

Putri pun menyetujui pernyataan Fery yang sama dengan misi HC sendiri, " Kita sebagai komunitas juga ingin menginpirasi banyak orang, dan ingin jadi koridor buat mereka yang ingin tetap beraktivitas dan berkreasi namun masih dalam koridor Islam atau Syariah."

 

5 dari 6 halaman

'Muslimah as An Agent of Change'

HC DAY 2019 yang disiapkan sejak tiga bulan sebelum acara ini memiliki tema 'Muslimah as An Agent of Change' ini bertujuan membawa sesama dalam perubahan yang lebih baik.

" Mulai dari hal kecil, misalnya, kami ingin perubahan-perubahan itu ada seperti makan menggunakan tangan kanan, bersedekah, tidak membuang sampah sembarangan, atau pakai reusable straw untuk peduli lingkungan," jelas Putri.

Bahkan sebelum HC DAY 2019 ini dilaksanakan, HC sendiri sukses menggelar Road to HC DAY 2019 dengan membagikan 100 reusable straw ke pesrta Car Free Day (CFD) sembari olahraga pagi bersama, pada 7 April kemarin.

Hijabers Community© Instagram.com/hijaberscommunityofficial/

Berbeda dengan tahun lalu, di tahun ini HC bekerjasama dengan Dompet Dhuafa meluncurkan sebuah pemberdayaan dengan membangun taman baca untuk masyarakat marginal di Sukabumi.

" Melihat budaya membaca yang semaki sirna karena gencarnya teknologi digital membuat kita tergerak untuk membuat taman baca. Di samping itu, HC ingin memiliki charity yang sustainable dan bisa diikuti seluruh kalangan masyarakat," tutur ibu tiga anak ini.

Guna menggalakann perubahan, di acara ini HC juga bekerjasama dengan Waste4Change untuk mengajak orang-orang yang datang ke lokasi acara mengumpulkan sampah baik sampah kosmetik, batrei, dan lainnya agar dibawa ke booth WasteChange untuk menaruh sampahnya sembari diberikan edukasi.

" Alhadmulillah tadi sudah ada yang datang melakukan itu, mereka bawa tas besar-besar, pas dilihat eh tahunya sampah," cerita Putri.

6 dari 6 halaman

Harapan HC

Di akhir perbincangan Dream dengan Putri, dirinya berharap HC beristiqomah dalam menjalankan program-programnya yang sesuai dengan visi dan misi.

Selain itu, Putri juga mau melebarkan HC ke kota-kota besar di Indonesia. Seperti diketahui, saat ini HC sudah memiliki 12 cabang di seluruh Indonesia.

Hijabers Community© Instagram.com/hijaberscommunityofficial/

" Satu harapan terbesar saya mewakili HC adalah ingin mengadakan gathering serta rapat kerja bersama seluruh pengurus HC di seluruh Indonesia yang bisa dilakukan di Jakarta," katanya.

" Karena HC yang merupakan wadah ajang ketemu, menambah skill, juga ingin jadi ajang networking buat bisnis para member, bisa saling kenal lebih dekat, bekerjasama, dan membantu satu sama lain," tutup Putri.

Beri Komentar