Cara Merencanakan 'Goals' Hidup Sejak Dini

Reporter :
Senin, 24 Agustus 2020 13:45
Cara Merencanakan 'Goals' Hidup Sejak Dini
Kamu bisa ajak buah hati obrolkan hal ini sejak usia 5 tahun.

Dream - Setiap manusia umummya memiliki motivasi serta tujuan masa depan di dalam hidupnya. Masa depan mencakup semua harapan, tujuan, dan juga cita-cita seseorang.

Untuk menggapai itu semua dibutuhkan rencana dan strategi jauh-jauh hari. Bahkan tujuan hidup idelnya sudah mulai dirancang sejak dini, seperti usia lima tahun.

Rencana masa depan yang sudah diatur dan diarahkan sejak dini akan membawa banyak manfaat baik diri sendiri maupun orang lain.

Ilustrasi© Shutterstock

Langkah apa aja yang bisa kita ambil untuk merencanakan tidak salah ketika merencakan masa depan dengan matang?

1 dari 4 halaman

Mulai Kenali Potensi Diri

Menurut Salsabila Mayang Sari, M. Psi., pertama kita bisa mulai dengan mengenali diri kita sendiri, mulai dari melihat apa yang kita butuhkan dan potensi yang kita miliki.

Selanjutnya, cari informasi yang bermanfaat yang bisa memberikan dampak positif untuk diri kita.

“ Ketiga, merumuskan pilihan karir kita satu-persatu yang terencana dan terstruktur karena kita nggak bisa berhadapan dengan banyak keputusan tanpa memilih salah satu," ujar Mayang yang merupakan juara kedua Dream Girls 2016.

2 dari 4 halaman

Tetap Optimistis

" Terakhir, setiap permasalahan yang muncul di tengah harus kita selesaikan, kalau ada permasalahan yang muncul tidak apa-apa yang penting kita hadapi dan tetap optimis ketika menghadapinya,”

Seperti yang sudah dijelaskan Mayang, baik Sahabat Dream atau anak kalian nantinya, ketika ingin memulai karir dan memiliki masa depan yang bagus harus mulai dari mengenal diri sendiri dan menghadapi semua masalah yang ada dengan optimis.

Simak obrolan lengkap kami berikut ini.

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

3 dari 4 halaman

Dream Ngobras: Di Rumah Aja Bikin Wajah Berjerawat? Ketahui Penyebabnya!

Dream - Pandemi corona membuat kita banyak menghabiskan waktu berada di rumah. Meski begitu, di rumah aja tidak menjamin kulit kita jadi bebas jerawat.

Kulit justru membutuhkan perawatan intensif ketika berada di rumah. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif.

Di rumah aja membuat orang cenderung malas membersihkan wajah. Padahal kebiasaan ini justru memicu masalah pada kulit yang tadinya sehat.

" Karena di rumah saja jadi merasa tidak terkena debu dan polusi. Padahal di rumah kita juga tetap berkeringat, dan itu menimbulkan kotoran yang menumpuk pada wajah," jelas dr. Etty Farida Mustifah, Sp.KK, Dosen Universitas Uhamka di sesi Dream Ngobras, Kamis 4 Juni 2020.

Penumpukan kotoran pada kulit dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat hingga komedo. Wajah tetap harus dibersihkan dua kali sehari guna menjaga kulit tetap bersih dari debu dan kotoran.

 

 

4 dari 4 halaman

Perlindungan Ekstra

Selain rajin membersihkan wajah, Sahabat Dream juga dapat melakukan perawatan rutin memakai skincare. Rutinitas ini seharusnya berjalan lebih lancar karena kamu banyak menghabiskan waktu di rumah.

Gunakan sela-sela waktu di rumah untuk memakai masker wajah. Selain itu, jangan lupa gunakan proteksi terhadap sinar matahari.

" Meski tidak keluar rumah, sunscreen tetap harus dipakai. Pasti ada kaca yang memantulkan sinar matahari ke dalam. Uap panas ketika kita memasak juga dapat memengaruhi kondisi kulit," ujar dr. Etty.

Sunscreen© Foto: Shutterstock

Tak perlu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi. Cukup pilih kadar SPF 30 yang cocok untuk iklim Indonesia. Jangan lupa sesuaikan suncreen dengan jenis kulit.

" Dilihat dulu kondisi kulitnya. Base SPF ini kan minyak. Kalau yang basicnya suda berminyak justru bikin komedo dan jerawat," jelasnya.

Beri Komentar