RISKA Obati Kangen Ramadan Seperti Dulu

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 31 Maret 2022 19:12
RISKA Obati Kangen Ramadan Seperti Dulu
Kembali gelar acara setelah dua tahun tertunda, obati rindu satu sama lain.

Dream - Setelah absen dua tahun karena pandemi Covid-19, akhirnya komunitas RISKA (Remaja Islam Sunda Kelapa) kembali mengadakan acara tahunan pada 2022.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, RISKA sukses menggelar Tarhib Ramadhan pada Sabtu 26 Maret sampai Minggu 27 Maret 2022.

Dihelat di Serambi Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, acara bertema Fun O Rama: Ramadhan Eternal Blessing itu mengajak remaja dan masyarakat sekitar Jabodetabek untuk bersama-sama menyambut Ramadan dengan sederet acara yang disajikan.

Meski hujan sempat mengguyur lokasi acara, suasana hangat tetap terasa di keramaian serambi masjid.

Acara dimulai dengan kompetisi azan di ruang ibadah utama dan archery war di aula Sakinah, kemudian setelah Ashar acara resmi dibuka oleh DKM Masjid Agung Sunda Kelapa, Setyanto P. Sentosa, dilanjutkan persembahan Tari Saman dan live music ukulele dari Adik Asuh RISKA.

Mempersiapkan hadirnya Ramadan, di acara ini RISKA menyajikan tabligh akbar tentang persiapan puasa Ramadan oleh Ustaz Ahmad Ridwan dan dilanjut dengan kajian tentang bagaimana mendapatkan keberkahan Ramadan oleh Ustaz Handy Bonny dari Bandung.

1 dari 5 halaman

Semarak acara masih berlangsung sampai malam karena adanya penampilan Vocal Class RISKA dan HIRO, grup musik Islami yang menjadikan semangat menyambut Ramadan di kalangan anak muda.

Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa© RISKA

Menariknya, pengunjung yang didominasi perempuan dan dibalut dengan berbagai macam performance, tabligh akbar, hingga bermalam di masjid untuk qiyamullail (salat malam) bersama Ustaz Saihul Basyir, bisa mengobati kerinduan pengujung dengan suasana i’tikaf yang biasa digelar saat Ramadan oleh Masjid Agung Sunda Kelapa.

“ Alhamdulillah seneng banget ada acara ini, udah kangen banget nginep di masjid. Gak sabar mau Ramadan, terus buka puasa, tarawih dan i’tikaf di 10 hari terakhir di sini,” ujar salah satu pengunjung acara ini yang dituangkan lewat komentar di Instagram @riskamenteng dengan akun @srhssnt.

2 dari 5 halaman

Salurkan donasi

Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa© RISKA

Selain agenda Tarhib Ramadhan ini, RISKA akan menggelar kegiatan lainnya yaitu Anjangsana Sosial RISKA (ANSOR) dengan membagikan vacuum cleaner untuk masjid dan mushola di sekitar Jakarta.

Tak cuma itu saja, ada juga penyaluran 100 pasang sepatu untuk anak yatim dan dhuafa di sekitar masjid.

Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa© RISKA

Buat Sahabat Dream yang ingin menyalurkan donasinya, bisa berpartisipasi melalui rekening RISKA yang informasinya ada di Instagram @riskamenteng.

3 dari 5 halaman

Muslim LifeFair 2022: Bantu UMKM Ekonomi Syariah, Bidik Target Transaksi Rp50 M

Dream –  Sukses digelar selama tiga hari (25-27 Maret 2022), Muslim LifeFair 2022 sukses dikunjungi hingga 30 ribu pengunjung.

Dilaksanakan secara offline di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta event yang digelar Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) menerapkan protokol kesehatan ketat.

Muslim LifeFair 2022 merupakan rangkaian event puncak menuju Indonesia Muslim Life Fest yang akan digelar pada Agustus 2022 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

'Perempuan dan Cerita Mereka', Bentuk Dukungan Cerita Roti untuk Perempuan Indonesia

Sempat terhalang pandemi, Indonesia Muslim LifeFest yang digelar dua tahun sukses menarik perhatian dari 60 ribu pengunjung pada Agustus 2019 di JCC yang merupakan perhelatan pertama.

Kembali hadir di 2022, Muslim LifeFair 2022 ini menargetkan bisa membukukan transaksi hingga Rp50 miliar atau sepertiga dari transaksi Muslim Life Fest 2019.

4 dari 5 halaman

Dimeriahkan 195 Ekshibitor Produk Halal

Didukung Bank Hijra, Muslim LifeFair 2022 selama tiga hari terakhir menghadirkan sekitar 195 ekshibitor pelaku UMKM (Usaha Mikro Kelas Menengah) produk halal dan ekonomi syariah di Indonesia dari berbagai sektor.

Ekshibitor mulai dari modest fashionislamic educationhobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, kuliner halal aman & sehat, beauty & pharmaceutical hingga thibbun nabawi herbal.

Buru Talenta Baru, 1ID Entertainment Ingin Ubah Stigma Artis `Sensasi Tanpa Prestasi`

Muslim LifeFest 2022© Muslim LifeFest 2022

Dengan berkembangnya tren gaya hidup halal pada masa pandemi, pameran ini menjadi gairah bagi para pelaku UMKM untuk menampilkan masing-masing produk halal terbaiknya.

Tak ketinggalan juga urusan fashion, di Muslim LifeFair 2022 kemarin juga terdapat stand-stand pakaian muslimah seperti hijab, gamis, khimar, hingga bergo.

Sementara pengunjung yang membutuhkan informasi dan perihal rencana umrah atau haji, beberapa brand travel yang telah mendapatkan izin resmi Kementerian Agama turut ramaikan keinginan calon jemaah dengan menawarkan harga paket yang bersahabat.

“ Muslim Life Fair 2022 bukan sekadar ajang pameran. Kami berharap semoga Muslim Life Fair juga dapat menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk menggairahkan produk halal terbaiknya pada masyarakat Indonesia,” tutur Ketua KPMI Rachmat Sutarnas Marpaung pada keterangannya Senin, 28 Maret 2022.

5 dari 5 halaman

Pengelola Sekolah dan Ponpes Turut Hadir

Di balik semarak ajang pameran produk UMKM, Muslim LifeFair 2022 juga menghadirkan berbagai pesantren dan sekolah Islam seperti Al Binaa IBS Bekasi, BQ Islamic Boarding School, Mahad Aisyah Binti Abu Bakar dan Pesantren Al Andalus sebagai referensi para orangtua dalam memilih sekolah untuk buat hati tercinta. 

Muslim LifeFest 2022© Muslim LifeFest 2022

Selamat! Inilah 15 Grand Finalis Dream Inspiring Women 2022, Selangkah Menuju Umroh

Melalui pameran ini, diharapkan #KitaBersama dari Muslim LifeFair 2022bisa membangkitkan semangat UMKM khususnya para pelaku usaha muslim untuk terus tumbuh dan berkembang.

Muslim LifeFest 2022© Muslim LifeFest 2022

Walau belanja online sudah menjadi tren, namun pameran offline yang mempertemukan secara fisik antara penjual dan pembeli  tetap jadi tempat untuk melengkapi dengan pertumbuhan digitalisasi dan e-commerce.

Beri Komentar