2 Menu Buka Puasa Favorit Rasulullah SAW, Apa Saja?

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 15 April 2021 14:12
2 Menu Buka Puasa Favorit Rasulullah SAW, Apa Saja?
Apakah menunya sama dengan menu buka puasa kamu?

Dream - Rancangan menu-menu buka puasa tampaknya sudah terbayang mulai siang hari atau selepas azan dzuhur. Pikiran kita langsung melayang membayangkan manisnya kolak, segarnya es buah serta nikmatnya gorengan serta saus sambal. 

Menu-menu tadi jadi jadi deretan pilihan makanan dan minuman berbuka puasa yang kebanyakan dipilih masyarakat Indonesia.

Tapi Sahabat Dream tahu nggak kalau salah satu amalan Nabi Muhammad SAW saat berbuka adalah menyantap buah kurma dan air putih?

Dalam hadis riwayat At-Tirmidzi dikatakan bahwa:

Artinya, " Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci," (HR At-Tirmidzi).

Ada dua menu buka puasa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad, yaitu kurma dan air putih. Dua menu ini biasa dikonsumsi Rasulullah saat berbuka puasa.

1 dari 3 halaman

Manfaat untuk tubuh

Ilustrasi© Shutterstock

Rupanya, dua menu ini punya manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Kurma yang memiliki rasa manis dapat menguatkan tubuh, terutama menyegarkan mata, setelah puasa seharian.

Sedangkan air putih, Rasulullah SAW mengatakan bahwa air putih merupakan menu yang suci, bersih, dan sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu buka puasa lainnya.

Wah, jadi nggak perlu terlalu memasak sajian buka puasa lainnya kalau gitu, Sahabat Dream.

2 dari 3 halaman

3 Manfaat Mengejutkan Kurma untuk Kecantikan

Dream - Manfaat dari buah kurma sangatlah banyak, bukan hanya untuk kesehatan. Kurma yang mengandung banyak gizi, ternyata juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan karena mengonsumsi kurma:

Makan Kurma© shutterstock.com

Melembutkan Kulit

Kalau kamu memakan kurma setiap hari, kulitmu akan terasa lembut. Cara lain untuk melembutkan kulit wajah dari kurma adalah dengan menggunakan masker dari kurma. Kamu bisa ambil 6 kurma yang sudah dipisahkan dari bijinya.

Giling halus buah kurma tersebut, kemudian aplikasikan ke wajah kamu. Diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air bersih.

3 dari 3 halaman

Mengobati Kulit Sensitif


Tips Penting Membersihkan Kulit Sensitif, Bebas Iritasi dan Makin Cantik© MEN

Kandungan vitamin B6 dan juga protein di dalam kurma bermanfaat untuk mengobati kulit yang sensitif. Kamu tinggal menambahkan yoghurt di masker kurma. Campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan ke wajah kamu, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Mencerahkan Kulit

Tips Penting Membersihkan Kulit Sensitif, Bebas Iritasi dan Makin Cantik© © Shutterstock

Vitamin C yang terdapat di dalam buah kurma bermanfaat untuk mencerahkan kulit seperti buah lemon atau jeruk. Kamu bisa mengonsumsi secara langsung buah kurma atau juga dilakukan dengan cara membuat masker dari kurma dan dioleskan ke wajah kamu.

Beri Komentar