Hidup Sehat Selama Pandemi, Ini Dia Segudang Nutrisi di Balik Sebuah Telur

Reporter : Iwan Tantomi
Kamis, 6 Mei 2021 15:37
Hidup Sehat Selama Pandemi, Ini Dia Segudang Nutrisi di Balik Sebuah Telur
Yuk, simak penjelasannya!

Siapa yang tidak kenal telur, makanan sehari-hari yang gampang dibuat dan terkenal banyak mengandung nutrisi. Sebagai orang Indonesia yang suka makan nasi, seringkali kita memadankan nasi dengan telur. Salah satunya lewat nasi goreng. Nah, hal ini tentunya tak lepas dari manfaat telur yang memiliki segudang manfaat.

Mau tahu apa saja manfaat lengkap telur? Yuk, simak penjelasannya.

1 dari 8 halaman

Protein

Telur merupakan salah satu sumber terbaik protein, karena kaya akan asam amino esensisal. Bagi tubuh peran protein ini sangat penting, karena dapat menjaga kesehatan otot dan tulang, jingga produksi hormon dan enzim. Untuk mendapatkan manfaat protein secara maksimal, telur harus dikonsumsi utuh baik bagian putih maupun kuningnya.

2 dari 8 halaman

Vitamin

Shutterstock© Shutterstock

Di dalam telur, mengandung vitamin A yang mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh sebanyak 6% yang bermanfaat menjaga kesehatan mata dan menjaga daya tahan tubuh. Lalu, ada vitamin B2 untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh sebanyak 15%, yang berperan besar menjaga suplai energi tubuh. Ada pula vitamin B12 dan vitamin B5 yang masing-masing dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh sebesar 9% dan 7%. Vitamin B12 dapat menjaga kesehatan saraf dan mencegah anemia, sedangkan vitamin B5 dapat membantu pembentukan sel darah merah.

3 dari 8 halaman

Kolin

Dalam sebutir telur berukuran besar tersimpan 147mg kolin atau sebanyak 27% dari total rekomendasi harian tubuh. Kolin berperan penting menjaga kesehatan saraf, terutama berkaitan daya ingat dan kemampuan belajar.

4 dari 8 halaman

Selenium

Mineral satu ini berperan penting untuk berbagai fungsi tubuh. Mulai mendukung fungsi kognitif, hingga menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, diketahui telur termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan selenium harian bagi tubuh, karena kandungan seleniumnya mencapai 22%.

5 dari 8 halaman

Yodium

Shutterstock© Shutterstock

Selanjutnya ada yodium sebesar 25mg atau sekitar 16% dari kebutuhan harian tubuh dalam satu butir telur. Peran yodium ini untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, agar tak mudah mengalami penyakit seperti gondok, bahkan hingga stroke.

6 dari 8 halaman

Fosfor

Fosfor diperlukan tubuh menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Selain itu, fosfor dibutuhkan untuk membentuk energi yang diperlukan dalam tubuh, sekaligus menggerakkan otot. Dalam satu butir telur terkandung sekitar 86mg fosfor, yang mana bisa memenuhi sekitar 9% kebutuhan fosfor harian dalam tubuh.

7 dari 8 halaman

Zat Besi

Satu butir telur juga mengandung zat besi sekitar 0,9mg atau setara 14% kebutuhan zat besi harian dalam tubuh. Peran zat besi, antara lain menghasilkan hemoglobin, membawa oksikegn ke seluruh jaringan tubuh, serta membantu otot menyimpan dan menggunakan oksigen.

8 dari 8 halaman

Seng

Tak kalah penting, telur juga mengandung sekitar 5% kebutuhan harian seng atau zinc yang dibutuhkan oleh tubuh. Zinc sangat beperan penting menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Gimana, sekarang sudah tahu kan kalau telur ternyata banyak banget kandungan gizinya? Beragam manfaat dari zat gizi itu pun sangat dibutuhkan bagi tubuh, terutama di masa-masa pandemi seperti sekarang ini. Menariknya, kini kamu nggak perlu khawatir jika ingin membuat nasi goreng telur sendiri di rumah.

Pasalnya, kini ada Sasa Bumbu Nasi Goreng Telur yang bisa kamu andalkan untuk membuat nasi goreng telur kapan saja, termasuk untuk  buka puasa maupun sahur saat Ramadan ini misalnya. Bukan hanya praktis, karena kamu nggak perlu menambahkan lagi bumbu lainnya untuk membuat nasi goreng telur yang lezat.

Sasa© Sasa

Lebih dari itu, Sasa juga telah menghadirkan inovasi baru berupa bumbu praktis nasi goreng dengan potongan telur orak-arik di dalamnya. Jadi, semisal stok telur di rumah lagi abis, jangan kasih kendor buat bikin nasi goreng telur, karena ada Sasa Bumbu Nasi Goreng Telur yang siap jadi solusinya. Kabar baiknya, kamu bisa dapatkan Sasa Bumbu Nasi Goreng Telur ini secara mudah lewat e-commerce, supermarket maupun pasar tradisional terdekat. Buruan coba langsung di rumah!

Beri Komentar