Ini Cara Membuat Makanan Indonesia yang Lebih Bernutrisi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 28 Agustus 2020 11:47
Ini Cara Membuat Makanan Indonesia yang Lebih Bernutrisi
Tak perlu khawatir dengan makanan yang bersantan dan kaya bumbu.

Dream - Masakan Indonesia seringkali dinilai kurang sehat. Mungkin, ini dilihat dari banyaknya makanan khas daerah yang tinggi lemak serta karbohidrat. Padahal, makanan Indonesia sangat kaya bumbu yang bermanfaat untuk kesehatan.

" Banyak orang yang ingin makan sehat dan takut bumbu. Padahal, masakan Indonesia yang banyak bumbunya itu baik untuk kesehatan dan antioksidannya tinggi," tutur Emilia Achmadi, Pakar Nutrisi dalam peluncuran kampanye #BeefUp bersama Meat & Livestock Australia, Kamis kemarin.

Emilia menyarankan pemakaian bumbu seperti lada, lengkuas, dan jinten, untuk membuat makanan lebih kaya rasa serta sehat. Sementara, untuk makanan khas Indonesia yang menggunakan santan bisa dicampur dengan susu.

1 dari 1 halaman

Soto Betawi© Shutterstock.com

" Yang sedikit hati-hati adalah minyak dan santan. Jenis minyak apa saja, kalorinya padat dan tinggi. Santan juga super tinggi kalorinya. Kalau mau lebih sehat, santannya dicairkan atau dikombinasi dengan susu," sarannya.

Kamu dapat mencampurkan santan dengan susu sapi atau susu kedelai untuk mendapatkan rasa kelapa dan tetap sehat. Mencampur santan dengan susu sapi atau susu kedelai akan menambah nutrisi seperti asam amino, zat besi, zinc dan lain-lain.

Sehingga, hidangan lebih kaya nutrisi dan rendah kalori. Kamu bisa menerapkan ini ketika membuat soto betawi, rendang maupun lontong sayur.

Beri Komentar