Kapan Saat yang Tepat Mengganti Peralatan Masak?

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 26 Oktober 2021 09:24
Kapan Saat yang Tepat Mengganti Peralatan Masak?
Jangan sampai kesehatan keluarga jadi taruhannya.

Dream – Bagi sebagian orang, memasak adalah hal yang menyenangkan dan bisa menjadi pelepas stres di kala banyak pekerjaan menumpuk. Untuk membuat aktivitas memasak jadi lebih efektif, tentunya harus didukung oleh alat masak yang mumpuni.

Untuk itu, jangan lupa melakukan perawatan pada alat masak yang selalu digunakan. Termasuk juga mengganti perabot masak lama yang fungsinya sudah tidak optimal.

“ Untuk sebagian besar peralatan dapur, kapan perlu menggantinya tergantung pada penggunaan dan perawatan,” kata Track Wilk, instruktur koki di Institute of Culinary Education New York, dikutip dari Real Simple.

Lalu kapan harus mengganti perabot dapur? Yuk simak panduannya


Panci Anti-lengket

Tren Wajan Anti Lengket dengan Granite Coating, Bagaimana Cara Memilihnya?© © 2021 Shutterstock

Panci anti-lengket sangat penting di dapur mana pun, terutama jika kamu suka memasak telur. Akan tetapi, wajan anti-lengket memiliki masa pakai yang singkat.

“ Ketika panci anti-lengket atau teflon mulai menunjukkan banyak goresan atau ketika makanan mulai lengket dari biasanya, inilah saatnya untuk menggantinya,” kata Qi Ai, Chef De Cuisine di Travelle, The Langham, Chicago.

Ia menambahkan, selain karena faktor menjengkelkan karena harus menghabiskan waktu ekstra untuk membersihkan panci, panci yang tergores sebenarnya mulai melepaskan bahan kimia yang berbahaya. Dengan kata lain, jika melihat ada goresan atau pengelupasan, maka ini saatnya untuk mendapatkan wajan anti-lengket yang baru.

 

1 dari 7 halaman

Wajan Stainless Steel

“ Ini adalah salah satu pilihan peralatan masak yang paling tahan lama di luar sana,” kata Jeff Malkasian, presiden Clipper Corporation. Menurutnya, orang-orang yang masih memasak dengan peralatan masak berbahan stainless steel, pasti sudah membelinya dari 50 tahun yang lalu.

Alat Dapur Stainless Steel, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya© MEN

Noda air atau perubahan warna karena panas pada panci ini tidak mempengaruhi kemampuannya untuk memasak karena tanda tersebut biasanya hanya di permukaan. Akan tetapi, lain cerita jika pegangan pada wadah yang lepas.

“ Jika tidak bisa mengencangkannya, cari panci baru yang pegangannya dipaku atau dilas,” saran Malkasian.

 

2 dari 7 halaman

Blender

Alex Tubero, koki eksekutif di Amali, New York, mengatakan, “ Ketika berhubungan dengan peralatan listrik yang kecil, kamu mendapatkan apa yang kamu bayar”. Artinya, harga sangat mempengaruhi kualitas barang.

Trik Merawat Blender Agar Tahan Lama© MEN

Jika membeli blender murah dan mencoba mencampur bahan yang terlalu kental, mesin blender bisa cepat terbakar. Jika blender bocor dari bawah, sulit untuk diblender, atau mengeluarkan bau terbakar, maka ini saatnya untuk mendapatkan yang baru.

“ Berinvestasi pada blender berkualitas tinggi seperti vitamin yang dapat bertahan seumur hidup,” ujar Tubero.

 

3 dari 7 halaman

Teko Listrik

“ Pemeliharaannya cukup sederhana, tapi pada akhirnya akan berhenti berfungsi,” kata Wilk. Jika teko listrik mulai membutuhkan waktu lebih lama untuk memanasi air atau bahkan tidak panas sama sekali, maka segera ganti.

Secara umum, jika teko dirawat dan dibersihkan dengan baik, maka alat ini akan bertahan selama beberapa tahun.

Pemanggang Roti
Penyebab utama yang dapat memperpendek umur pemanggang roti adalah remah-remah. “ Ini pada akhirnya dapat menyebabkan pemanggang roti tidak berfungsi dengan baik karena tidak mudah dibersihkan,” kata Wilk.

Banyak pemanggang roti memiliki baki yang dapat dilepaskan untuk membuang remah-remahnya, tetapi beberapa masih dapat tersangkut di dalamnya sehingga mempengaruhi kemampuan pemanggang roti untuk bekerja dengan baik.

Waktu yang tepat untuk mengganti pemanggang roti adalah saat alat ini tidak memanggang dengan rata, memakan waktu lebih lama dari biasanya, atau menunjukkan tanda-tanda karat.

 

4 dari 7 halaman

Food Processors

" Jika berhati-hati dalam mencuci dan selalu memastikan potongan kering sebelum disimpan, food processors bisa bertahan selama bertahun-tahun,” kata Wilk.

Untuk menjaga pisau lebih tajam pada alat ini, Wilk merekomendasikan untuk selalu mencucinya dengan tangan. Namun, jika pisau tampak tumpul dan tidak memotong atau menggiling dengan benar, mungkin sudah waktunya untuk membeli peralatan baru.



5 dari 7 halaman

Alat masak berbahan kayu

Alat masak kayu© Shutterstock

Siapa yang tidak suka sendok kayu yang bagus? Ini sempurna untuk mengaduk saus dan sup yang direbus lama. Selain itu, bahan kayu memberi perasaan nostalgia yang hangat dan nyaman. Ketika alat memasak berbahan kayu sudah retak atau panas, segera ganti dengan yang baru karena celah retakan bisa menampung bakteri.

Spatula Karet
Nasihat yang sama untuk peralatan kayu juga berlaku disini. “ Ketika spatula karet anda mulai pecah atau retak, jangan dipakai lagi. Anda bahkan tidak ingin tahu tentang kuman yang bersembunyi di celah-celah itu,” ujar Kelsey Barnard Clark, koki dan pemilik Eat KBC di Dothan, Ala.

 

6 dari 7 halaman

Pisau

Kita semua tahu pisau tumpul lebih berbahaya daripada pisau tajam sebab dapat menyebabkan potensi terpeleset dan terpotong.

Jangan Rendam Pisau Kotor di Bak Cuci Piring© MEN

“ Meski biasanya pisau dapat diasah daripada diganti, jika pegangan sudah aus atau teknik mengasah tidak lagi berfungsi, ganti dengan pisau yang baru,” kata Pietro Aletto, koki eksekutif di Loreto Italian Kitchen & Bar, Brooklyn.

Ia merekomendasikan untuk berinvestasi pada pisau berkualitas tinggi yang dapat bertahan lebih dari satu dekade jika disimpan dalam kondisi baik.

Laporan Elyzabeth Yulivia

7 dari 7 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar