Cara Menyimpan Daging Mentah dengan Aman di Lemari Es

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 22 Maret 2019 11:00
Cara Menyimpan Daging Mentah dengan Aman di Lemari Es
Terutama yang hanya berbelanja bahan masakan satu kali dalam sebulan dan mengandalkan lemari es untuk menyimpan semua bahan makanan.

Dream - Keracunan makanan bisa terjadi kapan saja. Bukan hanya saat makan di luar rumah, tapi juga bisa terjadi ketika mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah. Salah satu penyebabnya, karena memasak dengan menggunakan daging yang sudah tidak segar.

Penting bagi Sahabat Dream mengetahui cara aman dan tepat untuk menyimpan daging mentah. Terutama yang hanya berbelanja bahan masakan satu kali dalam sebulan dan mengandalkan lemari es untuk menyimpan semua bahan makanan.

Untuk ayam misalnya, jika tak segera dimasak, cari ayam yang memang sudah dibersihkan dan dikemas dalam plastik vakum. Untuk melindunginya, masukkan lagi ke dalam palstik kemudian taruh di freezer.

Ayam mentah bisa bertahan empat bulan di freezer. Pastikan menulis keterangan di dalam plastik kapan ayam tersebut dibeli. Jika ditaruh di bagian bawah lemari es, ayam hanya bisa bertahan dua hari.

Untuk daging sapi atau kambing, pilih yang sudah dipotong. Taruh dalam plastik tertutup rapat. Sertakan juga keterangan tanggal membelinya. Daging sapi atau kambing yang ditaruh di freezer bisa bertahan lima bulan, namun jika ditaruh di bagian bawah hanya tahan tiga hari.

1 dari 1 halaman

Pastikan Dulu

Sementara untuk ikan, jika tak segera dimasak, beli yang berupa irisan atau fillet dan dikemas vakum. Jika memang ingin membeli ikan utuh, bersihkan terlebih dulu, baru bekukan. Bisa bertahan empat bulan di freezer dan hanya 2 hari jika letaknya di kulkas bawah.

Sebelum mengolah, pastikan dulu bahan mentah tidak mengeluarkan bau busuk. Jika warnanya sudah membiru, aromanya sangat amis, segera buang. Mengolahnya menjadi masakan bisa berakibat fatal. 

Beri Komentar